TipsTrick

Cara Mempercepat Download di Google Chrome

Cara Mempercepat Download di Google Chrome  – Google Chrome merupakan salah satu sarana untuk browsing paling populer dan memiliki banyak pengguna saat ini. Banyak pengguna yang mengunduh file melalui Google Chrome langsung tanpa menggunakan software tambahan seperti IDM atau EagleGet, sebenarnya untuk mengunduh file dari internet Google Chrome sendiri sudah cukup.

Walau harus diakui, Chrome tidak bisa dikatakan sebagai yang tercepat untuk masalah download file dari internet. Pasti sangat menjengkelkan ketika sedang mendownload file namun proses tersebut begitu lambat. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan memberikan tips untuk mempercepat proses download pada Google Chrome.

Cara Mempercepat Download di Google Chrome

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti bila ingin mempercepat proses download file pada Google Chrome.

Menghapus Ekstension

Pernah enggak sih ketika lagi download file tapi proses tersebut begitu lambat? Ah pasti menjengkelkan banget kan, padahal seperti yang kita ketahui Google Chrome merupakan salah satu web browser tercepat. Nah, mungkin kamu adalah salah satu pengguna yang memiliki banyak Ekstension atau ektensi.

Bila kamu memiliki banyak ekstension sebaiknya kamu hapus sebagian atau ekstensi yang tidak kamu gunakan, pasalnya ekstensi kadang berpengaruh dan menghalangi kecepatan mendownload  lho. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghapus ekstensi pada Google Chrome.

Pertama buka browser Google Chrome, kemudian klik titik tiga pada pojok kanan atas aplikasi.

Cara mempercepat Download di chrome

Lalu pilih Fitur lainnya (More Tools) dan pilihlah opsi Ekstensi (Ekstensions).

Cara mempercepat Download di chrome

Setelah itu, untuk menghapus ekstension yang tidak terpakai klik Hapus (Remove) pada bagian bawah ekstensi tersebut. Nah, kini ekstensi yang tidak terpakai sudah berhasil kamu hapus.

Cara mempercepat Download di chrome

Aktifkan Fitur Parallel Downloading

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat download pada Google Chrome dengan mengaktifkan eksperimental parallel downloading. Dengan mengaktifkan eksperimental tersebut dapat meningkatkan kecepatan download sekitar 30% dari sebelumnya.

Berikut ini cara mengaktifkan eksperimental downloading pada Google Chrome Laptop/Komputer.

Pertama buka Eksperimental dengan mengunjungi laman chrome://flags/ pada Chrome yang kamu gunakan.

Percepat download di chrome

Lalu ketikan Parallel Downloading pada kolom pencarian dan setelah muncul ubah menjadi Enabled dari Default.

Percepat download di chrome

Setelah itu restart Google Chrome dengan menekan tombol Relaunch.

Percepat download di chrome

Setelah melakukan itu, maka kecepatan download akan bertambah cepat dari sebelumnya. Namun mengingat statusnya masih eksperimental, mungkin akan sedikit bentrok dengan fitur atau ekstensi lain. Jika mengalami masalah, kamu bisa rubah kembali dari Enabled menjadi Default.

Aktifkan flash plugin click

Seperti biasa langkah pertama buka Google Chrome, kemudian pergi ke menu pengaturan dengan cara klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu Setelan (Setting).

meningkatkan kecepatan download

Kemudian buka menu Setelan Situs (Site Setting).

meningkatkan kecepatan download

Setelah itu cari menu Flash.

meningkatkan kecepatan download

Lalu aktifkan flash plugin yang ada dibagian kanan Ask first (recommended). Dengan mengaktifkan fitur ini kamu akan mendapatkan pemberitahuan apakah akan muncul iklan atau tidak ketika membuka web atau situs.

altifkan flash plugin

Merubah Width & Height

Cara mempercepat downlaod selanjutnya dengan merubah atau mengatur Width dan Height pada Google Chrome. Dimana dengan mengatur Width dan Height dapat mempengaruhi kecepatan download, hal itu di karenakan komputer tidak terlelu berat pada saat melakukan proses download.

Untuk cara mengatur atau merubah mengatur Width dan Height tersebut bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Pertama buka menu Eksperimental dengan mengunjungi laman chrome://flags/.
  • Kemudian tekan CRTL + F pada keyboard, lalu ketikan Default Tile.
  • Setelah itu rubah dan aturlah Width dan Height.

Cara ini bisa kamu terapkan pada Laptop/Komputer yang memiliki RAM di bawah 4GB. Jika kamu menggunakan Laptop/Komputer dengan 4GB ke atas maka cara ini mungkin tidak akan terlalu berpengaruh.

Pastikan menggunakan Google Chrome versi terbaru

Kenapa harus menggunakan Google Chrome versi terbaru? Apakah tidak bisa menggunakan Google Chrome versi lama. Dengan mengupgrade Google Chrome ke versi terbaru, maka Google Chrome yang sebelumnya memiliki masalah akan ada perbaikan, improvisasi performa dan juga penambahan fitur.

Jadi sangat penting untuk menggunakan Google Chrome versi terbaru. Untuk cara update dan mengetahui apakah kamu menggunakan Google Chrome versi terbaru atau lama bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka menu chrome dengan menekan titik tiga pada pojok kanan Chrome.
  • Lalu pilih menu Bantuan dan pilih Tentang Google Chrome.
  • Maka Google Chrome akan memeriksa pembaruan, tunggu sampai proses pemerikasaan selesai. Jika kamu menggunakan Google Chrome versi lama langsung saja update dan tunggu sampai proses update atau download selesai.
  • Kemudian Luncurkan Ulang untuk menggunakan Google Chrome versi terbaru.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses download di Google Chrome. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi para pembaca, selamat mencoba dan semoga berhasil.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment