TipsTrick

Cara Memilih Laptop yang Bagus untuk Dibeli

Hai gaess, masih seputar teknologi. Kali ini admin jagoankode ingin berbagi ilmu sedikit mengenai bagaimana sih cara memilih laptop yang bagus dan cocok untuk dibeli. Nah, pasti semua orang saat ini membutuhkan yang namanya laptop, dan bisa juga disebut sebagai kebutuhan. Oleh karena itu, kita juga harus pandai pandai dalam memilih barang yang ingin dibeli. Salah satunya adalah melihat dari harga, serta spesifikasinya secara rinci dan detail.

Saat akan membeli sebuah laptop, Anda tidak boleh asal saja tanpa pertimbangan yang matang. Ada yang membutuhkan laptop hanya untuk sekedar mengetik saja, maka ia tak harus membeli laptop dengan spek mumpuni yang mahal. Tapi ada juga orang yang memang membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi untuk menjalankan berbagai software berat.

Kini juga sudah banyak laptop laptop murah, dengan spesifikasinya yang tinggi, dapat kamu cari di pasaran. Ada sebagian orang yang lebih memilih beli baru, dan ada juga yang memilih barang seccond. Jika kalian pandai melihat spek serta harga, tentu kalian akan bisa melihat mana yang bagus dan bisa dipertimbangkan dengan baik.

Cara Memilih Laptop
Cara Memilih Laptop

Bagi kamu yang sedang membutuhkan laptop tapi bingung bagaimana cara memilihnya. Berikut ulasan lengkap untuk tips dan cara memilih laptop yang bagus untuk dibeli.

Tips Memilih Laptop yang Bagus

Agar tidak sampai salah beli dan akhirnya tidak cocok digunakan, sebaiknya sebelum pergi ke toko komputer dan laptop Anda menyimak tips memilih laptop yang bagus seperti berikut ini:

1. Tentukan Jenis Prosesornya

Sebelum membeli pastikan Anda tahu dulu untuk apa laptop tersebut apakah untuk bekerja, bermain game, membuat sebuah desain multimedia, menulis, ataukah bermain game. Berbeda keperluan, maka beda pula prosesor yang digunakan.

Jika Anda ingin membeli laptop untuk kegiatan multimedia, maka setidaknya Anda harus memilih prosesor Intel minimal Core i3. Tapi jika laptop ingin digunakan untuk bermain game online, maka Anda bisa memilih prosesor AMD.

2. Pilih Grafis Terbaik

Ada 2 jenis grafis yang digunakan oleh laptop yaitu NVIDA GeForce dan AMD Rodeon. Saat ini setidaknya Anda harus membeli laptop dengan GPU jenis NVIDIA GeForce 920M yang bisa lancar digunakan untuk kegiatan multimedia, meskipun kurang baik untuk bermain game. Jika memang Anda membeli laptop untuk game, maka pilih saja GPU jenis AMD.

3. Kapasitas RAM

RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum disimpan ke harddisk atau memori eksternal. Jika RAM-nya kecil, pasti laptop akan lemot/lelet saat digunakan bekerja, karena itu usahakan untuk membeli laptop dengan kapasitas RAM minimal 4 GB DDR 3. Semakin berat pekerjaan yang harus dilakukan di laptop, maka Anda akan butuh RAM yang besar.

4. Ukuran Layar

Sebenarnya ukuran layar merupakan selera masing-masing individu. Ada yang lebih suka laptop dengan ukuran besar karena lebih nyaman di mata. Tapi ada juga yang suka dengan laptop ukuran kecil karena lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Tapi sebenarnya ukuran layar yang paling ideal untuk mata dan juga pekerjaan adalah 14 inchi. Layar ini bisa nyaman digunakan untuk kerja, gaming, mengetik, dan juga mengedit video dalam waktu yang lama. Ukuran layar 14 inchi juga dianggap ideal dan tidak mudah membuat mata lelah.

5. Garansi

Hal yang tak kalah penting saat membeli laptop baru adalah adanya jaminan garansi. Saat Anda membeli laptop brand apapun, usahakan untuk memilih yang ada garansinya. Jangan sampai Anda tertipu oleh penjual abal-abal yang menjual laptop tiruan atau black market. Jika ada kerusakan maka Anda sendiri yang akan kesusahan nantinya.

6. Baru atau Bekas?

Sebenarnya membeli laptop baru bukanlah ketentuan yang mutlak bagi Anda, terlebih jika Anda memiliki dana yang terbatas. Hanya saja laptop baru memang memberikan beberapa keunggulan seperti garansi resmi dari produsen dan kondisi yang masih terjamin bagus baik software dan juga hardwarenya.

Namun membeli laptop bekas juga bisa menjadi pilihan jika Anda memang mengetahui seluk beluk laptop dengan baik. Anda bisa membeli laptop bekas di toko yang terpercaya dan mau memberikan garansi toko. Pilihlah laptop bekas yang masih layak digunakan, mulai dari kondisi fisik, hardware, harddisk, hingga software-nya terbukti tidak bermasalah.

Apapun pilihan Anda, sebaiknya tetap menyesuaikan laptop dengan kebutuhan. Jangan sampai hanya mengejar tampilan dan performa laptop yang selangit dengan harga tinggi jika nantinya hanya digunakan untuk pekerjaan ringan saja.

Kesimpulan

Menurut saya pribadi, harga disini sangatlah dibutuhkan. Jika kamu butuhkan untuk pekerjaan, maka pilihlah laptop yang dibawah harga 5jt an. Namun, jika untuk keperluan gaming, atau pekerjaan yang menggunakan spek tinggi. Maka carilah pasaran di harga 5jtan ke atas. Semakin mahal laptop, maka semakin bagus pula speknya. Bagi yang mempunyai budget rendah, kalian jangan berkecil hati. Kalian juga dapat mencari laptop laptop seccond dengan spek yang lumayan tinggi.

Demikianlah ulasan untuk cara memilih laptop mulai dari harga, spek serta beberapa komponen yang harus diperhatikan. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk teman teman sekalian semuanya disini. Saya pamit dan terimakasih telah membaca.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment