TipsTrick

9 Cara Melatih Diri untuk Menjadi Pembicara di Depan Umum

Cara Mudah Melatih Diri untuk Menjadi Pembicara di Depan Umum Melakukan Presentasi Dan Berpidato Dengan Lancar Layaknya Profesional. Setiap orang harus wajib bisa berkomunikasi. Baik itu didalam kehidupan sehari hari maupun ditempat tempat resmi seperti sekolah kantor dan tempat kerja. Terkadang berbicara empat mata sangat mudah sekali untuk dilakukan. Lalu bagaimana jika kalian berbicara namun disaksikan oleh ribuan bajkan jutaan pasang mata. Maka hal ini akan menimbulkan berbagai macam hal yang menyulitkan otak kita. Sehingga ingatan tentang penguasaan materi dalam satu waktu bisa hilang karena sebelumnya konsentrasi yang sudah dikumpulkan menjadi buyar begitu saja.

Baca Juga : Cara Melakukan Presentasi Yang Baik Dan Benar

Saat melihat orang lain sedang berbicara atau berpidato. Kita selalu bilang bahwa pekerjaan yang dilakukannya itu sangatlah mudah. Belum tentu saat kita mulai menjejaki kaki diatas panggung. Suasana menjadi berbeda dan semua hal yang ada pada anda itu seolah diperhatikan oleh orang banyak bahkan hal yang tidak penting sekalipun. Perasaan gugup kerap menghampiri jika hal ini tidak dilatih sejak dini. Semua hal yang bisa jikalau kita pun sudah melakukannya secara terbiasa. Kalau kalian tidak pernah latihan bagaimana untuk memulai percakapan atau pembicaraan didepan umum bisa.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh Melatih Dan Meningkatkan Percaya Diri

Presentasi di depan umum, apalagi jika audiensnya dalam jumlah banyak bukanlah hal yang mudah. Pembicara publik senior pun sering tetap merasa khawatir sebelum tampil di depan penontonnya. Tapi Anda tak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk bisa melatih diri menjadi pembicara publik yang handal, lugas, berwibawa, dan bisa membangun komunikasi yang hidup dengan audiens.

Baca Juga : Cara Bernegosiasi Yang Baik Dan Benar

Tips Melatih Diri Jadi Pembicara Publik

Cara-Melatih-Diri-untuk-Menjadi-Pembicara-di-Depan-Umum

Sebelum melakukan presentasi atau menjadi pembicara didepan umum bisa menjadi mudah. Kalian harus memperhatikan beberapa poin poin ini. Persiapan adalah kunci utama agar presentasi di depan publik bisa berjalan dengan lancar. Ada dua hal yang harus disiapkan yaitu kemampuan dan mental pembicara serta materi yang akan dibahas. Anda bisa berlatih menjadi pembicara publik dengan beberapa tips berikut ini:

1. Siapkan Tujuan yang Jelas

Seorang pembicara publik yang handal selalu menetapkan tujuan sebelum presentasi. Apakah tujuannya untuk diskusi, menghibur, membujuk/persuasi, memberikan informasi, atau untuk menginspirasi. Tujuan harus disiapkan dengan jelas sebelum Anda presentasi karena bisa mempengaruhi apa materi yang akan dibicarakan.

2. Kenali Audiens

Banyak pemateri publik yang gagal melakukan presentasi dan menghidupkan suasana diskusi bukan karena mereka tidak bisa berbicara, gugup, atau tidak menguasai materi. Namun mereka tidak mengerti siapa saja audiens yang hadir di tempat tersebut. Si pembicara tidak tahu dengan siapa dia berbicara.

Kenali bagaimana karakteristik audiens mulai dari kalangan, gaya, kepribadian, lingkungan, hingga tingkat pendidikan mereka. Hal ini bisa lebih memudahkan pembicara untuk menyusun materi dan kalimat agar bisa sampai ke audiens.

3. Pahami Kelebihan dan Kelemahan Diri

Sebelum berbicara di depan publik, jangan lupa untuk meluangkan waktu merenungkan apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan pada diri Anda. Jika pembicara punya kelebihan untuk membangkitkan antusias penonton melalui humor, coba gunakanlah itu sebagai selingan saat presentasi. Jika tidak unggul dalam satu hal, maka jangan menggunakannya di depan umum.

4. Kuasai Materi Presentasi

Siapapun audiensnya, pembicara wajib menngetahui dan menguasai materi presentasi dengan baik. Lakukan riset kecil mengenai topik yang akan dibicarakan. Jika ada sebuah pendapat atau teori, maka jangan lupa untuk mencantumkan siapa pencetus teori tersebut. Hal ini akan membuat materi yang disajikan jadi lebih kredibel dan terpercaya.

5. Susun Kerangka Presentasi

Presentasi di depan publik selalu dibatasi oleh waktu. Karena itulah, seorang pembicara publik yang handal selalu bisa menyampaikan poin-poin penting dengan tepat waktu. Bagaimana caranya? Anda harus menyusun kerangka presentasi dan mencatat kalimat-kalimat penting yang harus disampaikan. Sampaikan 3-5 gagasan dalam sebuah presentasi yang disertai dengan informasi.

6. Siapkan Kata-Kata Pembuka

Untuk bisa membangun suasana yang menyenangkan dan audiens tertarik mendengarkan materi yang akan disampaikan, penting sekali untuk menyampakaian kata-kata pembuka yang menarik. Idealnya kata pembuka harus disampaikan 30 menit setelah presentasi dimulai. Buatlah kata-kata yang mewakili isi hati atau permasalahan mereka, sehingga mereka tertarik dengan materi Anda.

7. Siapkan Humor Ringan

Presentasi dengan durasi lama pasti akan sangat membosankan jika hanya diisi dengan pemaparan materi. Otak manusia pun punya batasan waktu dalam memproses informasi yang diberikan. Jadi selingi presentasi dengan sesuatu yang menyegarkan, contohnya adalah humor ringan.

Anda bisa menceritakan mengenai pengalaman pribadi yang terkait dengan materi presentasi. Kisah-kisah pengalaman buruk saat bekerja, kejadian lucu saat belajar/rapat/perjalanan, dan lain sebagainya. Tapi hindari membuat humor yang mengejek audiens atau orang lain karena ini bisa membuat pemateri tidak disukai oleh audiens.

8. Persiapkan Jawaban

Pemateri harus bisa menerka-nerka pertanyaan apa saja yang mungkin ditanyakan oleh penontonnya. Karena itu, agar pembicara bisa tampil secara profesional, Anda harus menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang mungkin mereka tanyakan.

9. Percaya Diri

Setelah semua materi disiapkan dengan baik, maka sebelum tampil sempatkan waktu untuk berdoa, menenangkan dan memantapkan diri. Yakinlah bahwa Anda pasti bisa menyampaikan materi dan menguasai audiens dengan baik karena semua persiapan sudah dilakukan.

Demikianlah kesembilan poin ini. Poin diatas akan dapat membantu kita berlatih menjadi seseorang yang berbicaranya sangat handal. Menjadi pembicara publik yang handal memang bukanlah hal yang mudah. Namun dengan waktu dan latihan yang teratur, Anda pasti bisa menguasai materi dan berbicara dengan baik di depan audiens. Proses belajar akan membuat Anda semakin terlatih.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment