TipsTrick

Apakah Jika Saya Tidak Kuliah Masih Bisa SUKSES ?

Belum Ada Rating.

Pertanyaan ini yang sering sekali ditanyakan oleh teman teman yang mengeluhkan mengenai mahalnya biaya kuliah di waktu sekarang ini. Kali ini bersama jagoankode, kita akan mengulas jawaban dari judul pertanyaan diatas. Kekhawatiran yang dirasakan sekarang, oleh anda sama persis terhadap yang saya deritakan dulu. Karena itu kalian tidak boleh putus asa hanya karena pendidikan berhenti di jenjang SMA saja.

Kuliah ? Ya mungkin terdengar gokil , mutu pendidikan di Indonesia mungkin jauh dibandingkan negara lain. Rata rata pendidikan terakhir dinegara ini minimal adalah tingkat sarjana.mungkin sebagian orang berfikir jenjang inilah  merupakan titik aman bagi dunia pendidikan. namun teman teman yang hanya bisa menyelesaikan tahap persekolahan hanya sampai SMA dan tidak melanjutkan atau tidak memiliki biaya lebih untuk pendidikan berikutnya janganlah bersedih hati. Persepsi orang mengenai pendidikan terakhir yang harus dikenyam setiap individu di Indonesia  minimal sarjana , ini merupakan pandangan yang paling salah di dunia.

Kenapa ? Banyak orang yang tidak mengenyam pendidikan di bangku sekolah namun masih merasakan kesuksesan yang luar biasa bahkan lebih dari orang yang setiap harinya hanya belajar dan belajar. Selain itu ada orang yang tidak sekolah memperkerjakan orang orang hebat yang memiliki title doktor ataupun Professor. Masih banyak lagi kasus lainnya . Nah bagi kalian yang masih takut untuk berhenti dari pikiran negatif mengenai “kalau saya tidak kuliah lantas saya mau jadi apa”. Mulailah secara perlahan lahan keluar dari tekanan ini. Pemikiran ini jika tidak dihentikan maka akan menimbulkan dampak yang justru malah menghancurkan hidup kita.

Apakah Jika Saya Tidak Kuliah Masih Bisa SUKSES

Tahukah kalian ? Diluar negri sana banyak orang yang berhenti kuliah karena memang menurut mereka apa yang didapatkan dibangku perkuliahan sama sekali tidak ada hubungannya dengan kehidupan sehari hari. Misalnya untuk terjun kedunia kerja khususnya di Indonesia , bahkan pada saat bekerja tidak pernah sesuai dengan passion pendidikan yang sudah diambil sebelumnya. Jurusan yang di tekuni selama bertahun tahun pada akhirnya akan sia sia karena pekerjaan berada pada jurusan atau jalur lain.

Contoh :
misalnya pada saat pendidikan. Si A bertahun tahun belajar menekuni jurusan elektro, pada akhir tamat sekolah, ia memiliki cap ijazah dengan jelas bertuliskan jurusan elektro, walhasil karena sulitnya mencari lapangan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan elektro maka mau tidak mau si A harus mencari pekerjaan yang memang dibutuhkan, dan mau menerima dirinya. Bukan yang sesuai dengan dirinya. 

Alasan kenapa sebagian orang malah memilih tidak melanjutkan perkuliahan.

Faktor penyebab seseorang kenapa akhirnya mereka beralih dan memutuskan tidak melanjutkan perkuliahannya . Analisa nya sudah saya sampaikan Pada contoh kasus diatas, benar itulah yang melatar belakangi mengapa mereka lebih memilih pendidikan  SMA saja sudah cukup. Mereka menganggap bahwa sesuatu yang akan mereka raih dengan susah payah dengan biaya mahal serta waktu yang panjang , akan berakhir dengan hasil yang nihil . Tentu pasti semua orang menghindari ini,

Selain itu faktor yang kedua adalah biaya yang mahal. Ya saya akui dibangku perkuliahan itu tidaklah sama dengan pendidikan dimasa SMA . Kuliah bisa berkali kali lipat mahalnya. Apalagi universitas yang kalian ambil itu milik swasta bukan negeri. Mungkin bagi yang ,,maaf kata ya”kurang mampu,”. Pasti akan terasa sangat berat sekali. Belum dipusingkan dengan hal kebutuhan rumah , beban orang tua akan semakin berat bila anak anaknya harus kuliah.so buat kalian yang merasa orang tua kalian tidak mampu menguliahkan kalian , jangan berkecil hati, apalagi sampai memusuhi mereka karena menuntut hak pendidikan kalian.sebenarnya kewajiban orang tua kalau menurut saya hanya menyekolahkan kalian sampai ke tahap SMA saja. Dan setelah itu kewajiban mereka untuk pendidikan selanjutnya adalah tidak wajib.

Nah untuk kuliah ini sebenarnya merupakan tugas kalian. Karena setelah tamat SMA kalian itu udah bukan siswa lagi yang setiap hari hanya menempel dibawah ketiak orang tua, kalian itu sudah terhitung mahasiswa, berhentilah cengeng untuk hal sepeele seperti ini. Kalau kalian bingung bagaimana melanjutkan perkuliahan hanya jika tidak punya biaya.

Baca juga : Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Tidak Punya Biaya, Coba Lakukan Ini

Berikut beberapa daftar nama orang sukses tanpa harus kuliah bahkan sekolah. 

Kenapa saya harus mengulas daftar top populer orang orang besar berikut , yang bisa meraih kesuksesan yang luar biasa karena metode dan sistemnya. Bukan karena latar belakang pendidikannya . Alasannya adalah agar mindset kalian yang buntu akan tidak kuliah bahwa akan berakhir bagi masa depan. Sedikit demi sedikit bisa terkikis hilang. Ini merupakan persepsi yang salah besar.

1. BOB SADINO
2. Andy F. Noya
3. Mark Zuckerberg
4. Bill Gates
5. Sheldon Adelson
6. Larry Ellison
7. Susi Pudjiastuti
8. Michael Dell
9. Jack Dorsey
10. Purdi E. Chandra

Kalian bisa membaca latar belakangnya diinterne, bahwa siapa mereka, dan pendidikan terakhir meraka apa, apa dalang yang membuat mereka tanpa sekolah tapi bisa sukses. silahkan baca biografi tentang mereka sepuas puasnya untukdijadikan tolak ukur untuk kalian yang mungkin terpaku harus kuliah sekarang juga.

Apakah Jika Saya Tidak Kuliah Masih Bisa SUKSES ?

Nah setelah membaca sedikit pemahaman diatas , mari kita tarik sebuah kesimpulan bahwa , kesuksesan itu bukanlah ditinjau dari segi pendidikan ataupun gelar sarjana yang diraih. Faktor kesuksesan terbesar adalah bisa tetap berfikir positif serta selalu haus akan ilmu. Beberapa hal yang perlu dicatat bahwa ilmu bukan semerta Merta didapatkan pada saat sekolah atau kuliah saja. Ilmu bisa kita dapatkan dimanapun bisa dari pengalaman , ataupun pemahaman akan sesuatu, rajin membaca dan memperluas ilmu pengetahuan dengan metode dan cara apapun .

Apalagi sekarang dunia yang serba canggih ini sesulit apapun bisa kalian temukan jawaban nya di internet, bahkan media internet menjadi satu satunya ajang pencarian dan penyerapan ilmu lengkap, bahkan lengkap dari perpustakaan. So kalian bisa menjadikan internet sebagai media pengganti dosen.

penutup

Saya rasa itu lah jawaban dari kesimpulan kita pada judul hari ini semoga dapat bermanfaat bagi teman teman semua, saya pamit undur diri dulu , jika terdapat kesalahan kata mohonlah untuk dimaafkan ,sekian dan terima kasih 😀

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment