Perbankan

Bagaimana Cara Kerja Dari Mesin ATM?

Dijaman yang serba ada ini mungkin kalian sudah tidak asing lagi saat menarik uang hanya bermodalkan sebuah mesin canggih. Namun didalamnya terdapat metode atau sistem yang sebelumnya telah disusun oleh pihak bank. Dan Melalui persetujuan dari setiap nasabah yang mendaftarkan dirinya disebuah bank.

Baca Juga : Tarik Tunai ATM BCA Tanpa Kartu ATM ? Inilah Caranya

Penggunaan mesin ATM atau Automatic Teller Machine semakin banyak saat ini. Kemudahan penggunaan hingga transaksi yang bisa dilakukan selama 24 jam dan 7 hari seminggu membuat nasabah berpindah menggunakan ATM. Seluruh kemudahan ini tentu tidak bisa diperoleh oleh nasabah yang menggunakan layanan teller Bank.

Baca Juga : Jenis โ€“ Jenis Kartu Kredit Bank Bca Dan Keuntungannya

Ada banyak transaksi yang bisa anda lakukan lewat ATM dari mulai penarikan uang, transfer dana hingga pembayaran tagihan. Melihat semakin tumbuh suburnya ATM, tentu penting bagi Anda untuk memahami sebenarnya bagaimanakah cara kerja dari mesin ATM? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga : Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Cara Kerja Mesin ATM

Bagaimana-Cara-Kerja-Dari-Mesin-ATM

Cara penggunaan mesin ATM tentu sudah diketahui oleh hampir semua orang. Menariknya, tidak semua orang tahu bagaimana cara kerja mesin ATM. Berikut proses cara kerjanya.

1. Kartu ATM

Kartu ATM yang diterbitkan oleh Bank sebenarnya merupakan magnetic strip yang mengandung data pribadi pemegang kartu. Informasi yang tertera pada magnetic strips ini meliputi data nomor rekening hingga kode untuk mengaksesnya. Data ini hanya dapat dibaca menggunakan mesin khusus pembaca magnetic strip. Saat ini mesin uang pembaca magnetic strips ini disebut dengan mesin ATM.

2. Penyediaan Data oleh Pengguna

Apabila pengguna mesin ATM ingin menggunakan ATM untuk transaksi keuangan, maka orang tersebut akan diminta untuk menyediakan informasi terlebih dahulu. Kartu ATM yang anda masukkan pertama- tama akan dideteksi terlebih dahulu oleh alat pendeteksi kartu pada mesin ATM. Selanjutnya anda akan diminta memasukkan sejumlah informasi seperti password atau kata kunci.

Ketika anda memasukkan informasi penting ini ,menggunakan keypad mesin ATM, maka mesin ATM akan mengirimkan informasi ini ke pusat proses. Pusat proses kemudian akan mendeteksi kevalidan dari informasi yang diinputkan. Pengiriman informasi ini menggunakan jalur komunikasi data khusus yang memang telah ditugaskan untuk mengirimkan permintaan transaksi ke Bank sesuai dengan kartu nasabah.

3. Proses Kerja untuk Penarikan Tunai

Kebanyakan orang menggunakan ATM adalah untuk menghemat waktu antri penarikan tunai pada teller Bank. Dibandingkan waktu mengantri hingga bemenit-menit lamanya, menarik uang melalui ATM jauh lebih cepat.

Setelah anda memasukkan berupa kode password pada mesin ATM, selanjutnya ATM akan mengirimkan data tersebut ke server pusat. Apabila data telah terkoreksi, selanjutnya anda dapat memilih pilihan penarikan tunai. Ketika anda memilih penarikan tunai, selanjutnya pusat proses ATM akan mengenakan electronic funds transfer (biaya transfer). Biaya ini berfungsi untuk menggantikan biaya layanan bank pusat proses ke bank yang anda gunakan. Setelah bank nasabah mengirimkan biaya ke bank pusat proses, selanjutnya prosesor akan mengirim kode approval atau persetujuan.

Kode persetujuan dari prosesor ini akan menggerakkan mesin ATM untuk mengeluarkan sejumlah dana yang diinginkan. Selanjutnya, prosesor akan bekerja dengan mengirim data aktivitas transaksi yang dilakukan oleh nasabah kepada Bank yang digunakan. Pengiriman data ini umumnya akan dilakukan di hari kerja selanjutnya.

Pada saat ini, Bank nasabahlah yang mengeluarkan biaya aktivitas nasabah. Namun, pada akhir bulan nasabah akan dikenai sejumlah biaya administrasi dari ATM. Biaya ini untuk menggantikan biaya aktivitas anda di mesin ATM.

4. ATM Independent

Anda tentu saat ini sering mendengar beberapa jenis ATM Independent yang membuat anda mengakses Bank dari ATM berbeda. Hal ini karena telah didukung oleh ATM Independent. ATM ini mendukung berbagai jumlah ATM dengan berbagai merek Merchant. Ketika transaksi tunai dijalankan menggunakan ATM Independent, maka uang anda akan mengalir secara elektronik.

Itulah sekelumit beberapa bagian dari prinsip cara kerja sistem jika menggunakan ATM. Bagi kalian ini minimal memberikan sedikit informasi tentang apa saja yang wajib diketahui dan tidak wajib untuk anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan tentunya bisa dibagikan kepada orang banyak sekian dan terima kasih

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment