Tutorial

Cara Memasang Plugin TextFX Di Notepad++

Halo sobat blogger apa kabar ? Seperti biasanya admin pada hari ini akan membagikan sedikit tutorial mengenai bagaimana sih cara menambahkan atau menginstall plugin TextFX pada notepad++. Jika kalian merupakan penggemar script atau koding notepad++ tidak terlepas dari kegiatan sehari hari. Text editor yang satu ini sangat banyak keunggulannya. dibanding editor lainnya yang berat dan bawaan windows yang dinilai kurang efektif didalam fungsinya maka mau tidak mau software ini menjadi pilihan utama.

Didalam aplikasi ini banyak sekali fitur fitur ekstra yang disediakan salah satunya ialah plugin TextFX. Sebenarnya apa sajakah fungsi dari plugin ini ? Banyak. Yang paling terkenal adalah untuk merubah beberapa format ataupun penulisan. menemukan dan mengganti (Find and Replace) kata atau beberapa karakter bisa dilakukan dengan plugin ini. Membuang atau menghapus spasi atau beberapa kata bisa dengan menggunakan plugin sederhana ini.

Masalah Plugin TextFX tidak muncul/Tidak ada

Nah masalahnya adalah terletak pada plugin ini yang tidak semerta merta bisa langsung ada di notepad++ sendiri saat mengunduh atau mendownloadnya lalu menginstallnya dikomputer anda. Plugin ini membutuhkan bantuan atau proses instalasi terlebih dahulu. Karena secara default plugin ini tidak langsung terpasang begitu saja pada aplikasi. Memasangnya pun juga tidak mudah. Bagi teman teman yang tidak mengetahui caranya pasti akan kesulitan dalam menambahkannya.

Nah ada beberapa hal yang saya pelajari sebelum saya memasang plugin ini kedalam aplikasi notepad++. Bahwa beberapa orang gagal menambahkan plugin TextFX ini dinotepad++ nya adalah karena perbedaan versi. Baik itu versi notepadnya maupun versi bit pada windows. Biasanya plugin textFX ini muncul untuk showpluginmanager nya jika komputer berada pada versi 32 bit. Sedangkan untuk 64 bit biasanya hanya muncul plugin admin.

Ini juga terjadi Pada update notepad++ versi terbaru yang sekarang sudah menjadi versi 7.6.6 untuk plugin TextFX nya secara default harus dipasang sendiri dan sebelum memasang pluginnya harus menambahkan library DLL nya terlebih dahulu digithub.Bisa kalian unduh melalui link ini NppTextFX.dll library. Untuk instalasi pemasangan yang notepad untuk versi 64 bit bisa kalian ikuti langkahnya disini Need TextFx 64 bit

Catatan :
Cara Diatas ialah bagi kalian yang masih tetap bertahan dengan notepad versi terbaru yaitu versi 7 keatas. Bagi kalian yang kurang paham untuk instalasi pemasangan versi yang diatas silahkan tinggalkan cara diatas. Dan lakukan Instalasi pemasangan yang akan admin bagikan dibawah. Dijamin 100% WORK 

Cara Mengatasi Plugin TextFX yang tidak bisa diinstall

Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk memunculkan plugin TextFX yang selama ini anda cari. Setelah memahami masalah diatas. Bahwa permasalahan terletak pada versi. Maka terlebih dahulu kita harus membuang versi notepad++ yang versi terbaru dan menggantinya dengan versi yang sebelumnya. yaitu versi V.6.8.3. Untuk langkah lengkapnya silahkan simak caraya dibawah ini :

1. Silahkan lakukan Uninstall aplikasi notepad++ dikomputer anda.
2. Jika aplikasi telah terhapus langkah selanjutnya silahkan download Software notepad++ yang versi sebelumnya DISINI  dan lakukan penginstallan ulang.
3. Pada saat proses instalasi notepad++ V.6.8.3 silahkan lakukan centang pada bagian ini

cara install plugin TextFX notepad++

4. jika sudah dicentang barulah lakukan install aplikasi hingga selesai.
5. Setelah aplikasi berhasil terpasang Langkah selanjutnya pergi kemenu PLUGIN>> PLUGIN MANAGER>>SHOW PLUGIN MANAGER

Cara Memasang Plugin TextFX Di Notepad++

6. Pada jendela plugin manager pindah ke tab Available Lalu Gulir atau scroll kebawah centng pada bagian TextFX Characters. Setelah itu klik install

Cara Menambahkan Plugin TextFX Pada Notepad++

7. Pada saat tombol install di klik maka akan muncul popup seperti ini. Pilih NO karena kita tidak perlu melakukan update pada plugin.

Plugin TextFX Di Notepad++Tidak ada

8.Oke setelah proses instalasi selesai maka langkah selanjutnya kita tinggal pilih YES untuk merestart aplikasi

9. Dan TARAA setelah aplikasi direstart dan dibuka kembali secara otomatis plugin tersebut pun terpasang MAGIC BUKAN ??????

Demikianlah tutorial sederhana ini semoga dapat kiranya membantu teman teman yang sedang kesulitan untuk menampilkan plugin ini. Sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment