Tutorial

Inilah 8 Bahaya Jika Menggunakan VPN Gratisan

VPN(Virtual Private Network) begitulah kerap disapa untuk sebuah komunikasi jaringan yang aman. Dulu VPN digunakan untuk keperluan instansi penting seperti perusahaan dan kantor. Kini VPN dapat digunakan oleh siapapun. Didalam dunia internet sangat mungkin sekali untuk kita menyembunyikan setiap pertukaran data yang ada. Sekarang bahkan dengan mudah kita bisa mendownload diplaystore ataupun tersebar diinternet. Dipermudah lagi dengan dibalutnya VPN kedalam aplikasi.

Dua bulan kemarin terjadi kegemparan karena beberapa media sosial yang down. Banyak pengguna media sosial yang mengeluhkan hal ini, namun muncul satu solusi instan yang bisa membuat Anda tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut yaitu menggunakan VPN (Virtual Private Network). VPN ini ada yang berbayar dan juga gratisan dan tersedia di Playstore maupun Appstore Anda.

Namun, ternyata banyak orang yang tidak tahu bahaya VPN gratisan ini. Banyak oknum tidak bertanggung jawab dan bahkan hacker yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan kejahatan. Pastinya Anda ingin tahu bahaya apa saja yang akan mengancam Anda karena VPN gratisan ini? Langsung saja simak ulasannya di sini.

Beberapa Bahaya VPN Gratisan

Bahaya-Menggunakan-VPN-Gratis

Seharusnya jika kalian ingin menggunakan VPN sangat direkomendasikan dengan membelinya kepada penyedia jasa VPN. Karena jika didapat dengan gratisan memang mudah dan banyak sekali. Tapi resiko keamanan data anda akan hilang untuk selama lamanya. Daripada hal hal yang tidak diinginkan ini timbul sebaiknya untuk membeli versi premium. Dan itu kalian sudah bisa menggunakannya sepuas hati.

Baca Juga : Cara Menggunakan Psiphon Pro Aplikasi VPN Terbaik

1. Penjualan data yang dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab

Jangan sembarangan memasukkan data saat menggunakan VPN gratis, karena hal ini berkaitan dengan penjualan data secara ilegal. Akan tetapi, jika Anda adalah pengguna VPN berbayar tak perlu takut karena VPN berbayar biasanya memiliki keamanan yang lebih ketat.

2. Network Endpoint

Apa itu network endpoint? Network endpoint adalah penjualan bandwidth yang mana pihak penyedia layanan VPN akan memberikan bandwidth yang lebih besar kepada orang yang lebih menguntungkan sementara bandwidth Anda akan dibatasi. Biasanya hal ini ditandai dengan koneksi internet yang lambat padahal Anda sedang menggunakan VPN gratis.

3. Serangan Man in the Middle

Serangan ini dilakukan oleh hacker saat dua komputer sedang berkomunikasi. Para hacker akan berada di tengah-tengah komunikasi tersebut sehingga mereka bisa membaca, membajak, mencuri data dan bahkan menyebarkan malware.

4. Risiko kebocoran data dan IP Address

Menurut sebuah penelitian, 84 persen penyedia layanan VPN gratis membuka alamat IPv6 pelangganya secara terbuka, bahkan 60 persen di antaranya juga membeberkan permintaan DNS nya. Sangat berbahaya, bukan?

5. Munculnya iklan yang mengganggu (Adware)

Ketika Anda menggunakan VPN gratis tidak serta merta semuanya gratis, pasti akan ada iklan yang menggangu Anda. Biasanya iklan ini berasal dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan penyedia VPN gratis ini. Bahayanya, penyedia layanan VPN ini ternyata juga bisa menyebarkan kebiasaan berinternet yang Anda lakukan pada pihak pengiklan tersebut.

6. Rawan terkena Malware

Beberapa aplikasi penyedia layanan VPN telah terdeteksi menyebarkan malware. Mereka menyebarkan malware tersebut melakui iklan, sehingga mereka akan tetap mendapatkan uang walaupun aplikasi yang mereka tawarkan gratis. Karena malware ini sangat berbahaya, maka jangan menggunakan VPN saat Anda melakukan transaksi perbankan.

7. VPN gratis bisa melacak aktivitas online Anda

Hampir 72 persen penyedia layanan VPN gratis telah memasang tracker yang akan merekam aktivitas online Anda. Setelah semua datanya terkumpul maka si penyedia layanan VPN ini akan memberikannya kepada pihak ketiga dan mereka akan memberikan iklan-iklan berkaitan dengan aktivitas online Anda.

8. Akses data secara ilegal

Biasanya sebelum Anda menginstall sebuah aplikasi maka Anda harus menyetujui jika data Anda diakses oleh si penyedia aplikasi, bukan? Nah, jika aplikasi yang Anda install tidak aman seperti kebanyakan VPN gratis yang banyak beredar, maka Anda harus siap data Anda diakses orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

Setelah membaca berbagai bahaya VPN gratis di atas, sangat ngeri bukan? Jadi, demi keamanan data-data pribadi Anda sebaiknya jangan menggunakan VPN gratis atau Anda bisa menggantinya dengan VPN berbayar. Bayar sedikit yang penting aman.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment