Tutorial Blog Wordpress

Cara Menambahkan Javascript, CSS, HTML di WordPress

Halo sobat jagoankode, admin disini akan berbagi sedikit mengenai tips wordpress. Sudah lama banget saya tidak membuatkan artikel yang berhubungan dengan kode kode pemrograman. Yaitu bagaimana sih cara menambahkan custom javascript (js), css dan juga format html untuk suatu kebutuhan di wordpress. Kalau sobat menggunakan platform blogger, mungkin saya rasa sudah lengkap toolsnya di dashbord blogger. Namun beda halnya di platform wordpress, kalian dapat menambahkan custom javascript, css, html di bawaan templae maupun menggunakan internal dari plugin.

Terkadang custom file css ataupun javascript dibutuhkan ketika sobat ingin memasukkan fungsi atau tambahan sebagai perlengkapan dan juga mempercantik bagian template wordpress kamu. Termasuk saya sendiri, sangatlah perlu untuk keperluan menguji fungsi script, dan membagikannya ke teman teman sekalian. Bagi sobat yang suka menambahkan widget atau fungsi eksternal untuk keperluan wordpress, kamu wajib tahu bagaimana cara meletakkannya dan menambahkannya.

Sekarang ini, sudah begitu banyak plugin wordpress yang bertebaran di internet, dan kamu hanya tinggal memilihnya saja mana yang kamu anggap paling bagus. Untuk rekomendasi langsung dari admin, adalah dengan menggunakan plugin yang bernama Simple Custom CSS & JS. Plugin ini mampu untuk membuatkan file internal dan juga eksternal berekstensi javascript atau css langsung tersimpan dan terhubung di cpanel kamu. Jadi, gak perlu lagi deh buka buka cpanel hanya untuk menambahkan kode javascript ataupun css internal.

Baiklah sekarang langsung saja deh kita praktekkan bagaimana cara menambahkan js dan css di wordpress kamu, silahkan di ikuti tutorial berikut ini.

Cara Menambahkan Custom CSS & Javascript WordPress

Karena berhubung tidak semua tema wordpress memiliki fitur penambahan js dan css custom. Alangkah baiknya saya menjelaskannya secara umum, yaitu dengan menggunakan plugin yang saya sebutkan diatas tadi. Bagaimanakah cara menambahkannya ?, berikut kita coba.

  • Silahkan tambahkan plugin baru di menu plugin >> Tambah Baru.
  • Cari Dengan Kata Kunci “Simple Custom CSS and JS
  • Kurang lebih, tampilannya seperti di gambar berikut ini.
Simple Custom CSS and JS
Simple Custom CSS and JS

Silahkan di install dan diaktifkan.

Kemudian akan muncul menu baru seperti berikut ini.

Plugin Untuk Menambahkan Javascript Dan CSS
Plugin Untuk Menambahkan Javascript Dan CSS

Ada 5 Bagian Menu disana.

  • All Custom Code : Untuk Melihat Semua Project Yang Pernah Kamu Buat, Dan Untuk Mengelola Semua File.
  • Add Custom CSS : Untuk Menambahkan CSS
  • Add Custom JS : Untuk Menambahkan Javascript.
  • Add Custom HTML : Untuk Menambah HTML.
  • Setting : Untuk Pengaturan > Jangan di Otak Atik Lagi.

1. Menambahkan Javascript

Kalau sobat ingin menambahkan javascript baru, silahkan pilih Add Custom JS. Kemudian kurang lebih tampilannya seprti ini.

Tambahkan Javascript
Tambahkan Javascript

Pertama : Isi title sebagai judul, dan Kedua : Kontennya sebagai javascript yang ingin ditambahkan. Ketiga tinggal terbitkan maka seharunya javascript anda akan langsung bekerja pada blog yang kamu miliki.

Setelah berhasil kamu terbitkan, kelola sendiri di menu All Custom Code Untuk mengedit, menghapus atau sesuai dengan keinginan kamu.

2. Menambahkan CSS

Dan Jika sobat ingin menambahkan css baru, maka pilih Add Custom CSS. Ikuti Ilustrasi gambar seperti berikut ini.

Tambahkan CSS
Tambahkan CSS

Kurang lebih hampir sama seperti menambahkan file javascript tadi. Pertama di isi titlenya biar gak bingung, kemudian css diletakkan pada nomor panah dua. Lalu langsung di terbitkan.

Kamu juga dapat menambahkan format html khusus jika kamu ingin menambahkannya. Tetapi biasanya untuk menambahkan format html, kamu tidak perlu mengisi dibagian ini. Biasanya format html khusus ada pada menu widget di wordpress kamu.

Baca Juga : Permalink Blogger Menjadi Seperti WordPress.

Kesimpulan

Saya rasa tutorial untuk cara menambahkan file javascript, css, dan html di wordpress sudah lengkap dijelaskan. Kamu juga dapat menggunakan plugin lain, tetapi saya lebih merekomendasikan plugin diatas karena saya juga menggunakannya. Apabila masih keliru, boleh sobat tanyakan di form komentar dibawah. Kurang lebih begitu saja untuk menambahkan css, javascript di wordpress. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu semuanya pengguna platform wordpress, saya tutup dulu. Sampai jumpa kembali dan Terimakasih sudah membaca.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment