Games

Cara Main GTA San Andreas Online Multiplayer di PC

Baru-baru ini beredar kabar gim Grand Theft Auto VI akan segera dirilis tahun ini. Namun, salah satu mantan karyawan Rockstar Games, Darion Lowenstein, mengatakan bahwa GTA VI belum akan hadir dalam waktu dekat.

Wajar jika kehadiran seri terbaru GTA sangat dinantikan, sebab gim sangat populer selama dua dekade terakhir terutama untuk platform PC. Sekitar 15 tahun lalu, Rockstar pernah merilis salah satu seri terlaris sepanjang masa, yaitu GTA San Andreas. Gim itu bahkan tetap tidak tergantikan walaupun seri GTA V sudah dirilis.

Memainkan GTA San Andreas Secara Online

Dibandingkan dengan GTA V PC, seri San Andreas memang jauh ketinggalan, mulai dari segi grafisnya dan fitur untuk bermain secara online. Tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata GTA San Andreas PC juga bisa dimainkan secara online? Untuk mencobanya ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Unduh Gim GTA San Andreas

Sebagai catatan, tutorial ini hanya berlaku untuk GTA SA versi PC, bukan dengan emulator PlayStation atau Android. Jadi, pastikan kamu telah memasang gim GTA San Andreas di laptop atau PC. Disarankan untuk membeli versi orisinal, baik dari situs web resmi Rockstar Games, Steam atau Windows Store karena harganya sangat murah.

2. Menyiapkan Aplikasi Klien SA-MP

San Andreas Multiplayer (SA-MP) adalah aplikasi klien untuk memainkan GTA San Andreas secara online. Ini bukanlah platform resmi dari Rockstar Games, Rockstar North atau Take-Two Interactive Software. Pengembang menyediakan klien pihak ketiga sebagai wadah bagi para penggemar GTA SA untuk bermain bersama.

2.a. Unduh Aplikasi

Pertama, unduh klien SA-MP versi terbaru di tautan http://www.sa-mp.com/download.php. Di halaman tersebut terdapat dua opsi, yaitu versi 0.3.7-R4 dari SA-MP Team dan Horizon Gaming. Pilih yang salah satu karena pada dasarnya sama saja.

2.b. Pasang Aplikasi

Setelah mengunduh klien SA-MP versi terbaru, jalankan file .exe yang telah diunduh. Di tahap ini kamu harus menempatkan file SA-MP di folder yang sama dengan instalasi GTA San Andreas.

Path bawaannya adalah C:Program FilesRockstar GamesGTA San Andreas. Jika letaknya berbeda, maka tinggal ganti path tersebut dengan menelusuri direktori.

Setelah pemasangan berhasil, maka akan muncul shortcut San Andreas Multiplayer (SA-MP) di desktop atau Start Menu.

3. Jalankan Aplikasi SA-MP

Untuk memainkan GTA San Andreas secara online, jalankan klien SA-MP. Dari sana nantinya gim akan diluncurkan secara otomatis ketika terhubung dengan server. Supaya tidak bingung, kenali tampilan aplikasi klien SA-MP di bawah ini.

Keterangan:

  • Tab Internet – pilihan server yang online.
  • Hostname – nama server.
  • Player – jumlah pemain yang online/jumlah maksimal pemain di server tersebut.
  • Mode – pilihan mode permainan.
  • Language – bahasa yang digunakan pemain di server tersebut.

4. Temukan Server dan Mulai Bermain

Sebelum memilih server, kamu bisa memasukkan username terlebih dahulu di kolom ‘Name’. Kemudian masuk ke tab ‘Internet’, lalu pilih server yang kamu inginkan. Supaya tidak bingung, sebaiknya masuklah ke server yang menggunakan bahasa Inggris.

Klik kanan lalu klik ‘Connect’ atau langsung klik ganda server yang dipilih. Jika muncul kotak dialog setelah itu, abaikan saja dan tetap klik ‘Connect’.

Setelah ini kamu akan langsung masuk ke permainan GTA San Andreas Multiplayer. Di awal, biasanya kamu diminta membuat password atau memasukkan email untuk login di lain waktu. Ini berguna supaya saat kamu keluar dari gim, kamu bisa melanjutkannya lagi dari titik terakhir kamu berhenti.

Tenang saja, setiap server memiliki tutorial sebelum kamu dilepas ke permainan. Tutorialnya disesuaikan dengan mode permainan di masing-masing server.

Masalah yang Sering Terjadi

Perlu dicatat bahwa SA-MP hanya kompatibel dengan GTA San Andreas v1.00 AS/UE. Jadi jika gim kamu memiliki versi yang berbeda, ada kemungkinan mengalami crash atau eror. Apabila telanjur menggunakan versi 2.0, maka unduh dan gunakan patch pihak ketiga untuk di-downgrade ke versi ke 1.0.

Masalahnya lainnya adalah gim GTA SA yang diunduh dari Steam tidak kompatibel dengan patch pihak ketiga tersebut. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah mengunduh file gta_sa.exe v1.00 secara manual di tautan ini. Copy dan replace file gta_sa.exe yang lama di folder GTA San Andreas.

Apabila ada masalah lain saat menjalankan SA-MP, silakan diskusikan di kolom komentar. Selamat bermain!

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment