Tutorial Windows

Cara Mengaktifkan Touchscreen di Window 10

Tidak hanya tablet dan smartphone, saat ini sejumlah laptop pun sudah dilengkapi dengan fitur touchscreen. Hadirnya fitur ini membuat kita lebih mudah dalam melakukan sejumlah pekerjaan di laptop, terutama yang berhubungan dengan desain grafis.

Berbicara mengenai touchscreen, perangkat yang dilengkapi fitur tersebut sangat cocok jika menggunakan Windows 10. Ini karena OS buatan Microsoft tersebut memang didesain untuk bekerja dengan baik dalam mode touchscreen. Pada perangkat yang dilengkapi fitur touchscreen, Windows 10 akan secara otomatis mengaktifkan fitur tersebut. Tetapi terkadang ada sejumlah hal yang membuat fitur tersebut tidak aktif.

Haruskan Menggunakan Touchscreen Di Window 10

Sebenarnya tidak harus. Pada perangkat laptop yang dilengkapi dengan fitur touchscreen, kamu juga bisa menggunakan mouse dan keyboard sehingga touchscreen seringkali tidak diperlukan. Selain itu, dengan menonaktifkan touchscreen, kamu bisa mencegah terjadinya input yang tidak disengaja seperti tiba-tiba mengklik hal-hal yang tidak kamu inginkan sehingga mengganggu pekerjaan.

Meski demikian, sejumlah pengguna Windows 10 lebih memilih untuk mengaktifkan fitur ini karena mereka merasa membutuhkan fitur tersebut. Misalnya saja untuk mempermudah mereka dalam menyelesaikan tugas yang harus diselesaikan. Ini karena dengan mengetuk layar, akan lebih cepat dibanding menggerakan mouse atau menggunakan trackpad.

Selain itu, fitur ini juga sangat berguna untuk kamu yang bekerja sebagai graphic designer karena kamu bisa menggunakan laptop, terutama yang 2 in 1 sebagai tablet untuk menggambar.

Cara Mengaktifkan Touchscreen di Windows 10

Terkadang karena suatu hal, touchscreen di Windows 10 tidak aktif sehingga kamu tidak bisa menggunakan fitur tersebut.  Jika memang masih belum aktif, kamu dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan cara yang sederhana.

Untuk mengaktifkan fitur touchscreen, kamu perlu masuk ke Device Manager. Untuk mengakses menu tersebut, maka kamu bisa menggunakan search box yang terdapat di taskbar.

Ketik Device Manager di kotak tersebut. Nanti ada pilihan untuk memilih menu tersebut. Lalu klik Device Manager.

Klik tanda panah yang terdapat di menu Human Interface Devices. Nanti akan terbuka pilihan baru. Setelah itu pilih HID-compliant touchscreen.

JIka sudah, klik kanan mouse dan pilih Enable Device. Setelah itu, cek layar sentuhmu apakah sudah berfungsi dengan dengan baik atau belum.

Bagaimana Jika Tidak Ada HID-Compliant Touchscreen?

Bagaimana jika tidak terdapat HID-compliant touchscreen di Device Manager? Ini bisa terjadi karena dua alasan. Pertama, Windows 10 tidak dapat mendeteksi fitur touchscreen pada laptopmu. Yang kedua bisa jadi Laptop yang kamu gunakan memang tidak memiliki fitur touchscreen.

Jika kamu ragu apakah laptopmu dilengkapi touchscreen atau tidak, maka kamu bisa menghubungi produsen laptop tersebut. Berikan mereka serial number-nya, maka mereka akan memberi tahu apakah laptopmu mendukung touchscreen atau tidak sama sekali.

Jika kamu yakin laptopmu dilengkapi dengan fitur touchscreen, maka ada cara yang bisa kamu lakukan.

Masuk ke Device Manager dan klik Action. Setelah itu pilih Scan For Hardware Changes.

Jika sudah, lihat pada Human Interface Devices apakah sudah terdapat HID-compliant Touchscreen di sana.

Jika Windows berhasil mendeteksi fitur touchscreen pada laptop yang kamu gunakan, maka coba cek apakah fitur tersebut sudah aktif atau belum. Jika masih masih belum aktif, lakukan driver update.

Jika cara di atas tidak berhasil, maka kemungkinan laptop yang kamu  gunakan tidak dilengkapi touchscreen, atau bisa jadi laptop tersebut mengalami kerusakan.

About the author

Alvin

Leave a Comment