Tutorial Windows

Cara Mendownload dan Menginstal PowerShell 7.1 di Windows 10

Pada 4 Maret 2020 lalu, Microsoft meluncurkan versi baru dari PowerShell, yaitu PowerShell 7.0. Lalu tiga minggu kemudian, perusahaan tersebut pun merilis PowerShell versi 7.1.preview.

Tentu saja, PowerShell versi baru ini menghadirkan fitur-fitur baru seperti sejumlah operator baru, pipeline parallelization, dan simplified and dynamic error view. Selain itu, Microsoft juga memberikan PowerShell beberapa perbaikan.

PowerShell versi 7 sendiri tersedia untuk Windows, Linux dan macOS. Tetapi untuk kali ini, kita akan membahas cara untuk mendownload dan menginstal PowerShell 7.1 di Windows 10. Jadi buat pengguna Windows 10 yang tertarik untuk mencoba PowerShell versi baru tersebut, bisa ikuti cara berikut.

Mendownload dan Menginstal PowerShell 7 dengan Format MSI

Untuk mendownload PowerShell 7 dalam format MSI, maka klik di sini terlebih dahulu. Lalu setelah itu, tekan Ctrl + F untuk membuka kotak pencarian. Di sana ketik “asset” dan buka menu tersebut.

Nanti ada pilihan untuk mendownload file dengan format MSI. Sebelum mendownload file MSI, pastikan filenya cocok dengan versi Windows yang terinstal pada komputermu. Jika Windows 10 yang kamu gunakan merupakan versi 64 bit, maka download file versi x64. Namun, jika versi yang kamu gunakan adalah versi 32 bit, download file yang versi x86.

Jika proses download telah selesai, buka folder tempat komputer menyimpan file hasil download. Lalu, double-click file yang telah di download untuk menjalankan proses penginstalan.

Mendownload PowerShell 7 Menggunakan Command

Kamu juga bisa mendownload PowerShell versi preview di Windows 10 dengan menggunakan perintah pada fitur PowerShell.

Untuk melakukan hal tersebut, cukup copy kode berikut dan paste di PowerShell.

iex "& { $(irm https://aka.ms/install-powershell.ps1) } -UseMSI -Preview" 

Jika ingin mendownload yang versi 7.0, bisa gunakan kode ini.

iex "& { $(irm https://aka.ms/install-powershell.ps1) } -UseMSI"

Setelah kode di atas dipaste ke PowerShell, maka kamu hanya tinggal menekan tombol Enter untuk memulai proses download.

Selanjutnya ketika jendela setup Wizard terbuka, klik“Next” untuk menginstal PowerShell versi 7.1.

Di menu selanjutnya juga sama, yaitu klik “Next”. Nanti kamu akan masuk ke menu Optional Actions.

Di sana ada sejumlah fitur yang bisa diaktifkan, seperti Add PowerShell to Path Environment Variable, Register Windows Event Logging Manifest, Enable PowerShell Remoting dan Add ‘Open here’ Context Menus to Explorer. Kamu bisa pilih untuk mengaktifkan semua fitur atau sebagian saja.

Setelah memilih mana yang ingin diaktifkan, maka tinggal klik “Next.” Lanjutkan dengan mengklik “Install.” Begitu proses install selesai, langsung saja klik “Finish” untuk menutup jendela tersebut.

Cara Membuka PowerShell 7.1

Di Windows 10, kamu bisa membuka PowerShell 7.1 dengan banyak cara.

Sebelumnya, pada proses penginstalan, ada pilihan untuk mengaktifkan sejumlah fitur. Nah, jika kamu mengaktifkan fitur Add PowerShell to Path Environment Variable dan Add ‘Open here’ Context Menus to Explorer, maka kamu bisa membuka PowerShell 7 dengan mengetik “pwsh” di Command Prompt.

Tetapi jika cara tersebut terbilang cukup ribet untukmu, maka kamu bisa menggunakan cara lain yang jauh lebih sederhana. Caranya adalah dengan membuka PowerShell 7.1 melalui kotak pencarian.

Untuk membuka PowerShell 7.1 dengan cara tersebut, cukup klik kotak pencarian. Pada kotak tersebut ketik saja “pwsh” dan tekan enter. Atau klik “Open” di bagian kanan menu.

Lalu bagaimana caranya kamu tahu bahwa PowerShell yang kamu gunakan merupakan versi terbaru?

Caranya, lihat di bagian atas PowerShell. Di sana, akan ada informasi mengenai versi PowerShell yang kamu buka.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment