Tutorial Windows

Bagaimana Caranya Mengecek Versi Windows Di PC dan Laptop?

Apakah kamu tahu versi berapa Windows yang kamu gunakan?

Jika ditanya pertanyaan seperti itu, mungkin kamu akan menjawab “tidak tahu.” Ini wajar mengingat jarang sekali ada orang yang mengetahui versi Windows yang terinstal di PC atau laptopnya.

Namun meski terkesan tidak ada gunanya, mengetahui versi Windows yang digunakan bisa bermanfaat untukmu. Misalnya saja, kamu jadi tahu bahwa versi Windows di laptopmu merupakan versi lama sehingga lebih baik diupdate.

Ini tentu sangat baik mengingat update yang dilakukan pada Windows bisa mengatasi sejumlah masalah pada OS tersebut. Selain itu, Windows pun jadi lebih tahan terhadap serangan malware.

Untuk melihat versi Windows di PC atau Laptop sendiri terbilang sangat mudah. Jadi tidak ada salahnya jika kamu melakukan cara-cara berikut untuk mencari tahu versi Windows yang terinstal pada PC atau Laptop yang kamu miliki.

Melalui System Properties

Apapun OS Windows yang kamu gunakan, baik itu Windows XP, Windows 7 ataupun Windows 10, kamu bisa masuk ke System Properties untuk mengetahui versi OS Windows yang kamu gunakan.

Untuk masuk ke System Properties, buka Windows Explorer. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan mengarahkan kursor mouse ke tombol Start. Setelah itu, tinggal klik kanan dan pilih Open Windows Explorer.

Kalau kamu pengguna Windows 10, klik File Explorer. Nantinya di bagian kiri, kamu akan melihat Computer, atau This PC jika menggunakan Windows 10.

Arahkan kursor mouse pada menu tersebut dan klik kanan. Lalu klik Properties yang terdapat di urutan paling bawah.

Di jendela System, kamu akan menemukan informasi mengenai edisi Windows yang terinstal di PC atau laptopmu.

Melalui DirectX Diagnostic Tool

Jika kamu ingin mengetahui informasi yang lebih detail, maka kamu bisa mengakses informasi mengenai OS Windows melalui DirectX Diagnostic Tool.

Untuk masuk ke DirectX Diagnostic Tool, tekan tombol Windows + R secara bersamaan. Nanti akan terbuka menu RUN. Di sana, kamu bisa ketik dxdiag untuk memunculkan fitur tersebut.

Pada jendela DirectX Diagnostic Tool, terdapat beberapa tab. Kamu bisa melihat informasi mengenai versi Windows yang terinstal pada tab System di bagian Operating System.

Selain versi Windows, pada DirectX Diagnostic Tool juga terdapat informasi mengenai komputer atau laptopmu, seperti berapa kapasitas RAM-nya, jenis prosesor apa yang digunakan dan versi Direct X ke berapa yang terinstal di perangkat tersebut.

Menggunakan Command Prompt

Informasi mengenai versi Windows juga dapat diakses melalui Command Prompt.

Meski pun tampak rumit, sebenarnya penggunakan Command Prompt sendiri tidak sesulit yang kamu bayangkan. Misalnya, untuk mengetahui versi Windows yang terinstal di PC, kamu cukup mengetik ver di Command Prompt dan tekan Enter. Nanti disana akan muncul beberapa informasi yang kalian butuhkan.

Ada pula jenis perintah lain yang dapat kamu gunakan. Jenis perintah ini sangat berguna jika kamu ingin informasi yang lebih lengkap seputar versi Windows di Komputer atau laptopmu.

Caranya juga cukup mudah. Ketik saja perintah di bawah ini di Command Prompt.

systeminfo | findstr /B /C:”OS Name” /C:”OS Version”

Tunggu proses loading beberapa saat. Nanti akan muncul informasi mengenai versi Windows seperti pada gambar berikut.

Oh iya, untuk membuka Command Prompt, kamu bisa menekan Windows + R dan ketik CMD di menu RUN. Selanjutnya, tinggal klik OK dan Command Prompt pun akan terbuka secara otomatis.

About the author

Alvin

Leave a Comment