Tech

Awas! Hati-hati Dengan Yang Namanya Phishing

Hingga saat ini, saya masih menemukan orang-orang yang membagikan link phising. Terutama di game online. Awalnya saya pikir tidak akan ada orang yang akan terperangkap tipuan seperti itu. Kalaupun ada, pastinya akan sangat jarang. Alasannya adalah karena tipuan-tipuan tersebut sudah sering saya lihat sejak beberapa tahun lalu dan metodenya selalu sama atau mirip.

Tapi yang mengherankan adalah, masih banyak orang yang terperangkap dengan link tersebut sehingga banyak akun yang kena hack.

Phishing sendiri memang digunakan untuk menipu orang sehingga mereka mau memberikan informasi penting seperti nama akun dan password. Biasanya phishing dibuat dengan informasi yang meyakinkan seperti pesan langsung dari perusahaan terpercaya sehingga orang tidak ragu untuk memberikan informasi yang dibutuhkan.

Phishing juga akan menyertakan informasi yang menggiurkan seperti “Dapatkan bonus diamond gratis di sini” atau informasi yang menakutkan seperti “Segera log in ke sini biar akunmu tidak hilang”

Pesan-pesan seperti itu terbukti cukup efektif untuk menjerat banyak korban. Jadi agar kamu tidak menjadi korban berikutnya, yuk, cari tahu apa itu phishing dan jenis-jenisnya.

Apa Itu Phishing?

Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Phishing mengacu pada penggunaan pesan penipuan yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memikat dan meyakinkan korbannya. Saat korban tertarik, maka korban pun akan memberikan informasi pribadi mereka secara suka rela.

Pesan penipuan yang dibuat untuk phishing disebut sebagai “umpan”. Sementara para korban yang terjebak dalam penipuan tersebut sehingga memberikan informasi pribadi mereka disebut “ikan”. Nah, “ikan” inilah yang dicoba ditangkap para scammer.

Phising yang paling umum hadir dalam bentuk penipuan email atau pesan teks. Meski demikian, phising juga bisa berupa bentuk lain, termasuk pesan suara. Selain menggunakan link yang jika diklik akan masuk ke halaman web palsu yang dapat merekam informasi, terkadang phising juga memiliki link berisi malware atau ransomware.

Jadi, kamu harus benar-benar hati-hati terhadap jenis penipuan yang satu ini.

Jenis Phishing Yang Perlu Diwaspadai

Phishing bisa hadir dalam berbagai bentuk komunikasi. Metode komuniasi yang berbeda ini digunakan untuk menipu orang sehingga para korban akan memberikan informasi pribadi tanpa paksaan.

Ada banyak sekali jenis phising, beberapa diantaranya yang sering dilakukan adalah sebagai berikut.

Smishing

Smishing merupkaan jenis phising berupa SMS atau pesan teks. Umumnya pada pesan tersebut terdapat perintah untuk mengklik link yang sudah disediakan. Jika korban mengklik link lalu memasukan informasi yang diminta, maka itu berarti mereka sudah terjebak dan informasi mereka menjadi milik orang yang menyebarkan phising tersebut.

Email Scam

Ini juga merupakan salah satu yang sering ditemui. Email phishing seringkali dirancang sedemikian rupa sehingga tampak seperti pesan dari perusahaan yang terpercaya. Biasanya email tersebut akan menyediakan link menuju situs web palsu yang akan digunakan untuk mengambil nama akun dan passwordmu.

Terjebak pada jenis phising yang satu ini akan benar-benar sangat menyusahkan, terutama jika nama akun dan password yang kamu masukan berhubungan dengan informasi finansial yang cukup sensitif.

Vishing

Jenis phishing yang satu ini juga dikenal sebagai voice phishing. Merupakan jenis phishing yang dilakukan via pesan suara atau panggilan telepon. Umumnya penipuan telepon ini digunakan untuk menipu dan menakut-nakuti korbannya.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pelaku. Salah satunya adalah meminta korban memberikan informasi pribadi mereka melalui panggilan telepon. Ini juga berbahaya mengingat informasi pribadi tersebut bisa digunakan pelaku untuk mencuri identitas korban, termasuk membuka kartu kredit baru atas nama korban tersebut.

About the author

Alvin

Leave a Comment