Tutorial Blog

Cara Efektif Mengatasi Rasa Malas Menulis Artikel Blog

Menulis artikel blog adalah rasa malas yang paling luar biasa bagi seorang blogger. Bagaimana tidak, hampir setiap hari kerjanya hanya menulis artikel, nulis dan menulis. Menulis yang terlalu sering terkadang dapat menimbulkan rasa jenuh yang amat luar biasa. Termasuk saya sendiri, terkadang suka malas dalam menulis artikel blog. Ini yang saya alami selama 4 tahun terakhir ini. Walaupun begitu, tetap saja saya selalu bisa mengatasi hal tersebut. Dan disini, mungkin sekalian saya share aja ke kalain mengenai cara efektif mengatasi rasa malas menulis artikel di blog anda.

Menurut saya, wajar saya kalian memiliki sifat jenuh, karena kalian manusia. Jikalau kalian malas, sebenarnya itu semua bisa diatasi dengan mudah. Dengan melakukan aktivitas sebagai motivasi, bahwa kalian mengingat waktu yang berjalan dengan cepat adalah salah satunya. Dan ini adalah salah satu penyakit bagi seorang blogger hehe. Kalau tidak cepat diatasi dan diobati, maka akan malas berkepanjangan.

Saya pribadi, sanggup mencetak 3 – 5 artikel per harinya. Dan sebelumnya, saya sih sama seperti orang malas lainnya. Apa yang membuat saya berubah menjadi konsisten luar biasa adalah dengan adanya niat. Niat adalah modal awal untuk membangun semangat di diri kita sendiri untuk tetap terus mengerjakan pekerjaan itu sekalipun itu sangat membosankan.

Sebagai seorang blogger, kita tidak boleh memiliki sifat malas apalagi pemalas. Pantang sekali rasanya ketika ini sudah menjadi kebiasaan kita di setiap harinya. Oleh karena itu, lakukanlah beberapa tips dibawah ini untuk mengatasi rasa malas menulis artikel di blog kita.

Cara Mengatasi Rasa Malas Menulis Artikel di Blog

Hal – hal yang pernah saya lakukan adalah beragam. Ini sebenarnya rutinitas yang saya lakukan, ketika saya sedang buntu untuk mencari ide menulis artikel blog. Kalian juga dapat melakukan hal ini, ketika kalian bingung ingin menulis artikel seperti apa. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mencari IDE Menulis

IDE ini adalah hal yang tidak datang dengan sendirinya. Namun, ide ini akan datang dengan sendirinya kapan waktu yang tidak dapat kita tentukan. Biasanya untuk permasalahan mencari ide ini sangatlah mudah. Cukup sering melakukan beberapa eksperimen apa yang ingin kalian lakukan, dan ide itu akan datang dengan sendirinya.

Misalnya, saya suka mengotak atik isi didalam komputer, dan sebenarnya itu bisa dijadikan bahan ide untuk membuat postingan atau artikel di blog kita. Oleh karena itu, latihan terkadang sangatlah penting untuk mendapatkan ide ide baru yang tercipta di otak kita.

2. Mencari Hiburan Dahulu

Hiburan adalah proses merefresh otak didalam diri kita. Jangan terlalu dipaksakan untuk menulis artikel, namun carilah hal hal kesenangan. Kesenangan atau hiburan ini seperti jalan jalan, main game, interaksi antar teman dan juga saling bertukar pikiran. Ini akan membantu mendatangkan ide kita untuk menulis artikel blog.

Sedangkan menulis artikel blog ini, hanyalah sebagai media curahan kita apa yang pernah kita lakukan, dan dibagikan lewat media ini. Sehingga untuk permasalahan menulis artikel blog yang malas bisa diatasi. Saya sering mengalami hal ini, dan selalu tuntas setiap saya refreshing.

Ada alasan tertentu kenapa saya memilih hiburan, karena sifat jenuh tersebutlah yang harus kita lawan. Sifat jenuh akan kalah dengan hiburan.

3. Sering Riset di Pencarian Google

Riset di pencarian google, membantu untuk menumbuhkan ide didalam otak kita. Saya juga sering melakukan hal ini dan terbukti work untuk mendapatkan ide baru. Misalnya saya sering riset seperti ini :

mengatasi-rasa-malas-menulis-artikel

Hal – hal unik inilah tradisi saya ketika ingin mendapatkan judul di artikel blog saya hehe. Mungkin teman teman disini ada yang sama seperti saya, itu adalah tradisi dari blogger jaman old. Disini, kita juga dapat melihat artikel mana yang belum pernah dibuat oleh orang dan artikel mana yang sudah dibuat banyak orang.

Kita dapat melihat kompetitor dan juga saingan di google. Demi mendapatkan ide, saya rela rela melakukan hal seperti ini di google, hehe.

4. Jangan Takut Judul Artikel Kalah Saing di SERP

Hal yang paling buruk bagi seorang blogger, adalah takut kalah saing di SERP. Inilah hal hal fatal yang harus di hindari. Ketika sobat takut kalah terus menerus, sobat tidak akan pernah mendapatkan ide untuk menulis artikel kedepannya. Percaya atau tidak percaya, bahwa ini adalah salah satu penyebab dan penghambat sobat untuk mendapatkan ide.

Selagi pemikiran ini masih ada, selamanya sobat akan sulit untuk menulis dan malas berkepanjangan. Kurang lebih hal ini sudah saya alami ratusan kali, dan inilah penyebab utamanya. Kalau kalian berhasil melawan sifat ini, maka ide untuk menulispun akan semakin mudah.

Sebagai seorang blogger, kalian wajib menulis artikel. Keluar atau tidak keluarnya itu di google, lakukan saja penulisan artikel setiap hari. Dan jangan pernah berhenti apalagi takut untuk membuat artikel dengan blog blog besar di google.

5. Melawan Rasa Malas

Tips trakhir ini adalah bagaimana cara kita untuk melawan rasa malas. Yaitu jalan keluarnya adalah Mulai Sekarang. Just Do It, itulah yang sering dikatakan oleh orang barat dalam memotivasi diri kita. Lawan rasa malas itu gampang, langsung lakukan saja. Setelah itu, rasa malas sobat pasti akan langsung hilang.

Ketika sobat membaca artikel ini, namun tidak kunjung juga bergerak. Maka itu akan menjadi kebiasaan sampai tiada habisnya. Lakukanlah hal yang menurut sobat benar, dan tinggalkan sifat malas ini.

Baiklah mungkin itulah sedikit ocehan saya dalam pengalaman yang saya miliki. Semoga saja ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semuanya. Sampai disini, saya ingin pamit dulu dan sebelumnya terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga sobat bisa mengatasi hal ini, dan selamat mencoba ya,.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment