Tutorial Sosial Media

Begini Cara Bersih-bersih Akun Instagram Kamu

Instagram adalah ruang publik tempat kamu dapat mengekspresikan diri sekaligus melihat orang lain berekspresi. Tapi pada suatu titik, terkadang ada rasa kesal melihat konten yang muncul di feed tidak sesuai dengan apa yang kamu suka. Kondisi ini bisa lebih menjengkelkan dari apapun dan kamu harus segera mengambil tindakan.

Opsi pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencopot aplikasi Instagram dari smartphone, atau jika belum siap dengan itu cukup bersihkan akunmu dari hal-hal yang seharusnya tidak ada di sana. Buatlah media sosialmu menjadi tempat yang nyaman untuk diri sendiri.

Trik Membersihkan Akun Instagram

Kali ini kita akan membahas tentang cara ‘membersihkan’ Instagram dari konten-konten dan orang yang sebenarnya tidak kamu inginkan. Termasuk isi galeri kamu, yang kiranya tidak lagi perlu diperlihatkan ke publik. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Unfollow Akun yang Tidak Pernah Berinteraksi

Jika kamu adalah tipikal orang yang mudah follow akun-akun di Instagram, suatu hari ini bisa jadi masalah untuk diri sendiri. Kemungkinannya adalah kamu akan melihat lebih banyak ‘sampah’ di feed daripada yang seharusnya. Jadi, mulailah unfollow beberapa akun yang selama ini sama sekali tidak pernah atau sangat jarang berinteraksi.

Saat ini Instagram telah menyediakan fitur baru yang menunjukkan kepada pengguna akun mana saja yang sudah jarang berinteraksi. Pertama, masuk ke ‘Profil’ kamu, kemudian ketuk following kamu. Di sana akan terlihat beberapa kategori, termasuk orang yang paling jarang berinteraksi.

2. Arsipkan Foto-foto Lama di Profilmu

Galeri di Instagram adalah album foto digital yang menggambarkan diri kamu. Tetapi dari sekian banyak foto, mungkin ada beberapa foto yang sudah tidak mewakili kamu saat ini. Jadi, pertimbangkan untuk melihat lagi semua foto dan video kamu dari awal, kemudian hapus atau arsipkan foto-foto tersebut.

Menghapus berarti kamu tidak bisa lagi mengembalikan foto tersebut ke Instagram. Sedangkan mengarsipkan artinya kamu hanya melepas fotonya dari galeri Instagram dan menyimpannya di menu arsip. Nantinya foto yang diarsip tersebut dapat dikembalikan ke profil jika kamu mau.

3. Bisukan Story Orang Lain yang Kamu Tidak Suka

Tahukah kamu bahwa Instagram memungkinkan pengguna untuk membisukan Story dari orang yang diikuti tanpa unfollow atau menyembunyikan pos reguler mereka? Ya, ini sangat bagus untuk bersih-bersih Instagram. Bisukan orang yang setiap hari selalu mengunggah puluhan Story dan menurutmu sudah sangat mengganggu

Tidak perlu unfollow atau blokir, cukup dengan bisukan semua Story yang diunggahnya. Menu ini dapat kamu temukan di halaman profil orang yang ingin dibisukan. Ketuk kotak ‘Mengikuti’ untuk memunculkan pilihan menu lainnya. Ketuk ‘Senyapkan’ lalu nonaktifkan konten Story atau Posting bila diperlukan.

Sebaliknya, jika kamu tidak suka orang tersebut melihat Story kamu, batasi juga akses mereka untuk melihat. Caranya masuk ke profil orang yang dituju, klik tombol menu (titik tiga) di sudut kanan atas, lalu pilih ‘Hide Your Story’. Dengan begitu mereka tidak bisa melihat pos dan cerita kamu.

4. Memperbarui Informasi Pribadi di Bio

Seberapa penting memperbarui bio di Instagram? Sebenarnya tidak perlu mengganti, melainkan hanya memastikan saja bahwa informasi yang kamu cantumkan sudah sesuai dengan data terbaru seperti nomor telepon atau email.

Ketuk ‘Edit Profil’ di halaman profil kamu untuk mengubah nama pengguna, nama, situs web, bio, foto profil. Perbarui info kontak kamu jika diperlukan dan berbagai hal lainnya, terutama jika kamu adalah pemilik bisnis online.

5. Gunakan Fitur Close Friends

Kamu bisa follow siapapun dan di-follow oleh siapapun, tetapi fitur Close Friends memberikan kenyamanan lain. Terkadang ada foto atau Story yang ingin kamu sembunyikan dari publik. Kamu bisa memanfaatkan fitur ‘Close Friends’ dan nantinya hanya yang bisa melihat konten tersebut.

Hanya orang-orang terpilih saja atau teman-teman dekatmu yang bisa melihat apa yang kamu pos. Saat mengunggah kontennya, kamu juga harus memilih opsi unggah untuk ‘Close Friends’.

Dengan lima tips di atas, akun Instagram kamu pasti akan terlihat lebih ‘bersih’ dan rapi daripada sebelumnya. Namun jika masih merasa tidak nyaman dengan Instagram, coba nonaktifkan untuk sementara waktu. Selamat mencoba.

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment