Tutorial Aplikasi

Begini Caranya Mengatur Jarak Antar Paragraf di Microsoft Word

Microsoft Office Word atau lebih dikenal dengan nama Microsoft Word adalah aplikasi yang pertama kali diterbitkan di tahun 1983. Aplikasi yang awalnya hadir dengan nama Multi-Tool Word tersebut kini menjadi aplikasi pengolah kata andalan Microsoft.

Microsoft Word sendiri merupakan salah satu aplikasi terbaik dan paling populer untuk para penulis. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menulis artikel blog, novel ataupun tulisan lainnya.

Berbicara mengenai tulisan. Untuk membuat tulisan yang menarik, maka kita tidak hanya harus memperhatikan isi tulisannya. Tetapi juga bagaimana tampilan dari tulisan tersebut. Karena meski tulisannya menarik, tapi kalau format penulisannya tidak terlalu bagus, maka orang juga akan mudah bosan saat membacanya.

Salah satu yang cukup berpengaruh terhadap tampilan tulisan adalah penggunaan jarak antar paragraf.  Jika kita menulis dengan tulisan jarak paragraf yang terlalu rapat, maka ini akan membuat lelah mata yang membacanya dan tentu saja, sangat membosankan untuk membaca tulisan seperti itu.

Sebenarnya untuk Microsoft Word sendiri. Saya menggunakan Microsoft Word 2010 dan di aplikasi ini, jarak antar paragraf sudah 0tomatis 12 pt atau berjarak satu spasi. Bagi saya ini cukup nyaman. Namun tentu saja, sebagian orang menginginkan jarak yang berbeda.

Mungkin kamu juga demikian. Itulah kenapa kamu membaca artikel ini bukan? Untuk mencari tahu bagaimana cara mudah untuk mengatur jarak antar paragraf di Microsoft World.

Jika memang demikian maka langsung saja simak cara berikut.

Mengatur Jarak Antar Paragraf di Microsoft Word

Untuk melakukan hal ini terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengklik menu Home. Di sana terdapat beberapa menu utama yaitu Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.

Di menu Paragraph, klik Line and Paragraph Spacing.

Setelah itu klik line Spacing Option.

Dibagian Spacing ada kolom Before dan After. Kamu bisa menuliskan berapa jarak antar paragraf di bagian Before.

Baik Before ataupun After, sama sama memberikan jarak antar paragraf. Bedanya, jika kamu mengisi jarak antar paragraf di Before, maka jarak akan diberikan sebelum paragraf baru. Sementara untuk After, jarak akan diberikan setelah paragraf baru.

Mungkin kamu bingung dengan tulisan pt yang berada di belakang angka yang kamu tuliskan. Tidak perlu bingung, berikut adalah penjelasannya.

6 pt = setengah spasi

12 pt = satu spasi

24 pt = dua spasi

Selain di menu Home kamu juga dapat mengatur jarak antar paragaf dengan cara klik Page Layout dan lihat menu Paragraph. Diatasnya ada Spasing. Isi Before dengan 12, 24 atau berapapun angka yang kamu suka.

Ada cara lain yang lebih mudah?

Ada, tekan saja klik kanan mouse dan pilih Paragraph. Maka akan muncul menu Paragraph di depan layarmu.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengakses menu Spacing yang dapat digunakan untuk mengatur paragraf di Microsoft Word. Selain paragraf, untuk membuat tulisan yang baik, jarak baris pada paragraf juga perlu diperhatikan.

Ini karena jarak baris berpengaruh terhadap tulisan. Jarak baris yang terlalu rapat akan membuat tulisan sulit dibaca. Jadi, cobalah untuk mengatur jarak baris ini hingga tulisan terasa nyaman saat dibaca.

Untuk melakukan ini di Microsoft word, kamu bisa masuk ke menu Home. Klik Line and Paragraph Spacing di menu Paragraph. Setelah itu pilih jarak antar baris dengan mengklik angka yang tertera di menu tersebut.

About the author

Alvin

Leave a Comment