Tutorial

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

Hai sob, kembali lagi bersama admin jagoankode. Disini saya akan sedikit membahas mengenai shopee. Yaitu terkait dengan bagaimana cara mengajukan pengembalian dana di shopee. Karena ada begitu banyak sekali request dari teman teman sekalian yang ingin mengembalikan barang sekaligus uang atau dana kita di shopee. Disini saya akan menjelaskan sedikit sekaligus berbagi pengalaman kepada teman teman semuanya disini.

Sekedar sharing, beberapa waktu yang lalu, saya memesan barang di shopee. Semua jenis transaksi sudah saya bayar lunas dan tinggal dikirim di hari berikutnya. Namun, selang beberapa hari, saya melihat counter ekspedisi bahwa barang saya tidak lolos x – ray. Atau yang biasa disebut Terdapat barang berbahaya (Dangerous Goods). Mungkin ini berlaku untuk barang barang yang mudah meledak di pesawat, sehingga mustahil untuk diberangkatkan ke penerima barang.

Mungkin setiap permasalahan dari sobat berbeda beda. Di shopee sendiri, sebenarnya sudah ada fitur yang bernama ajukan pembatalan pesanan. Dan ini berlaku untuk barang yang belum dikirim atau sudah dikirim sampai ketempat. Nah, Penasaran bukan bagaimana cara untuk membatalkan pesanan di shopee. Sekarang, bisa kalian ikuti panduan berikut ini.

Dan pastikan sebelum memulai cara ini, sobat harus sudah mengaktifkan shopeepay. Karena shopeepay disini sangatlah berperan untuk pengembalian dana ke rekening bank kamu, atau sebagai dompet virtual yang akan sobat belanjakan ulang nantinya.

Silahkan dibaca beberapa referensi berikut ini.

Ref 1 : Solusi Barang Yang Tidak Dikirim Penjual Shopee
Ref 2 : Cara Tarik Saldo Shopeepay Ke Rekening Bank

Untuk tutorial shopeepay lainnya, dapat kalian baca di link berikut ini.

Dan kembali lagi ke topik awal. Inilah cara untuk mengajukan pengembalian dana atau mengembalikan dana di shopee ke shopeepay.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

Cara ini saya praktekkan karena memang bermasalah pada pengiriman paket saya. Jika pengiriman kamu tidak bermasalah, maka jangan lakukan hal ini karena kamu bisa merugikan orang lain juga. Sebagai contoh, paket saya nyangkut di jne pusat karena barang tidak sesuai dengan kriteria yang dikirim, dan sudah dimasukkan ke dalam gudang barang di pusat. Maka, hal yang harus saya lakukan adalah mengajukan pengembalian dana di shopee.

  1. Buka Aplikasi Shopee, Kemudian cari rincian pesanan yang ingin kamu batalkan dan ingin diajukan pengembalian dana.
  2. Seperti contoh, ada pada menu dikirim/Sedang diKemas.
    Dikirim Shopee
  3. Kemudian, Pilih Rincian Barang Yang ingin dibatalkan, atau pilih satu produk sebagai contoh.
  4. Pilih menu Ajukan Pengembalian.
    Ajukan Pengembalian Shopee
  5. Setelahnya, Silahkan di isi seperti Alasan, Lampiran Foto, Keterangan Dan Solusi Untuk Barang yang ingin kamu ajukan pengembalian barangnya.
  6. Klik Kirim Jika sudah.
    Kirimkan
  7. Jika sudah, maka langsung ada status rincian pengembalian seperti berikut ini.
    Rincian Pengembalian Dana Shopee
  8. Kamu akan diminta untuk menunggu konfirmasi penjual. Dan proses pengembalian barang ke tangan penjual kembali.
  9. Kamu juga dapat berdiskusi dengan penjual untuk jalan keluar dari barang kamu yang tidak kunjung sampai.
  10. Proses pembatalan pesanan atau pengajuan pengembalian dana telah selesai.
  11. Ikuti prosedur dan diminta kesediaan waktunya untuk dapat mengembalikan uang anda ke shopeepay.
  12. Selesai.

Sampai disini, kamu sudah berhasil untuk mengajukan pengembalian dana. Dan perlu di ingat, sebelum melakukan aktivasi ini, kamu diwajibkan untuk mendaftar shopeepay agar semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Kamu harus menunggu pengembalian barang ke penjual agar uang kamu dapat diproses dan dikembalikan seperti semula (termasuk ongkir) ke saldo shopeepay kamu.

Nah, cara ini cukup memakan waktu yang agak lama, karena kita harus mengembalikan ulang ke tangan penjual.

Saya rasa, penjelasan diatas cukup lengkap dan mudah untuk dipahami.

Kesimpulan

Memang proses pembatalan pesanan, atau mengajukan pengembalian dana shopee cukup memakan waktu yang lama. Kita harus diwajibkan menunggu untuk semua proses dan alur oleh ekspedisi tertentu. Dan pasti akan muncul beberapa pertanyaan untuk teman teman sekalian terkait barang yang tidak dikirim. Sudah banyak sekali saya bahas mengenai shopee ini di jagoankode, tinggal kalian lihat lihat saja yaa.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bisa membantu teman teman semuanya dalam pemahaman lebih dalam mengenai shopee. Saya pamit dulu dan terimakasih telah membaca.

*Sebelum berkomentar, hendaklah membaca dulu, terimakasih…

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment