Android

5 Aplikasi Alternatif Pengganti Facebook Messenger yang Lebih Ringan

Aplikasi chat Facebook Messenger digunakan lebih dari satu miliar pengguna aktif hingga saat ini. Di antara beberapa aplikasi sejenis, Messenger memang memiliki beberapa kelebihan, yang salah satunya adalah fitur bermain game online. Namun keberadaan Messenger di ponsel kamu ternyata bisa menguras daya baterai dengan cukup signifikan.

Nah, yang mungkin tidak kamu tahu adalah ternyata ada alternatif lain aplikasi Facebook Messenger. Intinya, ini memakan lebih sedikit memori dan tidak menguras baterai. Berikut adalah beberapa rekomendasi alternatif Messenger yang akan berguna di ponsel kamu.

1. Messenger Lite

Facebook pasti mendengarkan banyaknya keluhan dari pengguna tentang aplikasi Messenger mereka. Alhasil, muncul Messenger Lite yang memang ditujukan untuk beberapa situasi tertentu, misalnya internet lambat atau spesifikasi ponsel rendah. Tetapi itu semua harus dibayar dengan dihapusnya fitur Stories dan game online untuk membuat aplikasi tetap ringan.

Di sisi lain, kamu tetap bisa menggunakan fitur utama Messenger seperti mengirim pesan, stiker, berbagi foto, dan tautan. Bahkan meski ini hanyalah versi Lite, kamu tetap bisa membuat dan menerima panggilan audio dan video.  Jadi, apabila kamu hanya membutuhkan fitur dasar dari Messenger, sebaiknya gunakan Messenger Lite.

2. Disa

Disa bukanlah aplikasi resmi dari Facebook, melainkan sebuah layanan multi-messenger, yang menyatukan beberapa layanan chat di dalam satu aplikasi. Nah, untuk login ke Facebook Messenger, kamu perlu mengunduh plugin dari sumber eksternal yang disediakan. Setelah itu cukup login dan mulailah menggunakan Messenger seperti biasa.

Kendati demikian, tentu ada beberapa pembatasan dibandingkan dengan aplikasi resmi dari Facebook. Disa hanya memungkinkan kamu untuk mengirim dan menerima pesan teks, foto dan video. Tetapi fitur dasar lainnya seperti stiker dan GIF, serta panggilan tidak tersedia di aplikasi ini.

3. Swipe

Pada dasarnya Swipe adalah aplikasi alternatif untuk Facebook, yang di dalamnya juga menawarkan fitur pesan atau Messenger dengan tampilan sederhana. Kamu dapat mengakses pesan Facebook di jendela terpisah dari Feed. Kekurangan dari Swipe adalah tidak adanya pemberitahuan langsung, fitur berbagi media dan beberapa fitur lainnya.

Terlepas dari itu, aplikasi ini sangat ringan dan bebas tidak meminta izin aplikasi apa pun. Jadi untuk alasan privasi, Swipe sangat layak dicoba untuk menjadi alternatif Messenger. Belum lagi, terdapat opsi penjadwalan mode gelap hingga penguncian sidik jari.

4. Folio

Hampir mirip seperti Swipe, Folio adalah alternatif Messenger lainnya yang lebih ringan dan ramah privasi daripada aplikasi aslinya. Secara tampilan, aplikasi ini sangat mirip dengan Facebook Lite, hanya saja ditambah dengan fitur Messenger di jendela terpisah.

Kelebihan lainnya adalah ukurannya kecil dan tidak boros baterai. Kamu juga bisa mengunci aplikasi Folio dengan PIN dan mengubahnya ke mode malam.

5. Friendly

Friendly tidak hanya menjadi alternatif Facebook, tetapi juga media sosial lainnya seperti Instagram, Twitter dan LinkedIn. Dalam aplikasi all-in-one ini kamu dapat menikmati fitur Facebook dan Messenger dalam satu tempat dan lebih ringan daripada aplikasi Facebook yang asli. Cukup ketuk ikon Messenger untuk mulai mengirim pesan dan menggunakan fitur dasar lainnya.

Messenger yang disediakan Friendly ini mendukung berbagi gambar, video, emoji, dan stiker. Namun jika kamu ingin mengaktifkan fitur panggilan, sebaiknya gunakan Messenger Lite. Yang perlu digarisbawahi adalah aplikasi ini benar-benar gratis dan berfungsi dengan baik sesuai tujuannya.

Mana Alternatif Messenger yang Paling Bagus?

Itulah beberapa alternatif Facebook Messenger terbaik yang dapat kamu gunakan. Namun jika boleh merekomendasikan, Messenger Lite adalah yang terbaik karena ini adalah resmi. Jadi, bisa dipastikan aplikasi ini akan berfungsi secara sempurna. Walaupun, aplikasi pihak ketiga juga menghadirkan beberapa fitur unik seperti pemblokiran iklan, yang membuatnya layak dicoba.

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment