Tutorial Windows

Cara Efektif Untuk Menonaktifkan Keyboard Laptop

Ada beberapa alasan kenapa pemilik laptop lebih memilih untuk menggunakan keyboard eksternal dibanding keyboard bawaan laptop.

Salah satu alasanya adalah rasa nyaman ketika menggunakan keyboard eksternal. Misalnya saja pemilik Laptop yang terbiasa menggunakan keyboard mechanical. Mereka tentu mau report-report memasang dan menggunakan keyboard mechanical dibanding keyboard yang sudah terpasang di laptop. Alasanya, tentu saja karena feel keyboard mechanical sangat berbeda jika dibandingkan keyboard laptop.

Alasan lainnya, bisa jadi karena keyboard laptopnya error. Ini yang terjadi pada Laptop yang saya miliki sehingga mau tidak mau, saya harus menonaktifkan keyboard di laptop dan menggantinya dengan keyboard eksternal.

Untuk kamu yang ingin menonaktifkan keyboard laptop, kamu bisa ikuti cara menonaktifkan keyboard pada laptop berikut ini.

Menggunakan Keyboard Shortcut

Umumnya pada keyboard laptop terdapat tombol yang dapat digunakan untuk menonaktifkan keyboard.

Kamu bisa mencarinya diantara F1 – F12. Biasanya tombol yang dimaksud memiliki icon keyboard. Tekan tombol tersebut secara bersamaan dengan tombol FN.

Menggunakan Device Manager

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan masuk ke Device Manager. Di menu tersebut, semua perangkat yang terdapat pada laptop bisa terdeteksi. Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan sejumlah perangkat, termasuk keyboard internal.

Untuk masuk ke Device Manager, arahkan kursor mouse pada Start Menu. Setelah itu ketik Device Manager pada kolom pencarian. Selanjutnya klik Device Manager.

Pada Windows 10, kamu bisa membuka Device manager dengan cara yang lebih mudah. Pertama, arahkan kursor mouse pada tombol Start, lalu klik kanan dan pilih Device Manager pada menu yang tersedia.

Saat jendela Device Manager terbuka, kamu akan menemukan banyak perangkat yang terdeteksi. Klik pada keyboard dan pilih keyboard internal.

Jika kamu sudah menggunakan keyboard eksternal dan ingin mematikan keyboard internal karena beberapa hal, misalnya karena keyboard laptop telah rusak, maka akan ada pilihan.

Ini tentu akan membuatmu bingung karena kamu tidak tahu mana keyboard laptop dan mana keyboard eksternal. Nah, biasanya keyboard laptop ada tulisan PS/2-nya. Misalnya, seperti di gambar ini.

Di gambar tersebut, keyboard laptop adalah Supergate USB Keyboard with PS/2 Mouse Port. Jadi pilih yang ada tulisan PS/2-nya.

Klik kanan pada pilihan keyboard tersebut dan pilih Update Driver Software.

Pada menu Update Driver Software, pilih Browse My Computer for Driver Software.

Nanti ada pilihan Let Me Pick From a List of Device. Klik pilihan tersebut.

Selanjutnya, hapus tanda ceklis di Show Compatible Hardware untuk memunculkan perangkat yang tidak sesuai dengan laptopmu.

Kamu bisa memilih yang mana saja. Jadi pilih salah satunya, asalkan driver keyboard yang kamu pilih tidak sesuai dengan yang terdapat pada laptop. Selanjutnya, tinggal klik Yes.

Menonaktifkan Keyboard Laptop Secara Permanen

Cara di atas pada dasarnya adalah memasang driver keyboard yang tidak kompatibel dengan laptop sehingga keyboard pun tidak dapat digunakan.

Cara tersebut memang cukup efektif untuk menonaktifkan keyboard. Meski demikian, terkadang keyboard laptop juga bisa aktif kembali karena pada saat itu, Windows secara otomatis menginstal ulang driver yang compatible.

Umumnya ini terjadi saat laptop dinyalakan kembali. Jika terus terjadi, maka sebelum kembali melakukan cara di atas, ada baiknya kamu melakukan langkah-langkah berikut.

Pertama, ketik gpedit.msc di kolom pencarian. Lalu seperti biasa, klik program yang muncul.

Di Local Group Policy Editor, klik Administrative Template yang terdapat di Computer Configuration File. Setelah itu buka Folder System.

Pada folder System, klik folder Device Installation, lalu buka Device Installation Restrictions.

Nantinya di bagian kanan, terdapat sejumlah opsi. Dari opsi tersebut, klik pilihan paling bawah seperti yang terdapat di gambar ini.

Selanjutnya pada menu tersebut, pilih Enable dan klik OK.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kamu bisa mengulangi kembali langkah-langkah pada cara menonaktifkan keyboard laptop dengan menggunakan Device Manager di atas.

About the author

Alvin

Leave a Comment