Tech

Bocoran Oppo Find X2, Usung OLED 120Hz Display & 50W Wireless Charging

Find X adalah smartphone flagship milik Oppo yang dirilis bulan Juli tahun 2018 lalu. Pada saat itu, Find X merupakan smartphone dengan desain paling inovatif yang menggunakan slider sebagai mekanisme kameranya.

Mekanisme slider tersebut menyembunyikan tiga kamera yang terdiri dari satu kamera selfie dengan sensor 25MP dan Dua kamera belakang yang menggunakan gabungan sensor 16MP (OIS, PDAF) dan 20MP Depth sensor.

Sebagai smartphone flagship, Oppo mempersenjatai Find X dengan Chipset tertinggi yang tersedia saat itu yaitu Snapdragon 845 dan digabung dengan 8GB RAM + 128GB/256GB Onboard Storage.

Layarnya menggunakan AMOLED display berukuran 6.4-inchi dan memiliki resolusi Full-HD+. Dan karena menggunakan mekanisme slider, layar tersebut bersih dari notch alias full-screen dan juga dilindungi Gorilla Glass 5 untuk perlindungan ekstra.

Setelah itu, Oppo masih belum memberikan kabar mengenai suksesor dari Find X. Namun belum lama, rumor mengenai Find X2 flagship telah tersebar di Internet.

Bocoran Oppo Find X2

Menurut rumor yang beredar, Oppo kabarnya sedang menggarap suksesor dari Find X.

Rumor tersebut ternyata memang benar, bahkan orang dalam Oppo sendiri mengkonfirmasi hal tersebut dan memberikan informasi bahwa Find X2 tidak akan menggunakan teknologi in-display camera.

Tahun lalu, Oppo memamerkan konsep smartphone yang menggunakan in-display camera alias kamera depanya tertanam di dalam layar.

Selang beberapa bulan, rumor mengenai Find X2 yang kabarnya akan mengadopsi teknologi tersebut mulai tersebar. Akan tetapi, seperti yang sudah dijelaskan. Oppo menyangkal rumor tersebut dan mengkonfirmasi bahwa teknologi in-display camera masih belum siap untuk di-implementasikan.

Untuk saat ini, Oppo masih berusaha untuk menyempurnakan teknologi tersebut

Dan sekarang, bocoran baru telah terlihat yang di dapat dari leakster terpercaya melalui akun Weibo miliknya.

Bocoran tersebut memberikan informasi mengenai spesifikasi layar yang nantinya akan digunakan oleh Find X2.

Menurut bocoran tersebut, sepertinya Find X2 akan mengusung layar yang ukuranya sedikit lebih besar dari Find X yaitu 6.5-inchi. Layar tersebut memiliki resolusi QHD+ (3168 x 1440 pixels) dan kabarnya menggunakan curved OLED panel.

Oppo juga akan mengikuti trend high refresh rate display yang sedang ramai sekarang ini dan akan menggunakan layar yang memiliki 120hz refresh rate untuk Find X2.

Sumber: Weibo

Menurut informasi yang ada, Find X2 akan menyediakan fitur dimana penggunanya dapat mengganti refresh rate dan resolusi dari layar tersebut.

Pengguna diberikan beberapa pilihan yaitu FHD+ & QHD+ untuk resolusi dan 60Hz & 120Hz untuk refresh rate. Mengapa hal tersebut diperlukan? Karena resolusi dan terutama refresh rate yang tinggi akan membutuhkan lebih banyak daya dan alhasil mempercepat pemakaian baterai.

Oleh karena itu, pengguna diberikan pilihan untuk menurunkan resolusi dan refresh rate untuk menghemat pemakaian baterai.

Menurut spekulasi, tidak seperti Samsung Galaxy S20 Series yang tidak dapat menggunakan mode 120Hz di resolusi QHD. Find X2 kabarnya akan dapat menggunakan mode 120Hz refresh rate di resolusi QHD+.

Untuk saat ini, informasi mengenai spesifikasi Find X2 masih sangat minim. Namun mengingat bahwa Find X2 akan menjadi smartphone flagship terbaru Oppo, pastinya smartphone tersebut akan dipersenjatai dengan Chipset tertinggi.

Jika Find X2 dirilis tahun ini atau dalam waktu dekat, kemungkinan besar smartphone tersebut akan menggunakan Snapdragon 865 milik Qualcomm lengkap dengan dukungan 5G.

Rumor lain juga mengatakan bahwa Find X2 akan mengadopsi teknologi omnidirectional autofocus (suksesor dari Dual Pixel AF) danĀ  50W Wireless charging.

About the author

Afrizal

Hanya seorang penulis yang mencintai dunia teknologi.
Rizal sebenarnya sangat pemalas, maka dari itu dia lebih memilih untuk menghasilkan uang dari passionya
Rizal mencintai hal-hal yang berkaitan dengan komputer atau smartphone dan akan selalu memberikan berita terbaru mengenai keduanya.
Namun, terkadang dia juga suka membagi tips & trick saat tidak dikejar deadlines.
Di waktu luangnya, kamu akan melihat dia bermain gitar atau menonton film di bioskop.

Business Contact: [email protected]

Leave a Comment