Tutorial Aplikasi

Cara Menambahkan Page Number Di Microsoft Word

Jika kamu membuat dokumen yang cukup panjang di Microsoft Word dengan jumlah halaman yang cukup banyak, maka tentunya kamu ingin menambahkan nomor di setiap halaman untuk membantu pembaca menemukan halaman yang mereka cari.

Di Microsoft Word, kamu bisa melakukan ini. Caranya adalah dengan menambahkan nomor halaman di header atau footer. Header sendiri merupakan area yang terdapat di bagian atas dokumen. Sementara footer berada di bagian bawah dokumen.

Ketika kamu mencetak dokumen, maka header dan footer pun akan dicetak juga.

Untuk menambahkan page number di header atau footer, maka silahkan ikuti langkah-langkahnya yang terdapat di artikel ini.

Menambahkan Page Number di Microsoft Word 2010

Tutorial ini juga bisa dilakukan di Word 2016, Word 2013, Office 365, dan Word 2019.

Untuk menambahkan page number ke dokumen yang kamu buat di Microsoft Word 2010 atau di Word versi lain yang kami sebutkan di atas, kamu bisa melakukannya dengan mengakses tab Insert. Letaknya di bagian atas Microsoft Word, tepatnya di samping tab home.

Langkah pertama untuk menambahkan page number di halaman dokumen Word adalah dengan meletakan kursor mouse di halaman pertama, atau halaman lain dimana page number dimulai.

Berikutnya, pilih tab Insert. Setelah itu pilih Page Number yang berada di bagian Header & Footer.

Tentukan dimana kamu akan menempatkan page number dengan cara memilih salah satu dari pilihan yang muncul, yaitu Bottom of Page, Top of Page atau Page Margins.

Pilih desain page number yang kamu inginkan. Jika sudah, double-click di bagian dokumen mana pun untuk menghilangkan area header and footer.

Menambahkan Page Number di Microsoft Word 2003

Untuk yang masih menggunakan Microsoft Word 2003, kamu bisa menambahkan page number pada dokumen yang kamu buat dengan cara mengakses View.

Klik menu View yang terdapat di bagian atas Microsoft Word 2003. Dari sana akan muncul menu baru. Pilih Header And Footer.

Nantinya posisi kursor mouse akan berada di area yang dikelilingi oleh garis putus-putus. Di bawahnya, teks dokumen yang kamu ketik akan tampak redup.

Untuk menyisipkan nomor halaman di sana, maka kamu bisa mengklik ikon page number yang terdapat di toolbar header and footer.

Membuat Penomoran Halaman Yang berbeda

Terkadang aturan penomoran berbeda digunakan pada saat membuat karya tulis. Aturan ini akan memudahkanmu saat mencari bagian-bagian tertentu di buku yang kamu cetak.

Untuk membuat penomoran halaman yang berbeda di Microsoft Word, ikuti langkah berikut.

Pilih halaman yang ingin kamu beri nomor. Setelah itu klik Page Layout di bagian atas Microsoft Word. Dari sana klik pilihan Breaks.

Pada menu Break yang baru terbuka, pilih Next Page yang terdapat di bawah Section Break.

Pada halaman yang ingin kamu beri nomor halaman yang berbeda, double-click di area header atau footer-nya. Jika kesulitan, kamu bisa klik kanan di sana, dan pilih Edit Header atau Edit Footer, tergantung di posisi mana kamu meletakan nomor halaman.

Lihat di bagian atas, akan muncul menu Desain. Pada menu tersebut, klik Link To Previous. Dengan begitu, sambungan header atau footer ke halaman sebelumnya akan terputus.

Setelah itu di menu Header and Footer, klik Page Number, lalu pilih Format Page Number.

Di menu Page Number Format, terdapat beberapa pilihan. Kamu bisa memilih format penomoran yang kamu suka. Lalu di bagian Page Numbering, pada kolom Start At, ketik angka 1. Maka nomor halaman tersebut pun akan kembali ke awal.

About the author

Alvin

Leave a Comment