Tutorial Android

Cara Membuat Video Cuplikan Podcast untuk Promosi di Medsos

Podcast telah berkembang menjadi sebuah industri yang cukup menjanjikan di Indonesia. Pendengarnya mengalami peningkatan seiring dengan semakin bervariasinya konten yang disuguhkan oleh para podcaster. Tidak mengherankan jika kemudian mulai banyak individu maupun kelompok yang juga tertarik untuk terjun ke dunia podcast.

Cara membuat podcast dan mengunggahnya ke Spotify pernah dibahas sebelumnya. Masalahnya, setelah podcast dibuat dan diunggah ke berbagai platform, masih sulit untuk mulai mendapatkan pendengar. Apalagi jika kita tidak tahu bagaimana cara mempromosikan podcast tersebut kepada khalayak atau target pendengarnya.

Mempromosikan Podcast dengan Video Singkat

Salah satu kesulitan mempromosikan podcast daripada konten video adalah karena bentuk podcast umumnya hanya berupa file audio. Walaupun, sekarang ini mulai berkembang video podcast di mana orang yang berbicara juga ditampilkan dalam tayangannya.

Seperti diketahui, media sosial apapun seperti Facebook, Instagram dan Twitter sangat tidak memungkinkan untuk sekadar mengunggah file audio. Jika yang diunggah hanya gambar cover, orang tidak akan penasaran dengan isinya.

Solusinya adalah membuat sebuah video singkat, maksimal 1 menit, yang berisikan cuplikan-cuplikan obrolan menarik dari podcast kamu. Tidak perlu menampilkan wajah, melainkan hanya gambar cover yang ditumpangi oleh audio. Jadilah sebuah video yang sekarang bisa kamu unggah ke semua media sosial untuk menarik orang untuk mendengarkan.

Membuat Video Cuplikan Podcast dengan Aplikasi Headliner

Headliner sebenarnya juga tersedia dalam platform browser, tetapi supaya lebih praktis kamu juga bisa menggunakan aplikasi di smartphone. Pada penjelasan kali ini, kamu hanya akan belajar bagaimana cara menggabungkan audio dan gambar menjadi audiogram, ditambah dengan sedikit efek waveform.

Sebelum membuat audiogram, kamu harus menyiapkan gambar cover (sebaiknya ukuran 1:1) dan audio cuplikan berdurasi 1 menit. Tetapi jika podcast sudah diunggah ke platform seperti Spotify, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pastikan kamu sudah memasang aplikasi Headliner dan menyiapkan semua konten yang diperlukan di ponsel.
  • Jalankan aplikasi Headliner, lalu ketuk tombol tambahkan untuk membuat audiogram baru.

  • Pilih ‘Audiogram’ untuk membuat secara manual atau ‘Automation’ jika ingin semuanya dibuat secara otomatis oleh aplikasi. Tetapi sekarang kita akan coba buat secara manual, jadi pilih opsi yang pertama.
  • Jika kamu sudah podcast kamu sudah tersedia di berbagai platform, gunakan tab ‘Search’ dan cari nama podcast Setelah muncul, pilih episode yang ingin kamu buat audiogram-nya.

  • Tetapi jika kamu sudah membuat audio cuplikan khusus, pilih tab ‘Upload’, lalu cari file audionya di penyimpanan ponsel.
  • Tunggu prosesnya beberapa saat, kemudian kamu akan dialihkan ke halaman kedua. Di sana kamu bisa mengatur panjang pendeknya audio atau menyesuaikannya dengan template media sosial.

  • Ketuk ‘Next’ untuk menuju ke pengaturan ketiga. Pilih rasio video yang kamu inginkan. Untuk promosi di media sosial, akan lebih menarik jika menggunakan rasio 1:1. Setelah itu klik ‘Next’ lagi.

  • Pada langkah terakhir ini, kamu bisa menambahkan background dengan cover yang telah kamu buat dan wavefrom. Pilih konten yang kamu inginkan dan atur warnanya agar selaras dengan tema desainnya.

  • Terakhir, klik ‘Create Video’, lalu tunggu proses rendering selama beberapa menit.

  • Setelah rendering selesai, ketuk ‘Share Video’ agar videonya otomatis tersimpan ke Galeri. Biasanya kamu juga akan mendapat pemberitahuan langsung dari email bahwa video audiogram kamu telah siap.

Aplikasi Headliner ini sangat memudahkan para kreator untuk membuat video cuplikan podcast atau bahkan versi penuhnya. Prosesnya lebih cepat dan praktis karena fitur yang disediakan memang hanya terbatas. Berikutnya unggah video ini ke Facebook, Instagram atau Twitter untuk mempromosikan podcast kamu. Selamat mencoba!

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment