Info Menarik Tutorial

Cara Masuk Jalur Mandiri Umrah | SMM-PTN Barat

Hai sob, sebentar lagi pendaftaran masuk kuliah akan segera dibuka. Ini kesempatan buat kamu yang ingin memasuki PTN (Perguruan Tinggi Negeri) terbaik yang menjadi favorit kamu. Disini saya akan sedikit berbagi pengalaman pribadi untuk kamu yang ingin masuk jalur mandiri di universitas maritim raja ali haji atau yang biasa disingkat UMRAH. Universitas ini berada di wilayah Tanjungpinang, khususnya Kepulauan Riau. Buat kamu yang ingin mencoba daftar, ketahuilah bagaimana cara mendaftarnya.

Jalur mandiri, berbeda dengan jalur SNMPTN, SBMPTN. Jalur mandiri ini cukup mahal ketimbang pilihan kedua tadi. Karena biasanya biaya per semesternya yang harus wajib dan dikelompokkan ke UKT (Uang Kuliah Tunggal) Kelompok 5. Kalau untuk saat ini (2019), biaya persemesternya berkisar 4.500.000, dan kemungkinan pasti akan ada penambahan di tahun tahun berikutnya. Uniknya, jalur mandiri ini, kita dapat memilih sendiri formasi jurusan yang telah disiapkan, kuota atau jumlah yang dapat masuk di universitas tersebut.

Tentu saja, jalur mandiri UMRAH ini juga mengikuti ujian yang sama seperti SBMPTN. Seperti tes kemampuan dasar potensi akademik (TKPA), SAINTEK, SOSHUM Serta Campuran. Tergantung pemilihan jurusan pada saat pendaftaran di awal. Untuk biaya pendaftaran atau register untuk melakukan ujian juga harus dilakukan agar kamu dapat mengikuti ujian, hehe.

Buat kamu yang ingin masuk umrah menggunakan jalur mandiri, inilah cara terlengkap untuk pendaftaran, ujian dan penerimaan mahasiswa baru.

Cara Daftar Jalur Mandiri UMRAH

Biasanya, jalur mandiri bisa kalian daftar sendiri di online atau melalui website. Ada begitu banyak sekali website website palsu yang akan meragukan anda sekalian. Pilihlah website resmi dari SMM – PTN Barat untuk memilih opsi umrah. Pendaftaran bisa dilakukan lewat rumah saja dan bermodalkan internet untuk mengakses websitenya.

Apa itu alamat websitenya, yuk langsung kita bahas.

Proses pendaftaran pertama wajib dilakukan untuk memilih setidaknya 3 formasi atau ptn yang berbeda. Kamu dapat memilih sendiri jurusan yang tepat sesuai dengan jumlah kuota yang ditentukan. Dan untuk pendaftaran jalur mandiri UMRAH, kalian dapat mengakses website http://smmptnbarat.id/

Lalu, ke bagian menu pendaftaran ke https://pendaftaran.smmptnbarat.id/.

Cari opsi registrasi dibawah form login, biasanya akan tertera ketika masa pendaftaran dimulai sesuai dengan jenjang waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan untuk tanggal serta ujiannya ya sob.

Nah, disanalah kamu dapat menginput semua jenis berkas data yang harus kamu isi dan dilengkapi untuk dapat ujian mandiri.

Setelah selesai registrasi disana, kamu akan mendapatkan kode pembayaran / ID Pembayaran dan pin untuk melakukan pembayaran registrasi lewat bank transfer.

Pendaftaran Jalur Mandiri
Pendaftaran Jalur Mandiri

Catat ID Bayar serta Pin untuk melakukan pembayaran di bank. ID BAYAR Dan Pin juga diperlukan untuk melakukan login setelah membayar. Jadi pastikan di catat dan jangan sampai lupa.

Lakukan Pembayaran Registrasi di ATM

Untuk tata cara pembayaran, sudah pernah dibahas oleh website resmi dari SMM-PTN Barat. Kamu tinggal mengikutinya saja dan ingat, ID bayar serta Pin dibawa ke atm untuk melakukan pembayaran registrasi.

Silahkan lihat tutorialnya disini http://smmptnbarat.id/tata-cara-pembayaran.html

Dan bayar sesuai nominal yang telah ditetapkan.

Biasanya untuk kategori pembayaran SAINTEK/SOSHUM itu sama, dan untuk campuran dan keterampilan biasanya lebih mahal. Disana sebenarnya sudah ada, berapa yang harus kalian bayar sesuai dengan jurusan yang di ambil.

Isi Detail Pendaftaran Dan Cetak Kartu Ujian

Biasanya ketika sudah membayar sesuai dengan tata cara tadi, kamu akan dapat login di website pendaftaran smm ptn barat. Disana akan ada menu login dan loginlah dengan ID Bayar dan Pin yang sudah kamu catat sebelumnya.

Login SMM - PTN Barat
Login SMM – PTN Barat

Login sesuai dengan id bayar dan pin kamu, kemudian pilih masuk.

Pemilihan ptn dan formasi dapat dilakukan pada menu pendaftaran.

Cetak Kartu Ujian Mandiri
Cetak Kartu Ujian Mandiri

Ada 4 kolom disana yang wajib di isi. Yaitu pendaftaran, upload foto, konfirmasi, lalu cetak kartu ujian. Isilah step by step sesuai dari atas ke bawah. Setelahnya adalah mengikuti ujian mandiri.

Informasi dimana ujiannya ada pada kartu ujian tersebut dan tanggal berapa dilaksanakan. Pastikan kamu mematuhi semua permintaan sewaktu ujian seperti kartu ujian dibawa pada saat mengikuti ujian karena akan dilakukan pemeriksaan disana.

Jadwal ujian juga ada pada kartu ujian tersebut.

Saya rasa semua keperluan sudah menjadi satu pada kartu ujian.

Gunakan pakaian baju putih dan celana hitam menggunakan sepatu pantofel rapi untuk mengikuti tes ditempat yang ditetapkan.

Menunggu Hasil Pengunguman

Hasil akhir pengunguman setelah mengikuti ujian akan di umumkan lewat website resmi SMM PTN Barat. Buat kamu yang ingin tau hasil dari ujian yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Dapat kalian akses pada website http://smmptnbarat.id/pengumuman.html. Tanggal serta pengunguman akan diumumkan disana beserta mirrornya juga.

Setelah mengunggu hasil pengunguman akan ditentukan anda diterima atau tidak di ptn tersebut. Kemudian akan diarahkan kembali untuk step selanjutnya.

Sekiaranya mungkin hanya itu alur untuk melakukan ujian mandiri dan cara masuk jalur mandiri di umrah. Begitu juga untuk universitas lain, saya kira sama aja caranya. Tingkatkan belajar anda untuk menghadapi ujian ini, meskipun jalur mandiri, jangan anggap remeh ya sobat.

Sekian dulu untuk pengalaman saya masuk jalur mandiri di umrah. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Silahkan dicoba!, dan tetap semangat ya.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment