Bisnis

Cara Memulai Berwirausaha Ternak Jangkrik

Memulai suatu usaha tentunya kita dihadapkan dengan permasalahan usaha apa yang akan di kerjakan atau kita geluti. Terakdang kita memiliki kendala dari masalah pembiyaan untuk memulai suatu usaha karena usaha itu bukan hanya sekedar mengeluarkan tenaga dan tekad saja melainkan memerlukan modal yang cukup besar. Dari sinilah penulis akan memberikan cara memulai suatu usaha dari modal yang kecil. Tetapi memiliki prospek yang cukup cerah yaitu berternak jangkrik. Mengapa??

Bertenak jangkrik, Karena dalam berternak jangkrik kita dapat memulai dari modal yang pas-pasan. Dan peminat jangkrik ini bukan hanya sekedar peternak melainkan yang memerlukan jangkrik ini adalah mereka yang memiliki hobi memelihara burung. Karena di zaman sekarang memlihara burung cukup marak jadi kita selaku yang menginginkan usaha. Peluang berternak jangkrik dapat kita ambil sebagai usaha memulai berternak jangkrik ini.

Mungkin solusi berternak jangkrik ini adalah salah satu solusi kalian yang belum mendapatkan pekerjaan yang tetap. Ada beberapa langkah sebagai peternak jangkrik pemula, diantaranya :

  1. Mencari Informasi Tentang Berternak Jangkrik

Dalam memulai suatu usaha tentunya kita harus terlebih dahulu mencari informasi mengenai berternak jangkrik. Supaya hasil yang kita dapatkan sesuai. Untuk itu kita selaku pemula harus banyak membaca reperesni bagaimana berternak jangkrik yang bagus. Ada beberapa tipe jangkrik yang harus kalian ketahui, karena jangkrik untuk dijual sebagai pakan burung atau sebagai pelet untuk ikan kalian harus mengetahui tipe-tipenya.

Jika jangkrik untuk pakan burung biasanya yang dipanen ketika jangkrik masih berusia 25-30 hari bisa di namai “Kuntring”. Biasanya usia jangkrik sekitar 25-30 hari belum memiliki sayap pada bagian belakang jangkriknya. Itupun terhitung dipanen mulai dari telur jangkrik menetas. Sedangkan jangkrik yang sudah “Besar” biasanya jarang digunakan untuk pakan melainkan digunakan untuk menjadi pembibitan dan nantinya yang diambil adalah telurnya.

  1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Setelah kita membaca beberapa reperesni ataupun melihat langsung bagaimana cara berternak jangkrik. Kita mulai ketahap kedua yaitu menyiapkan alat dan bahan apa saja yang perlu kalian persapkan. Alat seperti (Gergaji, Gunting, Pisau Kater,Mistar,Meteran dan Paku khusus paku harus ada yang ukuran kecil dan besar) Bahan seperti (Lem Kayu, Semen, solasiban (berwarna coklat suka digunakan untuk membungkus kardus mie instan), kas telur, Plastik, Triplek, Usuk kayu dan Kayu Besar).

Cara pengerjaan : Untuk Kandang jangkrik,  Biasanya ukuran kandang ada yang panjangnya 2 meter lebih atau 3 meter kurang terkadang disesuaikan dengan panjang triplek dan lebar 1 sampai 2 meter setengah. Ada juga sebagian peternak menggunakan kandang dengan ukuran lebar 1 meter dan panjang 2 meter setengah. Catatan : jika kandang yang saat ini digunakan mengunakan teori yang pertama panjang 3 meter kurang dan lebar 1 meter setengah. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini :  Membuat Tempat Ternak Jangkrik

  1. Menyiapkan Tempat

Dalam menyiapkan tempat biasanya kandang jangkrik ditempatkan dalam suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Ibaratnya kepanasan jangan kedinginan juga jangan harus bersuhu sedang ataupun normal. Mungkin lebih cocok kandang harus ditempatkan dalam ruangan yang pinggir-pinggirnya terbuat dari tembok. Tetapi jika tidak memiliki tempat yang terbuat dari tembok kalian bisa menggunakan dapur atau ruangan kosong atau gudang yang kalian miliki untuk meringankan biaya tempat menyimpan kadang.

Tempat Ternak Jangkrik

  1. Menyiapkan Telur dan Pakan Jangkrik

Setelah menyiapkan kadang dan tempat saatnya kalian menyiapkan telur untuk kalian tetaskan sehingga menjadi bibit jangkrik untuk diternakan, karena kalian belum bisa menhasilkan terlur alangkah baiknya memesan telur bisa lewat online ataupun ketempat didaerah kalian yang sudah lama berternak jangkrik.

Mungkin itu salah satu cara atau solusi untuk kalian memulai usaha dan menentukan usaha apa yang akan digeluti tetapi dengan modal yang sedikit atau dikatakan pas-pasan. Karena dengan modal 500 ribu kalian dapat membuat 2 kadang dengan ukuran lebar 1 meter dan panjang 2 meter, bibit terlur 3 ons.

Catatan : dari 3 ons telur dapat menghasilkan dari setiap ons adalah 3 kilo itu pun jika memberi pakan yang secukupnya jika bagus kalian akan mendapatkan hasil lebih dari itu, tetapi jika memulai usaha jangan melihat hasil tetapi kuasai dulu permasalahan untung rugi namanya juga memulai usaha. Selamat mencoba semoga menjadi pengusaha yang sukses. Seperti kata pepatah “Lebih baik pernah mencoba dan gagal dari pada tidak pernah mencoba dan banyak menghayal”.

Baca Juga : 8 IDE Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Anak Kuliah

About the author

AgusMBA

Leave a Comment