Tutorial Sosial Media

Cara Menambah Follower Instagram Secara Organik dengan Growbot

Instagram telah menjadi platform media sosial paling digemari di dunia saat ini. Bahkan kepopuleran Instagram telah menggerus Facebook, yang notabene adalah perusahaan induk mereka. Itulah alasan mengapa semakin banyak orang ingin terlihat eksis di Instagram.

Salah satu faktor terpenting dari Instagram adalah follower, karena jumlahnya sangat memengaruhi penilaian orang terhadap sebuah akun. Tidak heran jika banyak pengguna yang kemudian mencoba segala macam cara untuk meningkatkan jumlah follower. Nah, salah satu cara yang sering digunakan oleh para pebisnis maupun pengguna biasa adalah dengan automation tools.

Mengenal Aplikasi Growbot

Instagram automation tools adalah sebuah software yang dirancang khusus untuk melakukan suatu aktivitas di Instagram secara otomatis. Contohnya melakukan follow, unfollow, menyukai sebuah posting, dan mengirimkan DM. Kebanyakan layanan Instagram automation pasti berbayar, tetapi jika ingin mencoba yang gratis maka kamu bisa menggunakan Growbot.

Growbot adalah ekstensi untuk Google Chrome atau browser dengan engine yang sama. Software ini dapat melakukan segala macam aktivitas otomatis di Instagram untuk memudahkan kamu mendapatkan tambahan follower. Caranya yaitu melakukan interaksi dengan si calon follower yaitu mengikuti akun mereka dan menyukai posting mereka.

Aktivitas semacam itu dinilai dapat memancing seseorang untuk mengikuti kembali. Nah, Growbot akan melakukan aktivitas tersebut secara mandiri setelah kamu menentukan setelannya. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengikuti ratusan atau bahkan ribuan orang secara manual karena itu pasti sangat melelahkan.

Cara Menggunakan Growbot

Growbot sebenarnya adalah layanan berbayar, tetapi saat pertama kali memasang ekstensi ini di Chrome kamu mendapatkan masa percobaan gratis selama tujuh hari. Maka cobalah manfaatkan waktu tujuh hari tersebut untuk menggaet follower sebanyak-banyaknya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan pasang ekstensi atau add-on Growbot dari Chrome Web Store.
  • Tanda bahwa pemasangan berhasil adalah akan muncul ikon berupa kepala robot di sudut kanan atas.

  • Buka Instagram.com dari Chrome dan masuklah ke akun yang ingin kamu tingkatkan jumlah followernya.
  • Cari target akun yang follower-nya lebih banyak dari kamu tetapi memiliki interest yang sama.
  • Klik ikon Growbot tadi sambil kamu membuka tab Instagram, maka akan muncul berbagai hal yang dapat dilakukan oleh software tersebut.
  • Kemudian klik “Load <nama user> Follower” untuk mendapatkan daftar follower dari akun target kamu.

  • Jika muncul kotak dialog, kamu biarkan saja terisi secara default yaitu 0 atau dengan angka sembarang. Ini adalah urutan follower akun target mulai dari yang terbaru. Kemudian klik tombol ‘Continue’.

  • Sekarang kamu atur terlebih dahulu bagaimana mesin Growbot akan bekerja. Dimulai mulai dari berapa lama waktu jeda tiap aktivitas, apakah harus ada posting yang disukai, dan sebagainya.
  • Menu pengaturan selengkapnya dapat kamu buka di ikon bergambar gear.

  • Setelah semua dirasa sudah sesuai dengan kriteria pencarian, terakhir tinggal tekan tombol ‘Process Queue’.

Tips Menggunakan Growbot

Dalam prosesnya, Growbot hanya berjalan pada saat browser dibuka dan terhubung dengan internet. Jika tidak, maka proses akan otomatis berhenti.

Selain itu, Instagram juga membatasi jumlah following hanya maksimal sekitar 7.000 orang saja. Jadi jika kiranya sudah mengikuti 1.000 orang, tunggu sehari sampai kamu mendapat follow back. Setelah itu unfollow akun-akun yang tidak memberikan follow back.

Caranya, masuk ke halaman profil kamu, buka tool Growbot lalu klik ‘Load Current Following’. Pada opsi di atas tombol ‘Process Queue’, jangan lupa pilih ‘Unfollow’ dan atur kriteria unfollow di menu pengaturan. Terakhir, tekan tombol ‘Process Queue’.

Jumlah peningkatan follower akun Instagram kamu tidak akan berbanding lurus dengan jumlah akun yang kamu ikuti dengan Growbot. Biasanya hanya berkisar antara 10-30 persen saja dari orang yang kamu ikuti akan mengikuti balik.

Saat menggunakan Growbot, kamu disarankan untuk mengatur jeda waktu yang cukup lama antara aktivitas satu dengan yang lainnya. Ini berguna supaya sistem keamanan Instagram tidak menganggap aktivitas tersebut sebagai SPAM.

Apabila waktu pengujian gratis selama tujuh hari telah habis, langsung saja copot pemasangan Growbot di browser Chrome kamu. Kemudian pasang lagi software tersebut dari Chrome Web Store.

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment