TipsTrick

Cara Lancar Berbicara di Depan Kamera

Berbicara di Depan Kamera adalah suatu kesulitan yang pasti akan semua orang alami ketika ia baru pertama kalinya ngomong di depan kamera. Cara berbicara di depan kamera yang lancar dan teratur adalah hal yang tidak mudah bagi orang yang pertama kali dan canggung setiap melihat kamera yang mem – videokan anda yang menjadi pusat perhatian. Berikut mungkin agan sekalian tidak pede untuk ngomong di kamera. Berikut tips dari admin jagoankode mengenai bagaimana cara lancar berbicara di depan kamera. Dan beberapa yang harus kamu ketahui tentang tips berbicara di depan kamera.

Menjadi pembicara mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Namun kalau dibiasakan dan ditekuni, pasti semua orang bisa melakukannya. Di jaman sekarang yang canggih ini untuk ngomong didepan kamera adalah suatu kebutuhan untuk membagikan informasi kepada orang banyak. Terlebih lagi sekarang sudah ada media platform terbesar di dunia untuk membagikan video pribadi. Platform tersebut adalah Youtube. Mungkin bagi agan sekalian yang ingin menjadi youtubers atau pembicara umum. Wajib menguasai dan lancar apabila berbicara di depan kamera.

Jujur saja, waktu pertama kali saya berbicara didepan kamera. Pasti nyangkut nyangkut dan tidak begitu lancar juga. Oleh karena itu, seiring waktu saya melakukan beberapa latihan. Akhirnya saya bisa dan lancar juga berbicara didepan kamera. Kucinya adalah anggap kamera itu seperti teman sendiri ketika anda melakukan komunikasi. Walau tidak instant, inilah beberapa latihan yang saya lakukan agar bisa lancar berbicara di depan kamera versi jagoankode.

Cara Lancar Berbicara di Depan Kamera (Maupun di Orang Banyak)

Menjadi pembicara didepan orang banyak adalah penting dan sudah menjadi kebutuhan. Karena sangat penting sekali untuk dikuasai oleh semua orang dalam penyampaian berupa informasi yang akurat (face to face). Mungkin kalau didepan kamera kamu tidak akan berpapasan dengan orang. Namun hanya berpapasan di depan kamera saja. Dan itulah inti dari masalahnya. Kamu akan terpusat pada satu kamera dan membuat cara berbicara kamu menjadi terbata bata alias gak jelas banget.

Inilah yang saya lakukan ketika saya sudah bisa berbicara di kamera maupun di umum secara fasih dan lancar. Langsung cekidot yah!.

1. Suka Bicara Basa – Basi Dulu di Depan Kamera

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara menyesuaikan dulu berbicara didepan kamera. Bisa itu basa basi di depan kamera. Gak papa kalau gak jelas, yang terpenting di poin ini adalah melatih anda agar biasa dan tidak canggung lagi didepan kamera. Walau ini tidak bisa dilakukan sehari dua hari, cara ini harus rutin kamu lakukan setiap hari. Agar mendapatkan kepedean yang bagus didepan kamera. Untuk tahap ini silahkan latihan saja didepan kamera. Seminggu dua minggu mungkin masih nyangkut nyangkut. Tetapi kisaran kalau kamu sudah bisa, pasti akan bisa lancar. Walaupun belum terarah ngomong atau berbicaranya. Setelah lancar lakukanlah tips lainnya juga.

2. Biasakan Menjelaskan Sesuatu di Depan Kamera

Menjelaskan maksudnya disini adalah kamu harus terbiasa mendeskripsikan atau menceritakan poin poin yang ingin kamu sampaikan kepada orang banyak. Tujuannya adalah mempertajam penyampaian yang akan kamu sampaikan. Walaupun masih ngelantur ngomongnya itu tidak masalah, yang penting kamu bisa menjelaskan sesuatu di depan kamera.

Seperti contoh kamu ingin menceritakan cerita hari ini kamu ngapain aja. Coba salurkan cerita kamu hari ini didepan kamera. Ini termasuk cara yang saya lakukan agar terbiasa di sorot kamera saat melakukan syuting.

3. Jangan Malu Kalau di Lihat Orang

Diliatin orang terkadang sobat agak malu. Kalau sobat mempunyai sifat ini caranya adalah dilawan dan diabaikan. Abaikan saja orang disekitar sobat. Dan tetap fokuslah bicara didepan kamera. Tujuannya adalah agar tidak nyangkut nyangkut ngomongnya karena orang lewat. Dan takut lupa ingin membahas apa di video tersebut. Menganggap biasa saja dan sudah biasa adalah hal yang terpenting untuk di poin ini. Sobat harus menyesuaikan juga dengan lingkungan bukan hanya tips pada diri sendiri.

4. Anggap Kamera Adalah Teman Anda Berbicara

Walaupun komunikasi disini tertuju bukan pada manusia melainkan benda mati yang tidak bisa bicara. Namun kesannya disini kita akan terlihat seperti orang gila yang ngomong sendiri. Hal yang perlu agan agan sekalian lakukan adalah, Anggap kamera seperti teman sendiri. Komunikasi ini mungkin agak aneh, namun biasanya ini sangat diperlukan sekali untuk kelancaran bicara di kamera.

5. Lakukan Setiap Hari Sampai Bisa

Cara yang paling efektif adalah “Bisa Karena Biasa“. Kata kata bijak tersebut sudah mewakili setiap pekerjaan yang ada. Berbicara didepan kamera dapat anda lakukan setiap hari dan membuat agan agan sekalian sampai terbiasa dengan adanya kamera didepan sobat. Setelah biasa anda pasti sudah bisa. Silahkan dicoba dan dipraktekkan kalau cara diatas adalah ampuh untuk dilakukan setiap orang dalam komunikasi lewat kamera.

Kesimpulan

Mungkin sekianlah dulu untuk materi ini tentang cara lancar berbicara di depan kamera. Semoga bisa membantu agan sekalian yang sulit sekali ngomong di kamera. Walaupun ini akan sedikit memakan waktu, toh nanti juga akan terbiasa. Cara termudah untuk mengatasinya adalah berlatih sendiri setiap hari. Tidak perlu guru maupun mentor. Asalkan ada kemauan yang kuat pada diri sobat. Demikianlah untuk pemecahan masalah diatas, semoga bisa membantu sobat sekalian. Saya pamit dulu dan nantikan juga artikel yang bermanfaat lainnya hanya di jagoankode.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment