Tutorial Windows

Cara Membuat Tabel di Power Point

Cara Membuat Tabel di Power Point โ€“ Melakukan presentasi menggunakan sofware Microsoft Power Point sudah menjadi kebutuhan penting bagi para pekerja. Selain lebih mudah dan praktis, kamu juga tidak perlu membutuhkan biaya yang banyak.

Namun, ada saatnya kita dihadapkan dengan presentasi yang membutuhkan atau menampilkan tabel-tabel. Yang mana tabel-tabel ini kamu butuhkan untuk melengkapi data yang akan kamu sajikan dalam melakukan presentasi menggunakan Power Point tersebut. Kamu bisa saja melakukan copy-paste data dari Microsoft Excel ke Powert Point, tapi hasilnya akan berantakan.

Mempresentasikan sekumpulan data dengan Power Point bila tampilannya tidak disusun rapi, maka akan membuat bingung yang melihat presentasi kita. Karena itulah, menambahkan tabel sangat penting untuk membuat tampilan data yang kita sajikan menjadi lebih rapi dalam presentasi.

Membuat tabel dalam Power Point sangatlah mudah, kita tidak perlu memiliki kemapuan khusus untuk membuat tabel pada Power Point. Cara pembuatan tabel hampir sama dengan cara membuat tabel di Microsoft Word, namun hanya ada beberapa tampilan saja yang berbeda. Bila kamu masih bingung, bisa ikuti langkah-langkah yang akan kami bagikan berikut ini.

Cara Membuat Tabel di Power Point

Terdapat berbagai cara membuat atau menyisipkan tabel ke dalam Power Point, namun semua cara tersebut tidak jauh berbeda setiap langkahnya. Yuk, simak berikut ini caranya.

Cara Pertama

Buka program Power Point pada komputer yang kamu gunakan.

Cara Membuat Tabel di Power Point

Kemudian arahkan ke New > Blank Presentation atau pilih template dokumen slide sesuai dengan keinginan.

membuat tabel di power point

Setelah itu, buka menu Insert dan pilih Table. Pilih tabel sesuai dengan jumlah kolom dan baris yang kamu butuhkan, misal saya ingin membuat tabel dengan jumlah kolom 5×7 maka seleksilah tabel sesuai jumlah yang akan kita buat 5×7.

membuat tabel di power point

Setelah tabel berhasil kamu buat, selanjutnya isilah tabel dengan data yang akan kamu sajikan dalam presentasi. Bila ingin merubah kolom atau baris, kamu bisa arahkan korsur ke bagian garis dan geser sesuai dengan keinginan.

membuat tabel di power point

Kamu juga bisa merubah tampilan tabel agar menjadi lebih menarik. Untuk merubah tampilan tabel, kamu bisa klik pada tabel dan buka tab Design. Lalu pilih tampilan tabel pada Table Styles.

membuat tabel di power point

Cara Kedua

Sebenarnya cara kedua ini hampir sama dengan cara sebelumnya, namun dalam cara kedua ini kamu bisa membuat tabel Microsoft Excel dalam Power Point.

Pertama buka menu Insert dan pilih Tabel, lalu pilih Excel Spreadsheet pada menu Insert Tabel.

Cara Membuat Tabel di Power Point

Setelah itu akan muncul tabel, memang untuk tampilan default tabel Excel pada Power Point sangatah kecil. Namun, kamu masih bisa mengatur ukuran besar dan kecilnya sesuai dengan keinginan.

membuat tabel di ppt

Jika ukuran sudah kamu atur sesuai dengan keinginan, selanjutnya kamu bisa mengisi data pada tabel tersebut. Sama seperti Microsoft Excel, kamu juga bisa melakukan penjumlahan menggunakan rumus Excel.

Cara Ketiga

Bagaimana apakah sudah bisa membuat tabel pada dokumen slide Power Point? Bisa kamu masih kesulitan dalam membuat tabel, bisa mengikuti langkah ini. Langkah ketiga ini merupakan langkah atau metode paling mudah. Yuk, simak tutorialnya.

Seperti biasa buat dokumen slide terlebih dahulu dengan cara klik New > Blank Presentation atau pilih template dokumen slide sesuai dengan keinginan. Jika ingin mengedit dokumen slide yang sudah ada, kamu bisa lewati langkah ini.

Cara Membuat Tabel di Power Point

Kemudian buka menu Home, lalu pilih Layout dan pilih opsi Title and Content.

membuat tabel di ppt

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan dalam dokumen slide, untuk membuat tabel kamu bisa pilih Icon Tabel.

membuat tabel di ppt

Lalu akan muncul Pop-Up terkait dengan jumlah kolom dan baris tabel yang akan kamu buat, silahkan isi kolom yang tersedia dengan jumlah kolom tabel yang kamu inginkan. Sebagai contoh saya mengisi dengan jumlah kolom 5×7, lalu klik OK.

membuat tabel di ppt

Jika sudah, kamu bisa merubah tampilan tabel dengan cara buka menu Design dan pilih tampilan tabel pada Table Styles.

membuat tabel di ppt

Akhir Kata

Nah, itulah Cara Membuat Tabel di Power Point dengan mudah dan cepat. Mungkin ada bebrapa penjelasan dan penulisan kurang jelas atau lengkap, kami mohon maaf. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan, selamat mencoba dan semoga berhasil.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment