Tutorial Aplikasi

Cara Mengaktifkan Fitur Sync Di Microsoft Edge

Microsoft Edge Chromium mampu menawarkan pengalaman browsing yang benar-enar mulus. Selain itu, browser ini juga memiliki fitur Sync yang dapat digunakan untuk menyinkronkan sejumlah data yang terdapat di dalamnya.

Jadi, nantinya saat fitur Sync diaktifkan, maka kamu bisa mengakses data yang sama meski menggunakan Microsoft Edge di perangkat yang berbeda.

Membuat Akun Microsoft

Mengaktifkan fitur Sync di Microsoft Edge merupakan hal yang cukup mudah. Namun, kamu memerlukan akun Microsoft untuk dapat mengaktifkan fitur Sync.

Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka dulu website Microsoft dan klik Create a Microsoft account.

Pada halaman Create account, kamu bisa memilih mau membuat akun Microsoft menggunakan alamat email, nomor telepon atau membuat akun yang benar-benar baru. Pilih salah satu dan ikuti petunjuknya.

Akun Microsoft dapat dibuat secara gratis. Begitu kamu berhasil membuatnya, maka kamu juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan seperti gratis ruang penyimpanan sebesar 5 GB di OneDrive dan akses gratis ke Office Online Suite.

Sekilas Tentang Fitur Sync

Microsoft Edge versi Chromium saat ini sudah tersedia untuk berbagai perangkat. Kamu bisa menggunakannya di Windows, macOS maupun Android. Lalu seperti yang disebutkan sebelumnya, tersedia fitur Sync atau sinkronisasi yang cukup membantu jika kamu suka menyimpan link halaman web yang berisi artikel menarik untuk dibaca dikemudian hari.

Jadi, mungkin suatu saat kamu menemukan link artikel yang menarik saat menggunakan Microsoft Edge di PC. Tetapi karena terlalu panjang, kamu mungkin ingin membacanya di waktu luang.

Maka kamu bisa menyimpannya melalui menu Favorites. Setelah itu sebelum kamu tidur, kamu bisa membaca artikel tersebut melalui smartphone.

Selain daftar halaman web di Favorites, ada data lain yang dapat disinkronkan seperti Password dan Setting Microsoft Edge.

Namun sejumlah data seperti History, Open Tabs, Extensions dan Collection masih belum bisa disinkronkan. Ini cukup disayangkan mengingat data-data tersebut terbilang sangat penting. Misalnya saja untuk Extensions, tentu kita ingin menggunakan Extensions yang sama setiap kali kita mengakses Micrososft Edge, baik di Windows, MacOS maupun smartphone Android.

Lalu untuk koleksi halaman web, gambar dan teks dalam Collections. Sebagai Pengguna Microsoft Edge, tentunya kita juga ingin mengakses koleksi tersebut di berbagai perangkat.

Meski demikian, kita bisa melihat Cooming soon di bawah History, Extensions, Collections dan Open Tab. Itu berarti kemampuan untuk menyinkronkan data-data tersebut juga akan segera hadir di Microsoft Edge.

Jadi yang bisa kita lakukan hanya menunggu pihak pengembang menghadirkan fitur-fitur tersebut.

Mengaktifkan FItur Sync

Untuk mengaktifkan fitur Sync, kamu bisa membuka menu Microsoft Edge yang terdapat di kanan atas browser. Klik icon tiga titik untuk membukannya. Atau langsung saja tekan Alt+F.

Setelah itu masuk ke menu Setting dengan cara mengklik Setting.

Di menu Setting, klik Profiles. Lihat ke bagian kanan dan klik Sign in. 

Masuk dengan menggunakan akun Microsoft yang telah kamu buat sebelumnya.

Nanti ada pilihan untuk mengaktifkan fitur Sync.

Sebelum mengaktifkan fitur tersebut, kamu bisa mengklik Costumize untuk memilih apa saja yang ingin kamu sinkronkan.

Setelah itu, kamu hanya perlu mengklik Confirm.

Selesai.

Dengan menggunakan fitur Sync, maka kamu meminta Microsoft Edge Chromium untuk menyinkronkan data yang terdapat di browser tersebut ke Server Microsoft. Dengan demikian, maka kamu pun bisa masuk ke Microsoft Edge di perangkat lain dan mengakses data yang kamu simpan sebelumnya.

About the author

Alvin

Leave a Comment