Tutorial Blog

Cara Membuat Password di Halaman Statis Blogger

Hai sobat blogger, kali ini admin akan membuatkan sebuah trik untuk sobat yang ingin membuat password di halaman statis blogger. Ketika sobat memiliki page atau laman yang bersifat rahasia, maka wajib untuk mempassword halaman tersebut dari pengunjung. Saya pribadi juga sering menggunakan hal ini untuk kepentingan yang bersifat privasi. Nah, untuk sobat yang membutuhkannya, maka admin jagoankode ingin sharing mengenai penggunaan password di halaman blogger. Berikut ulasan lengkapnya dari saya.

Sebenarnya cara ini bisa dilakukan juga didalam post atau artikel. Tetapi kebanyakan orang malah lebih suka menggunakan trik ini di laman statis. Ketika sobat membuat halaman di suatu blog yang bersifat rahasia dan hanya boleh sobat yang tau isinya. Maka gunakanlah javascript untuk mengamankannya. Javascript selain simple untuk digunakan, yang pasti sangat tepat untuk digunakan karena kita bisa mengamankannya melalui encrypt javascript.

Password berfungsi untuk melindungi dari banyaknya orang yang bisa melihat isi dari halaman tersebut. Sobat bisa menyimpan hal yang bersifat rahasia, agar bisa mengingat kepentingan yang sobat miliki. Untuk saat ini penggunaan seperti password sudah banyak yang menggunakannya dan terbukti berhasil. Ketika sobat ingin merubah password sewaktu – waktu, sangat bisa sekali. Saya sarankan ini juga sebagai media pembelajaran sobat yang ingin belajar koding javascript dengan mudah.

Banyak juga rekan saya yang menanyakan hal ini, dan saya akan memenuhinya dengan membuat tutorial disini agar bisa dilihat oleh orang banyak yang membutuhkan. Oke, ayo ikuti bagaimana cara pembuatannya lebih lengkap dibawah ini.

Cara Membuat Password di Halaman/Post Artikel Blog

Cara berikut ini, bisa sobat gunakan juga pada post artikel, namun untuk saran saya akan lebih baik digunakan dalam laman saja. Karena di halaman tidak akan tampil pada portal blog anda. Ada dua metode yang ingin saya jelaskan disini, yang pertama penggunaan satu password, dan yang kedua adalah penggunaan lebih dari satu password.

Saya akan mulai dahulu untuk penggunaan satu password pada laman blogger.

Membuat 1 Password Login Pada Laman Statis Blogger

Untuk penggunaan satu password saja pada halaman blogger, silahkan di ikuti panduan berikut ini. Biasanya ini digunakan agar tidak lupa kebanyakan password, sehingga ini adalah rekomendasi pertama untuk pembuatan login pada halaman blog.

  • Login Ke Dashboard Blogger
  • Masuk Ke Menu Halaman/Page
  • Buat Halaman Baru (Jika Sudah Memiliki Halaman, Pakai Saja Yang Lama)
  • Masuk Ke Menu Penulisan HTML.
  • Masukkan Kode Berikut Tepat di Bagian Paling Atas.
<script language="JavaScript">
var jagoankodepass;
var jkpass1="jagoankodekeren";
jagoankodepass=prompt('Masukkan password untuk membuka halaman ini!','');
if (jagoankodepass==jkpass1) alert('Password Benar! Klik OK untuk membuka halaman ini!');
else {
window.location="https://monyetgabutsukakode.blogspot.com/p/laman-statis-di-password-blogger.html";
}
</script>
  • Ubah var jkpass1 = (jagoankodekeren) sebagai password sobat.
  • Ubah window.location https://monyetgabutsukakode.blogspot.com/p/laman-statis-di-password-blogger.html (Menjadi Url Laman Yang Ingin Sobat Password)
  • Simpan/Perbarui
  • Lihat Hasilnya.
Penerapan Kodenya Sebagai berikut :
Cara Membuat Password
Sebelum password di isi, laman sobat tidak akan tampil sampai sobat benar benar memasukkan password yang benar sesuai script yang di isi.

Membuat Lebih Dari Satu Password Laman Statis Blogger

Pada bagian kedua adalah penggunaan lebih dari satu password, script dibawah ini bisa sobat modifikasi agar bisa banyak password. Sebagai contoh saya disini menggunakan penggunaan 2 password saja. Kalau sobat ingin menambahkannya lagi, tinggal tambahkan percabangan else if di bagian javascript berikut. Silahkan di ikuti panduan dibawah ini, jika sobat ingin lebih dari satu password di halaman statis blogger.

  • Masuk Ke Dashboard Blgoger
  • Pergi Ke Menu Halaman/Page
  • Buatlah Halaman Baru (Jika Sudah Memiliki Halaman Yang Ingin Dipassword, Gunakan Saja Yang Lama)
  • Masuk Ke Menu Penulisan Mode HTML.
  • Dan Masukkan Kode Berikut Tepat di Bagian Paling Atas.
<script language="JavaScript">
var jagoankodepassword;
var jagoankodepass1="jagoankodekeren";
var jagoankodepass2="jagoankodebanget";
jagoankodepassword=prompt('Masukkan password untuk membuka halaman ini!','');
if (jagoankodepassword==jagoankodepass1) alert('Password Benar! Klik OK untuk membuka halaman ini!');
else if (jagoankodepassword==jagoankodepass2) alert('Password Benar! Klik OK untuk membuka halaman ini!');
else {
window.location="https://monyetgabutsukakode.blogspot.com/p/laman-statis-di-password-blogger.html";
}
</script>
  • (jagoankodekeren) adalah password yang pertama, silahkan sobat ganti.
  • (jagoankodebanget) adalah password yang kedua, silahkan diganti sesuai dengan minat sobat.
  • Ubah windows location https://monyetgabutsukakode.blogspot.com/p/laman-statis-di-password-blogger.html menjadi alamat laman yang ingin sobat password.
  • Simpan/Perbarui.
  • Selesai Dan Lihat Hasilnya.

Untuk penerapannya kurang lebih sama seperti yang pertama tadi, Ikuti peletakan kode tepat di mode HTML ya sob!.

Cara Membuat Password di Halaman Statis Blogger

Itulah tadi untuk cara penerapan dua password atau lebih untuk di halaman statis blogger. Silahkan kalian pilih sesuai kebutuhan dan keperluan masing masing.

Akhir Kata

Itulah tadi tata cara dan panduan lengkap untuk membuat password di halaman blogger. Silahkan kalian praktekkan jika memang perlu. Password ini bisa diamankan kembali pada artikel saya selanjutnya mengenai penggunaan encrypt pada javascript. Baiklah alangkah baiknya saya tutup dahulu untuk artikel ini, semoga bisa bermanfaat untuk sobat sekalian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment