TipsTrick Tutorial

Cara Mengatasi Channel TV Yang Hilang

Cara Mengatasi Channel TV Yang Hilang – Pasti Anda sering merasa kesal jika hendak menonton suatu acara televisi tapi tiba-tiba channel TV Anda hilang? Jika sudah demikian, pasti Anda membanting remote TV dan kesal, mengapa bisa terjadi demikian? Apa yang harus dilakukan?

Jika channel TV Anda tiba-tiba hilang dan tidak terdeteksi, maka Anda perlu tenang dan bersabar. Tidak perlu membanting remote TV atau mengumpat tidak jelas karena artikel ini akan membantu Anda bagaimana cara mengatasi channel tv yang hilang.

Penyebab Channel TV hilang dan Cara-cara Untuk Mengatasinya

Channel TV yang tiba-tiba hilang pasti terjadi karena suatu sebab seperti posisi antena yang berubah, kabel yang renggang dan masih banyak lagi. Berikut adalah penyebab mengapa channel TV tiba-tiba hilang dan cara mengatasinya :

1. Antena Anda Dipindahkan

Jika terjadi perubahan kecil pada posisi antena maka itu akan berdampak besar pada penerimaan gelombang sinyal Anda. Coba gerakkan antena Anda ke sekeliling untuk melihat apakah itu membantu Anda menemuka channel yang Anda harapkan. Jika antena Anda ada di atap rumah, maka Anda mungkin harus naik ke atas untuk memastikannya tidak jatuh atau bergeser.

Saluran yang tidak ada biasanya disebabkan oleh antena atau mengatur kesalahan. Harap periksa kembali bahwa Anda telah memasang kabel antena Anda dengan benar ke TV, set top box atau PVR.

Cara yang terbaik adalah mematikan perangkat, mencabut semuanya di bagian belakang perangkat TV dan coba menyambungkan kembali semuanya. Anda juga harus memastikan tidak ada kabel yang kendur dan kemudian nyalakan perangkat.

2. Amplifier Antena Anda Buruk

Antena adalah perangkat yang sederhana dan berbentuk logam. Namun, penguat antena merupakan perangkat yang jauh lebih rumit, dan jauh lebih rentan terhadap kegagalan. Jika Anda memiliki antena yang diperkuat dengan Amplifier misal antena Anda membutuhkan daya, maka cobalah untuk melepaskan amplifier dari antena Anda dan hubungkan antena langsung ke TV Anda. Maka ini akan berfungsi untuk mengembalikan channel TV Anda yang tiba-tiba hilang.

3. Kabel TV Anda Longgar

Jika Channel TV Andsa hilang, coba pastikan koneksi kabel coax Anda sudah berjalan baik atau belum di TV Anda dan di antena Anda. Kebanyakan orang kehilangan sinyal pada waktu yang sama setiap hari karena semua kabel ke amplifier terputus tanpa disadari.

Jika hal itu terjadi pada Anda, maka lakukan cara untuk menghubungkan kembali kabel Anda dan kencangkan kabel agar sinyal TV Anda tidak hilang kembali.

4. Adanya Interferensi Elektronik

Ada kemungkinan bahwa perangkat elektronik baru di rumah atau lingkungan Anda menimbulkan kerusakan pada sinyal TV Anda. Jika hal itu benar terjadi pada Anda, maka cara yang bisa Anda lakukan adalah matikan semua peralatan elektronik di rumah Anda dan lihat apakah penerimaan sinyal TV Anda menjadi lebih baik atau tidak.

Jika sinyal TV Anda menjadi baik maka alat seperti lampu neon, komputer, router Wi-Fi, modem kabel, perangkat Bluetooth, telepon seluler, dan sebagainya bisa menjadi salah satu penyebabnya. Jika penerimaan Anda meningkat, nyalakan setiap perangkat satu per satu sampai Anda menemukan alat elektronik mana yang menjadi penyebabnya.

Jika Anda tinggal di kondominium atau kompleks apartemen, bisa jadi perangkat tetangga kamar Anda yang menyebabkan masalah. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan tentang hal itu, tetapi Anda dapat mencoba kiat ntuk meningkatkan penerimaan antena Anda jika masalah yang terjadi ada pada alat elektronik Anda.

5. Cuaca atau Kondisi Atmosfer

Cuaca dan dapat mempengaruhi penerimaan sinyal TV Anda. Awan, kabut, hujan, badai dapat mempengaruhi sinyal Anda dan membuat channel TV suka menghilang. Terkadang ada beberapa orang melaporkan penerimaan sinyal yang buruk di malam hari dan saat hujan. Jika hal itu terjadi pada TV Anda, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan selain menunggu cuaca kembali membaik;

6. Tuner TV Anda Menjadi Buruk

Ada kemungkinan bahwa tuner TV Anda yang mulai rusak dan buruk. Apabila tuner Anda berfungsi dengan baik sebelumnya, tetapi kemudian channel TV suka menghilang-hilang, maka bisa saja tuner itulah yang menyebabkan TV Anda menjadi demikian.

Jika Anda memiliki TV lain, coba setel stasiun yang hilang itu sebagai eksperimen. Jika tuner TV Anda menjadi buruk, Anda dapat membeli tuner eksternal, atau bahkan lebih baik membeli DVR.

7. Pemancar Transmitter Stasiun TV Diubah

Stasiun TV melakukan tweak daya pemancar mereka dari waktu ke waktu dan perubahan itu tidak selalu menjadi lebih baik atau bahkan lebih buruk. Jika pemancar transmitter stasiun TV diubah, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan kecuali mencoba meningkatkan penerimaan antena Anda.

8. Ada Kendala Fisik Baru

Jika ada kontraktor yang membangun gedung tinggi di antara rumah Anda dan pemancar TV, bisa jadi pembangunan gedung itulah yang mungkin menghalangi sinyal TV Anda dan membuat chanel TV Anda suka hilang.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka cobalah untuk memainkan posisi antena TV Anda sampai Anda menemukan channel TV favorit Anda kembali.

Jika cara-cara mengatasi channel tv yang hilang di atas tidak membantu, maka Anda perlu melakukan ‘factory reset’ atau ‘re-installation’. Caranya adalah dengan menekan tombol ‘menu’ pada remote receiver / perekam digital dan ikuti opsi menu.

Jika Anda masih mengalami masalah, maka Anda bisa menghubungi pihak TV kabel untuk meminta bantuan mengatasi permasalahan chanel TV Anda yang masih suka menghilang tersebut.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

2 Comments

Leave a Comment