Blogging Tutorial Blog

Cara Melihat Jumlah Backlink di Google Search Console

Disini, saya akan memberikan sedikit informasi untuk tips google search console terbaru. Kalau sobat mendengar kata backlink, pasti sudah tidak asing lagi ditelinga anda sekalian pemain blogger. Kita sebagai admin dari blog juga wajib tahu bagaimana cara mengecek jumlah backlink di blog kita sendiri. Nah, akhir akhir ini google webmaster tools sudah pindah ke versi baru. Yaitu google search console, dan fungsinya menurut saya sama saja seperti dulu. Tetap dapat melihat jumlah tautan eksternal yang menuju ke blog kita. Jadi, jika sobat berkenan, silahkan dibaca dulu untuk panduan kali ini.

Didalam sebuah blog, backlink sangat berperan besar bagi persaingan di search engine google. Untuk saat ini, saya belum tau pasti mengenai teknik optimasi yang benar untuk algoritma google kali ini. Dan nantinya setelah saya memahami dengan maksimal, akan saya sharing kepada kalian. Yang pastinya fungsi backlink sendiri adalah sebagai pondasi blog kita yang juga dapat mempengaruhi serp google.

Nah, pada judul yang ingin saya bahas kali ini adalah bagaimana cara mengecek jumlah backlink yang tertaut di blog orang menuju ke domain kita. Oke, disini mungkin akan sedikit menarik, di google search console sendiri ternyata sudah ada panelnya sendiri khusus untuk info backlink yang tertaut. Ini dibuat google untuk memudahkan pekerjaan anda didalam melihat backlink dari blog orang lain.

Backlink sedikit akan lebih baik daripada mempunyai backlink banyak namun isinya spam semua. Backlink berkualitas walaupun satu atau dua, lebih berefek baik bagi blog kamu. Jadi, pastikan kalian juga harus mengetahui dari tautan mana saja blog kamu mempunyai link buliding.

Cara Mengecek Jumlah Backlink di Google Search Console

Masuk ke prakteknya, pastikan sebelumnya blog kamu sudah pernah terdaftar di google webmaster. Dan memerlukan waktu indeks bagi google untuk jangka waktu 1 – 4 mingguan. Kalian bisa mengecek artikel saya mengenai tips agar backlink cepat di indeks oleh google melalui tautan berikut ini.

Baca Disini : Cara Agar Backlink Cepat di Indeks Oleh Google

Jika keseluruhan blog kamu sudah terindeks baik oleh google, maka seharusnya cara ini bisa kamu lakukan. Langsung saja masuk ke prakteknya sebagai berikut ini.

Akses Link ke Google Search Console.

Tautan Google Search Console
Tautan Google Search Console

Langsung ke Menu Tautan.

Disana akan di detailkan lebih jelas mengenai tautan eksternal dan internal.

Tautan eksternal adalah keseluruhan link yang mengarah pada url blog artikel anda.
Sedangkan Tautan Internal adalah internal link dari keseluruhan artikel anda.

Kalau menurut saya pribadi, jumlah backlink dapat diartikan ke Tautan Eksternal. Karena link yang mengarah dari luar ke blog anda itu disebut juga dengan backlink.

Kalian juga dapat melihat daftar tautan eksternal berdasarkan situs. Kurang lebih letaknya kalian scroll kebawah.

Mengecek List Backlink Blog
Mengecek List Backlink Blog

Disana akan terlampir beberapa situs yang mengarah ke domain anda. Dan bisa dibaca dengan menekan tombol selengkapnya.

Sampai disini, anda sudah bisa mengetahui daftar backlink yang tertaut ke blog anda. Semakin banyak situs yang tertaut sebagai eksternal, maka akan semakin bagus bagi popularitas blog sobat sekalian.

Selain di google search console, kalian juga dapat mengecek backlink akurat di ahrefs : Bisa akses dengan Klik DISINI.

Ahrefs juga sama akuratnya dengan google search console, dilenkapi juga dengan domain rating, refering, dofollow dan nofollow.

Silahkan pilih mana cara yang paling kalian anggap mudah untuk digunakan.

Baiklah sekian dulu untuk artikel singkat kali ini, semoga bisa membantu kalian dalam pengecekan backlink terhadap blog kalian. Silahkan di share apabila artikel ini bermanfaat. Sekali lagi, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa kembali.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

2 Comments

Leave a Comment