TipsTrick Tutorial

Cara Membuat Undangan Pernikahan Digital

Cara Membuat Undangan Pernikahan – Undangan digital bisa menjadi salah satu pilihan alternatif oleh para pengantin/calon pengantin untuk menyebarkan kabar pernikahannya. Sebab, dengan menggunakan undangan digital bisa menghemat biaya percetakan.

Selain itu, undangan digital bisa kamu buat dalam berbagai format. Jika dulu undangan pernikahan hanya dalam bentuk tulisan dan gambar saja dalam secarik kertas, kini undangan bisa dalam bentuk gambar, video maupun dokumenter. Entah itu video dokumenter, animasi dan motion video. Maka penerima undangan bisa melihat atau menonton undangan pernikahan kamu dengan lebih menarik.

Semakin canggih dan kreatif dalam mendesain, maka akan semakin menarik undangan digital yang diterima. Undangannya pun bisa kamu sebarkan dalam beragam format file, mulai dari format video, gambar ataupun tautan yang mengarah ke sebuah laman situs internet yang berisikan informasi pernikahan.

Cara Membuat Undangan Pernikahan Digital

Cara membuat undangan digital bisa kamu lakukan dengan menggunakan tools-tools design, seperti menggunakan software adobe. Tentunya dengan membuat undangan digital sendiri dapat menghemat biaya pengeluaran, namun bisa kamu tidak bisa membuatnya sendiri kamu bisa menyewa jasa pembuatan undangan digital.

Jika kamu ingin membuat undangan sendiri dan tidak mau menyewa jasa khusus, namun kamu tidak bisa atau mahir dalam menggunakan tools-tools desain? Tenang saja kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia seperti Canva, Creator, Invitation untuk membuat desain undangan pernikahan tanpa harus memiliki kemampuan khusus.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat undangan pernikahan sendiri.

Melalui Canva

Bila kamu belum mengetahui Canva itu apa? Canva adalah sebuat platform desain yang bisa kamu gunakan secara gratis dan dalam Canva terdapat banyak Template desain yang bisa kamu gunakan. Dengan memanfaatkan Canva kamu bisa membuat kebutuhan desain seperti banner, brosur, cv dan lain sebagainya.

Pertama buka laman situs canva.com melalui browser andalan kamu. Setelah laman situs terbuka daftar terlebih dahulu untuk mulai membuat undangan pernikahan, pendaftaran akun mudah dan simpel cukup ikuti saja langkah-langkah dan data yang diminta.

Cara Membuat Undangan Pernikahan Digital

Jika proses pendaftaran akun sudah berhasil, tekan tombol Create a design lalu pilih Invitation untuk memulai proses pembuatan undangan.

membuat undangan pernikahan di canva

Setelah itu akan diarahkan ke halaman editing, pilih template yang kamu inginkan.

membuat undangan pernikahan di canva

Lalu lakukan editing sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa menambahkan berbagai macam elemen yang ada pada menu editing yang berada dibagian samping kiri.

membuat undangan pernikahan di canva

Setelah proses pembuatan undangan pernikahan selesai, kamu bisa menyimpan hasil desain atau editing kamu dengan menekan tombol download pada pojok kanan atas. Lalu pilih format, mulai dari PDF dan juga JPG.

membuat undangan pernikahan di canva

Melalui Microsoft Word

Microsoft Word bukan hanya membatu kita dalam membuat dan menyelesaikan tugas maupun pekerjaan, namun Microsoft Word juga bisa kamu gunakan untuk membuat undangan pernikahan dengan beragam format file yang bisa kamu gunakan.

Dalam Microsoft Word kamu bisa menemukan berbagai macam template yang bisa digunakan dalam pembuatan brosur, undangan, siraman bayi dan lain sebagainya. Untuk cara membuatnya pun cukup mudah, bisa kamu ingin mengetahui cara membuat undangan pernikahan menggunakan Microsoft Word bisa simak ulasan berikut ini

Pertama buka terlebih dahulu Microsoft Word-nya, saya menggunakan Microsoft Word 2019. Namun bila kamu menggunakan Microsoft Word 2013 dan 2016 langkahnya sama kok tidak berbeda.

Setelah Microsoft Word terbuka Klik File โ€“ New.

Cara buat undangan di word

Kemudian arahkan pada kolom pencarian dan ketikan Invitation, lalu tekan Enter. Bila kamu ingin membuat undangan ulang tahun atau lainya bisa, silahkan ketikan kata kunci yang kamu inginkan.

Cara buat undangan di word

Nah, akan muncul banyak pilihan template dan pilih sesuai keinginan.

Cara buat undangan di word

Lalu lakukan pengeditan yang sesuai dengan yang kamu inginkan, mulai dari informasi tanggal, lokasi dan lainnya.

Cara buat undangan di word

Jika sudah, klik File โ€“ Save As kemudian pilih format file sesuai dengan keinginan kamu. Dalam Microsoft Word kamu tidak bisa langsung menyimpanya dalam format JPG, jadi kamu bisa konversi format yang kamu simpan menjadi JPG.

Cara buat undangan di word

Menggunakan Power Point

Selain menggunakan Microsoft Word kamu juga bisa membuat undangan pernikahan dengan Power Point. Sama seperti menggunakan Microsoft Word kamu tidak memerlukan koneksi internet untuk membuatnya.

Berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat undangan pernikahan menggunakan Power Point.

Langkah pertama buka Power Point, lalu ganti background slide dengan background gambar yang sesuai dengan keinginan kamu. Dengan cara klik kanan lalu pilih Format Background.

buat undangan di power point

Setelah mengganti Background, lalu edit tulisan dengan informasi yang ingin kamu tambahkan mulai dari alamat, tanggal, tempat, waktu mulai acara dan lainnya.

buat undangan di power point

Kamu juga bisa menambahkan aksen-aksen menarik yang bisa kamu pilih pada menu Insert.

buat undangan di power point

Nah, bila sudah selesai kamu bisa menyimpanya dengan klik File โ€“ Save As dan pilih format sesuai dengan kebutuhan.

buat undangan di power point

Akhir Kata

Itulah Cara Membuat Undangan Pernikahan dengan beberapa klik saja. Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment