Bisnis Internet Tutorial

Cara Membuat Linktree untuk Instagram, WA, Line Dll

Cara Membuat Linktree – Kalau kamu ingin memulai bisnis online seperti olshop Instagram, Facebook, WhatsApp dan platform lain, maka sebaiknya kamu mencantumkan link portfolio pada Bio untuk memudahkan calon pembeli ketika ingin menghubungi kamu.

Dengan menambahkan portfolio pada bio olshop kamu maka calon pembeli akan lebih mudah bila ingin menghubungi kamu, ini merupakan cara paling ampuh untuk memperlihatkan kalau kita memang serius dalam berbisnis online. Namun sayangnya, kamu hanya boleh mencantumkan satu link saja untuk platform Instagram. Lalu bagaimana jika kamu ingin mencantumkan lebih dari satu link?

Tenang saja karena ada cara yang sangat praktis dan tentunya gratis, yakni dengan memanfaatkan layanan penyatu link yang bernama Linktree. Linktree atau jika dalam bahasa indonesia Pohon Tautan, dimana Linktree bisa membuat atau menempatkan beberapa link yang kamu perlukan.

Misalnya kamu ingin menambahkan Tautan atau Link WhatsApp, Toko Online Shop dan lain sebagainya ke dalam Bio Instagram. Tentunya jika kamu menggunakan fitur yang disediakan Instagram hanya bisa menambahkan satu link saja.

Maka dari itu kamu perlu menggunakan sebuah platfporm Linktree untuk menambahkan banyak tautan ke dalam Bio Instagram. Bagaimana cara membuat Linktree atau menggunakan Linktree tersebut? Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti.

Cara Membuat LinkTree

Untuk membuat Linktree tidak perlu memiliki kemampuan khusus, alias kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan cepat. Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti sebagai berikut:

Membuat Akun Linktree

Cara membuat Linktree

Pertama buka laman url https://linktr.ee, kemudian buat akun terlebih dahulu dengan cara klik tombol Get Started for Free.

Masukan Informasi Pendaftaran Akun

Sign Up Linktree

Selanjutnya kamu akan ke halaman pendaftaran akun dan menampilkan beberapa form yang harus kamu isi. Untuk memulai pendaftaran masukan E-mail, Username dan Password.

Sebagai informasi tambahan Username berguna untuk link kamu nantinya. Seperti contoh saya memasukan username Jagonkodelink, maka nanti hasilnya akan menjadi seperti ini : https://linktr.ee/jagoankodelink.

Jika semua sudah kamu form pendaftaran sudah kamu isi, selanjutnya Klik Register untuk memulai pendaftaran.

Masukan Nama dan Kategori

Pilih kategori linktree

Tahap selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukan nama dan kategori yang sesuai dengan link kamu. Misalnya kamu ingin menggunakan untuk Portfolio agar calon pembeli bisa dengan mudah menghubungi kamu, sebagai contoh kami menamakan link induk dengan nama JagoanKode Link.

Dan pada bagian kategori kamu bisa memilih personal atau bisa memilih sesuai keinginan kamu, kamu bisa memilih lebih dari satu kategori.

Kemudian centang pada bagaian I Am Not A Robot (saya bukan robot) dan tunggu sampai tanda centang muncul. Setelah itu klik tombol Save Details untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pilih Paket Linktree

Paket gratis Linktree

Pada halaman selanjutnya kamu di minta untuk memilih paket. Terdapat dua pilihan paket, yakni Free dan Pro.

Bila kamu belum ada budget untuk menggunkan paket Pro maka kamu bisa memilih pilihan paket Free. Untuk kelebihan dan kekurangan dari paket Free dan Pro bisa kamu lihat-lihat pada halaman tersebut.

Silahkan pilih sesuai dengan keinginan, sebagai contoh saya memilih paket Free dan kemudian klik Continue with Free.

Masukan URL pada Linktree

Menambah URL pada linktree

Nah, sekarang kamu sudah berada di halaman utama Linktree. Sebelum membuat atau memasukan link sebaiknya kamu verifikasi terlebih dahulu dengan cara buka email yang Linktree kirimkan dan Klik Verify Email.

Untuk menambahkan Tautan/Link caranya sangat mudah kamu hanya perlu Klik Add New Link, kemudian masukan nama dan URL pada kolom yang tersedia. Untuk melihat hasilnya kamu bisa melihat pada bagian kanan.

Salin Link dan Simpan pada Bio Sosial Media

Manambah banyak link di bio

Setelah semuanya telah siap, maka Link/Tautan sudah siap untuk kamu bagikan. Kamu hanya klik tombol Share pada pojok kanan atas, kemudian klik Copy my Linktree URL.

Sekarang kamu tinggal buka sosial media kamu, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan Platform lainnya. Misalkan kamu ingin menambahkan Link tersebut ke Bio instagram, kamu hanya perlu buka Profile InstagramEdit Profile lalu paste Link yang kamu salin ke kolom Bio atau Website. Selesai. Bagaimana mudah bukan?

Akhir Kata

Nah, itulah tahapan Cara Membuat Linktree dengan mudah dan cepat. Semua link yang kamu tambahkan akan muncul pada satu link yang tadi kamu buat di Linktree. Selain dapat menambahkan beberapa tautan, kamu juga bisa men-costum tampilannya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi bila ingin menambahkan lebih dari satu link ke dalam Dekripsi atau Bio sosial media, dengan mengguankan platform Linktree semua itu bisa kamu atasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment