Tutorial

Cara Ambil Semua Url Atau Link Dengan Notepad++

Halo sobat blogger pada hari ini admin jagoan kode akan memberikan sedikit trik dan tutorial bagaimana cara semua yang berbentuk link/url bisa kita filter kemudian kita ambil. Nah pada Cara Ambil Semua Url Atau Link Dengan Notepad++ admin sebelumnya admin telah membagikan tutorial mengenai notepad++ yang mana tutorial tersebut ialah mereplace dengan seluruh kata yang berada didepan dan dibelakang.

Kali ini sangat berbeda dengan trik sebelumnya. Yakni kita hanya mengambil semua yang berbentuk url atau link disaat link yang akan diambil diapit oleh beberapa tanda atau karakter lain. Sehingga harus kita explode atau dipecahkan terlebih dahulu semua karakternya dan hanya meninggalkan url hidup. Terkadang beberapa fungsi di text editor sangat sulit sekali dalam memilih semua link. Memblock lalu mempastekannya didalam halaman baru yang bersih hanya yang tinggal link saja.

Sepertinya untuk text editor yang bisa mengatasi masalah ini adalah notepad++ untuk yang lain saya belum mencoba. Karena menurut saya di notepad++ ini kita bisa menggunakan bantuan fungsi regex untuk menjawab semua keluhan kita selama ini. Karena itulah aplikasi notepad++ ini membantu kalian dalam hal belajar koding pemrograman atau semacamnya.

Bagi kalian yang hebat koding mungkin untuk mengextrack semua link sangat mudah sekali. Namun bagaimana jika kalian yang baru memulai atau sangat pemula sekali. Akan kesulitan jika tidak menggunakan bantuan aplikasi. Inilah yang kemudian mendorong saya untuk membuat tutorial ini dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi teman teman sekalian.

Untuk meninggalkan url saja didalam sebuah file atau data difungsi regex harus kita gabungkan. Jika kalian melihat di dokumentasi regex notepad++ maka kalian tidak akan menemukan fungsi regex untuk memecahkan url. Nah kalian bisa menggabungkan semua filter maka bisa kita gunakan dengan kode dibawah

Cara Ambil Semua Url Atau Link Dengan Notepad++

Mungkin pada saat kalian mengambil sebuah view page source mungkin hanya akan mendapatkan source ahref link seperti ini :

<li><a href=”https://jagoankode.com/kamus/sinonim/arti-kata/berikut
 berikut </a></li>

Nah pada contoh diatas tampak link diapit oleh beberapa karakter dan tag <li>. Yang membuat link yang tadinya hidup menjadi mati. Link diatas masih berbentuk source html. Nah tugas kita adalah menyeleksi atau membookmark semua url hidup tersebut dan menghilangkan semua atribut karakter yang mengapit tadi.

Lalu bagaimanakah caranya ? Caranya sangat mudah sekali sobat. Langsung saja simak ulasan langkah lengkapnya berikut ini :

1. Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi notepad++ anda.
2. Kemudian open file dokumen atau data yang akan kita replace atau ambil linknya.
3. Setelah itu langsung saja pergi ke menu search>>replace

Cara Ambil Semua Url Atau Link Dengan Notepad++

4. Oke langkah selanjutnya silahkan pindah ke pada tab MARK

Lalu masukan kode berikut :

(?i)b((?:[a-z][w-]+:(?:/{1,3}|[a-z0-9%])|wwwd{0,3}[.]|[a-z0-9.-]+[.][a-z]{2,4}/)(?:[^s()<>]+|(([^s()<>]+|(([^s()<>]+)))*))+(?:(([^s()<>]+|(([^s()<>]+)))*)|[^s`!()[]{};:'”.,<>?«»“”‘’]))

5. Silahkan sesuaikan settingan seperti gambar dibawah ini :

Cara seleksi Url Atau Link Dengan Notepad++

6. Jika semua settingan sudah benar jangan lupa untuk menekan tombol MARK ALL. Setelah itu semua link akan otomatis semuanya terseleksi merah seperti gambar dibawah ini.

Cara extract Url Atau Link Dengan Notepad++

7. Oke langkah selanjutnya kita akan mengcopy seluruh tulisan yang berisi link yang ditandai blok berwarna merah tersebut caranya pergi ke menu search>>Bookmark>>copy bookmark lines

Cara fiter seluruh Url Atau Link Dengan Notepad++

8. Oke setelah bookmark berhasil dicopy waktunya untuk memindahkannya dengan mempastekan pada lembar kosong

HASIL :

Cara copy seluruh Url Atau Link Dengan Notepad++

9. Sipp sampai pada langkah ini kita berhasil menyeleksi semua link dan mengcopynya tanpa repot harus menghapus karakter yang ada didalam link

Demikianlah tutorial admin pada hari ini semoga dapat bermanfaat sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment