Perbankan

Cara Mengatasi Gagal Aktivasi BRI Mobile

Mungkin disini ada dari teman teman sekalian yang menggunakan Bank BRI. Permasalahan yang akan saya atasi hari ini adalah mengenai bagaimana cara mengatasi gagal aktivasi BRI Mobile, atau dikenal dengan istilah SMS Banking. Di Bank bri, untuk kemudahakan transaksi ada yang namanya Mobile Banking. Dan mobile banking bri terbagi menjadi 2, yaitu sms banking, dan satunya lagi adalah internet banking. Penasaran bagaimana cara mengatasinya, yuk di simak!.

Menggunakan layanan BRI Mobile sangat menguntungkan bagi para nasabah. BRI mobile sangat membantu nasabah karena nasabah dapat langsung terkoneksi dengan rekening Bank kapanpun dan dimanapun. Syaratnya juga sangat mudah, yaitu selama nasabah memiliki sambungan internet yang lancar maka nasabah dapat bertransaksi kapanpun dimanapun.

Sayangnya, beberapa nasabah mengeluhkan sulitnya untuk mengaktivasi layanan BRI Mobile pada gadgetnya. Beberapa orang dapat menikmati layanan Internet Banking BRI dengan mudah sementara lainnya harus melakukan aktivasi berkali-kali. Lantas bagaimanakah cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Panduan Mengatasi Gagal Aktivasi BRI Mobile karena Beragam Faktor

Gagal Aktivasi BRI Mobile
Gagal Aktivasi BRI Mobile

1. Perlu Dilakukan Setting pada Aplikasi Sebelumnya

Tidak semua gadget akan langsung tersetting secara otomatis ketika anda menginstal aplikasi layanan mobile Banking seperti BRI Mobile. Oleh karena itu banyak konsumen yang mengalami kegagalan aktivasi pada gadget A sementara konsumen yang lain tidak mengalami kendala apapun saat mengaktivasi akunnya menggunakan gadget B.

Beberapa faktor menyebabkan hal terjadi. Namun umumnya hal ini terjadi akibat kesalahan setting otomatis pada gadget. Untuk mengatasinya cukup mudah, anda hanya perlu mengikuti panduannya di bawah ini:

a. Buka pilihan Pengaturan pada gadget anda. Setelah kilk pengaturan atau setelan, kemudian pilih pilihan aplikasi.

b. Setelah pilihan Aplikasi terbuka, selanjutnya layar akan menampilkan berbagai aplikasi yang diinstal pada smartphone Anda. Pilih aplikasi BRI Mobile dan klik.

c. Ketika anda membuka ikon BRI Mobile selanjutnya anda akan diarahkan menuju Info terkait Aplikasi. Ada pilihan izin dan sebagainya. Scroll sampai ke bawah hingga anda bertemu tulisan “Kirim SMS Premium”. Klik tanda segitiga terbalik di sebelah kanan.

d. Ketika anda klik tanda segitiga terbalik, selanjutnya akan ada tiga pilihan yaitu: Tanya, Jangan Pernah Izinkan, dan Selalu Izinkan. Klik pilihan Selalu Izinkan.

e. Selesai, aplikasi BRI Mobile akan berjalan dengan optimal.

2. Masalah pada Kartu yang Belum Diaktivasi

Selain masalah pada gadget tempat aplikasi diinstal, masalah pada kartu yang digunakan juga berakibat anda tidak bisa aktivasi. Periksa apakah kartu seluler anda mendukung aktivitas BRI Mobile. Apabila kartu seluler mendukung aktivitas BRI Mobile, selanjutnya daftarkan kartu tersebut dan aktivasi.

Baca Juga : Solusi 114 – Transaksi Anda tidak dapat diproses BRI Internet Banking

Patut diingat bahwa anda tidak bisa menggunakan dua kartu yang telah diaktivasi untuk satu akun BRI Mobile dalam satu gadget bersamaan. Hal ini untuk menjaga keamanan data pengguna. Untuk menyiasatinya, anda harus menggunakan kartu ini secara terpisah. Misal gadget memiliki dua slot kartu maka sebaiknya copot salah satu kartu untuk menjalankan kartu lainnya.

3. Tidak Terdeteksinya Kartu SIM

Hal-hal yang mungkin bagi sebagian orang terdengar remeh seperti posisi slot kartu akan mempengaruhi berhasil tidaknya aktivasi BRI Mobile anda. Untuk alasan keamanan, aplikasi BRI Mobile tidak hanya mendeteksi nomor kartu namun juga posisi slot kartu.

Apabila sebelumnya anda mengaktivasi kartu yang ditempatkan pada slot 1, maka jangan pindahkan kartu pada slot 2. Memindahkan kartu dapat menyebabkan BRI Mobile gagal mendeteksi akun anda. oleh karena itu usahakan agar kartu tetap berada pada slot yang sama saat aktivasi.

4. Server BRI bermasalah

Kegagalan aktivasi bisa jadi disebabkan oleh masalah internal yang dialami BRI. Bisa jadi kegagalan akibat server BRI yang sedang bermasalah karena perbaikan maupun maintenance. Untuk mengecek apakah server benar-benar bermasalah, anda dapat bertanya pada orang lain yang juga menggunakan BRI Mobile. Selain itu, anda juga bisa menghubungi Customer Service BRI di nomor 14017/1500017.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment