Games

Apakah Game Online Boros Kuota Internet? Ini Faktanya!

Ditengah wabah corona dan anjuran pemerintah untuk tetap di rumah, aktivitas bermain game tentunya terasa sangat menyenangkan. Dengan bermain game, kita tidak perlu kemana-mana. Kita bisa menikmati permainan sambil menghabiskan waktu di rumah.

Apalagi, sekarang jamannya game online.

Game yang dapat dimainkan secara online memiliki fitur yang dapat membuat seorang gamer bermain bersama teman-temannya melawan pemain lain yang berada di berbagai tempat tanpa perlu keluar rumah untuk main bareng.

Tapi berbicara mengenai game online, tentunya game tersebut membutuhkan akses internet. Dan kalau berbicara mengenai internet, maka hal ini tidak akan terlepas dari kecepatan internet dan kuota internet.

Dulu ketika saya masih menggunakan provider internet yang menyediakan internet dengan batas kuota tertentu, saya berpikir bahwa game online itu mungkin boros data internet. Maka saya hati-hati agar paket data tidak cepat habis.

Rupanya bukan saya saja yang berpikiran seperti ini. Beberapa kali saya melihat orang yang menanyakan data internet yang terpakai ketika bermain game.

Game Online Mengonsumsi Sedikit Data Internet

Sebenarnya hal ini tergantung dari gamenya. Jika kamu memainkan game-game online untuk PC dan konsol, seperti Fortnite misalnya, maka game tersebut hanya membutuhkan sekitar 100 MB per jam saja.

Beberapa game memang membutuhkan lebih dari itu. Tetapi yang jelas, penggunaan data internet untuk game online tidak akan terlalu besar.

Ini sangat berbeda jika kita bandingkan dengan streaming Youtube atau Netflix. Saat kamu nonton film atau video dengan kualitas full HD, maka kamu akan menyedot data internet sebesar lebih dari 1 GB. Apalagi kalau nonton video dengan kualitas 4K.

Begitu pun dengan aplikasi seperti Zoom yang saat ini sedang ramai dan banyak digunakan orang. Kamu membutuhkan kuota yang cukup besar untuk menggunakannya.

Yang Dibutuhkan Oleh Game Online

Game online tidak akan terlalu banyak menyedot data internet sehingga tidak boros kuota. Jadi bagi pengguna internet dengan kuota yang dibatasi, tidak perlu merasa khawatir. Begitu pun dengan pengguna internet unlimited yang dibatasi dengan fitur FUP (Fair Usage Policy) dimana kalau sudah melewati batas FUP, kecepatan internet akan dikurangi.

Bermain game online selama berjam-jam setiap hari pun tidak akan membuat kuota internet jebol. Internet yang digunakan juga tidak perlu sangat cepat. Bahkan 1 Mbps pun bisa berjalan dengan lancar.

Yang diperlukan oleh game online itu adalah internet yang stabil. Dengan internet yang stabil, maka kamu bisa bermain game dengan lancar. Jika internet tidak stabil, maka hindari bermain game online karena kondisi internet seperti itu bisa menimbulkan sejumlah masalah seperti game lag, hukuman penalti akibat keluar dari game dan stik atau smartphone yang rusak akibat dibanting karena marah.

Update Game Butuh Kuota Internet Yang Besar

Bermain game online memang tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi data internet. Tapi kalau sudah waktunya update game, maka siap-siap saja, kamu perlu mendowload file yang cukup besar. Tergantung dari gamenya, kamu perlu mendownload file dari ratusan MB hingga lebih dari 1 GB. 

Jenis Game Yang Butuh Kuota dan Kecepatan Internet Yang Besar

Salah satu alasan kenapa game online tidak membutuhkan kecepatan internet dan kuota internet yang cukup besar adalah karena file yang dibutuhkan sudah didownload terlebih dahulu melalui update game.

Tapi ada jenis game yang tidak melakukan hal seperti itu. Salah satunya adalah game flash.

Saat kita memainkan game flash, kita mendowload semua file yang dibutuhkan untuk memainkan game tersebut sehingga jika sering memainkan game jenis ini, maka kamu membutuhkan kuota internet yang cukup besar. Selain itu, internet juga harus cukup cepat agar game bisa segera dijalankan.

Game flash sendiri tersedia di beberapa situs yang menyediakan game jenis tersebut. Selain itu, game jenis ini juga bisa kita temukan di sosial media seperti Facebook. Itulah kenapa game-game Facebook boros kuota internet.

Game lain yang menyedot kuota internet adalah Roblox. Game jenis ini sangat boros kuota internet karena kamu perlu mendownload file-file game sebelum memainkannya. Selain itu, jika internetmu terbilang lambat, maka kamu akan kesulitan memainkan game ini.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment

1 Comment