Tutorial Windows

Bagaimana Cara Membuka Task Manager Di Windows?

Task Manager merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows. Fitur ini dapat menunjukan program apa saja yang sedang berjalan di komputermu dan sejumlah data lainnya.

Selain itu, dengan Task Manager, kamu juga bisa menutup secara paksa program yang tidak berjalan dengan baik.

Fungsi Task Manager

Taks Manager merupakan tool yang bisa digunakan untuk banyak hal. Namun biasanya para pengguna Windows menggunakan Task Manager untuk melihat program yang sedang berjalan atau mencari tahu program mana yang memakan banyak sumber daya komputer.

Selain program yang kamu jalankan, kamu juga bisa melihat progam yang bekerja di belakang layar. Di Windows 7, kamu bisa melihat program-program tersebut di tab Processes. Di sana akan terlihat program mana saja yang paling banyak menggunakan RAM atau Processor.

Di bagian bawah juga terdapat Show processes from all users. Jika di ceklis, maka akan menampilkan program yang tidak terlihat.

Untuk melihat program mana yang paling banyak menggunakan RAM, maka klik Memory. Nanti program yang ditampilkan akan diurutkan berdasarkan banyaknya penggunaan RAM. Program yang paling banyak menggunakan RAM akan berada di urutan paling atas.

Sementara untuk melihat program yang paling banyak menggunakan CPU, maka klik CPU. Setelah di klik, akan terlihat progam yang paling banyak menggunakan CPU berada di urutan paling atas.

Cara di atas berguna saat komputer mulai terasa berat.

Lihat di bagian bawah Task Manager, apakah CPU usage 100 persen atau RAM usage yang 100 persen. Jika kamu menggunakan Windows 10, maka kamu juga bisa melihat seberapa banyak penggunaan hard disk.

Jika salah satu dari RAM usage, CPU usage atau Hard disk usage mencapai 100 persen, maka komputer akan menjadi lambat atau hang. Solusinya, matikan secara paksa program yang paling banyak menggunakan salah satu dari hardware tersebut.

Task manager punya kemampuan untuk melakukan ini. Caranya, klik kanan program yang ingin dihentikan. Setelah itu pilih End Process Tree.

Jika tidak berhasil, coba buka kembali Task Manager dengan menggunakan shortcut keyboard yang akan kami bahas di bawah. Setelah itu ulangi kembali langkah di atas hingga program berhenti.

Setelah melakukan hal di atas, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan jika ingin tetap menggunakan progam tersebut adalah dengan mengupgrade komputermu.

Misalnya jika program yang kamu buka adalah video game yang membutuhkan RAM dengan kapasitas minimal 4GB sementara RAM komputermu juga 4 GB, Maka tentu komputermu akan sering mengalami masalah saat menjalankan game tersebut

Alasannya karena RAM di PC juga dipakai oleh program lain yang berjalan di balik layar. Jadi solusinya adalah tingkatkan kapasitas RAM minimal ke 8 GB.

Cara Membuka Task Manager

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuka Task Manager. Salah satunya yang paling mudah adalah dengan menekan Ctrl+Shift+Esc. Tekan tombol tersebut secara bersamaan. Jika kesulitan untuk menggunakan satu tangan, maka kamu bisa menekan Ctrl dan Shift dengan tangan kiri lalu tekan Esc dengan jari tangan kanan tanpa melepas dua tombol tersebut.

Selanjutnya cara kedua. Cara kedua ini adalah cara yang ampuh dan paling sering secara ptibadi saya gunakan. Cara ini masih menggunakan shortcut keyboard, yaitu dengan menekan CTRL+ALT+DEL.

Setelah menekan tombol tersebut, nanti akan masuk ke Windows Security screen. Di sana pilih Start Task Manager. Jika kamu menggunakan Windows XP, maka menekan shortcut keyboard tersebut akan langsung membuka Task Manager.

Cara ketiga, yang ini juga tidak kalah mudah. Arahkan mouse pada ruang kosong di taskbar yang terdapat di bawah. Klik kanan, lalu klik Start Task Manager untuk Windows 7 dan Windows Vista atau Task Manager untuk Windows XP, Windows 8, dan Windows 10.

Buat yang mau menggunakan Command Prompt, tekan Win+R untuk membuka menu Run. Ketik cmd di sana. Setelah Command Prompt terbuka, kamu bisa mengetik taskmgr dan menekan enter untuk mengaktifkan Task Manager. Atau kamu juga bisa langsung mengetik taskmgr di menu RUN.

About the author

Alvin

Leave a Comment