Tutorial

Cara Menambahkan Tanda Kutip Diawal Dan Akhir Dengan Notepad++

Belum Ada Rating.

Beberapa hari yang lalu saya sedang mengerjakan beberapa projects. Disela sela pekerjaan saya ingin sekali menginput data kurang lebih ada sampai 10.000 data yang akan diinput sekaligus secara bersamaan.

Didalam file yang akan diedit itu punya masalah sepele. Yaitu hanya menambahkan tanda kutip didepan maupun dibelakang kalimat. Data yang ada kurang lebih 10.000 buah. Kalau kita mengeditnya satu persatu.

Kalian bisa membayangkan betapa reportnya dan akan kehabisan waktu untuk memberi semua tanda petik didalam kata tersebut. Belum lagi jika ada salah satu kata yang tertinggal. Mau tidak mau kita pun harus jeli dan teliti untuk melihat manakah yang belum sempat terkena tanda petik tersebut.

Sudah jelas waktu yang dibutuhkan sangat banyak sekali. Belum lagi mata yang pedih akibat terlalu fokus dengan objek pengerjaan data tersebut. Kemudian saya mencoba untuk mencari solusinya. Alhamdulillah akhirnya dapat.

Dibeberapa blog yang saya baca. Bisa diatasi namun cara yang dibagikannya adalah dengan mengeditnya melalui menu column yang ada di notepad++ namun setelah dicoba rupanya hal tersebut hanya bekerja jika jumlah kalimat tersebut sama.

Sedangkan jika jumlah kalimat tidak sama maka secara otomatis akan kata akan terpotong sesuai row yang sejajar dengan kata yang paling panjang atau paling akhir. Hal ini tentu tidak berjalan sesuai harapan dan keinginan lalu setelah mencari kesana kemari akhirnya saya dapatkan. Jawabannya dengan bantuan fungsi REGEX.

Mengganti karakter tanda kutip/petik pada awal dan diakhir kalimat secara otomatis.

Di notepad++ sendiri kalian bisa menggunakan fitur find and replace lalu memasukan fungsi REGEX untuk membantu pengerjaan kalian menjadi lebih mudah. Ada banyak sekali fungsi REGEX yang bisa kalian coba.

Bukan hanya mengganti format tanda petik saja. Menggantinya dengan karakter lain seperti garis. Tanda petik satu. Baris baru. Mereplace koma. Dan merubahnya dengan fungsi yang sesuai keinginan anda pun bisa.

Untuk dokumentasi lengkap mengenai fungsi REGEX di notepad++ ini kalian bisa membacanya disini Notepad++ReGEX Documentation. Untuk fungsi lain yang kalian inginkan silahkan pahami terlebih dahulu line per line yang sudah dijelaskan pada dokumentasi aplikasi tersebut.

Oke setelah kita memahami pernyataan diatas. Sekarang kita akan masuk kedalam tutorial lengkapnya. Karena itu silahkan simak dengan seksama langkahnya berikut ini :

Cara menyisipkan tanda petik di depan dan dibelakang sebuah kata/kalimat 

1. Silahkan buka aplikasi notepad++ kalian bagi yang belum punya silahkan download dulu DISINI.
2. Langsung saja buka data yang ingin diletakan karakter equal sign ini.
3. Silahkan tekan CTRL+A pada keyboard.
4. Setelah semuanya terseleksi sekarang pergi ke menu search>>replace .

Menambahkan Tanda Kutip Diawal Dan Akhir

5. Pastikan settingan nya sama dengan gambar dibawah ini. Lalu pada kolom findwhat isikan tanda (.+) Lalu pada kolom replace with: silahkan isi dengan tanda “1”

menyisipkan karakter Kutip Didepan Dan belakang

6. Jika semua settingan sudah benar. Kemudian tekan tombol replace all.

mengganti dan memasukan kutip sebelum dan sesudah kata

Maka dalam sekejap semua langsung berubah sebelum kata dan sesudah kata sudah terisi dengan tanda (“). Tanpa ada cacat sekalipun semuanya sempurna dari atas sampai kebawah

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan semoga artikel ini dapat membantu teman teman semua yang mengalami kesulitan. Sekian dan terima kasih 😀

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment