Tutorial Android Tutorial Aplikasi

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Bisa Dibuka โ€“ Permasalahan pada kamera ponsel Xiaomi menjadi problem tersendiri bagi pengguna yang ingin memotret untuk keperlua media sosial atau fotografi.

Meski pada aplikasi lain berjalan normal, namun tetap saja dengan munculnya error atau tidak bisa dibuka pada bagian kamera menjadi problem tersendiri. Permasalahan ini muncul dengan tanda seperti tombol shutter tidak bisa ditekan, file foto tidak tersimpan, aplikasi kamera tertutup dengan sendiri dan lain-lain.

Untuk mengatasi permasalahan error tersebut, kamu bisa mengikuti setiap langkah yang akan kami sampaikan pada artikel ini. Jadi, silahkah baca sampai selesai agar tidak ada kesalahan dalam melakukan setiap langkahnya.

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Bisa Dibuka

Jika kamu mengalami masalah error pada bagian kamera ponsel Xiaomi, kamu tidak perlu khawatir. Karena permasalahan tersebut hanya berasal dari sistem, bukan dari komponen.

Metode yang akan kami bagikan ini bukan hanya bisa untuk mengatasi masalah kamera tidak bisa terbuka saja, namun bisa juga untuk permasalhan lainnya.

#1. Clear Cache Kamera

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Bisa Dibuka

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan clear cache kamera dan cache ponsel xiaomi kamu. Dengan melakukan clear cache bisa membantu mengatasi berbagai macam permasalhan, baik itu pada kamera atau yang lainnya.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Kemudian, buka menu Aplikasi.
  3. Pilih opsi Kelola Aplikasi.
  4. Akan muncul semua aplikasi yang terpasang pada ponsel kamu, silahkan pilih aplikasi Kamera.
  5. Setelah itu, tap Clear Data.

Jika proses clear data aplikasi sudah berhasil, coba buka kembali aplikasi kameranya apakan masih error atau sudah normal kembali. Selain menghapus data aplikasi, kamu juga bisa menghapus cache ponsel dengan masuk ke Mode Recovery > Clear Dalvik Cache dan Cache Partition.

#2. Aktifkan Perizinan Kamera

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Bisa Dibuka

Bila kamu menggunakan ponsel Xiaomi dengan MIUI 10 atau yang lebih baru, kamu harus mengaktifkan perizinan kamera terlebih dahulu. Tujuan dari mengaktifkan perizinan ini agar proses merekam bisa berjalan dengan normal.

Berikut caranya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Masuk ke Aplikasi > Kelola Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi Kamera.
  4. Tap Izin aplikasi atau Apps permissions.
  5. Kemudian, izinkan semua perizinannya. Mulai dari File dan Media, Lokasi, Kamera dan lainnya.

Setelah semua perizinan berhasil kamu aktifkan, jangan lupa untuk Restart HP Xiaomi kamu.

#3. Kembalikan ke Setelan Bawaan Kamera

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Bisa Dibuka

Muncul error bukan hanya karena permasalhan sistem, namun bisa juga terjadi karena adanya kesalahan pengguna dalam melakukan settings.

Oleh karena itu, untuk mengembalikan masalah error pada kamera ini bisa dengan mengembalikan ke setelan bawaan kamera. Berikut langkah-langkah untuk mengatasi masalah kamera tidak dapat terbuka:

  1. Buka Setelan atau Pengaturan.
  2. Pada menu Setelan, pilih Aplikasi.
  3. Pilih opsi Kelola Aplikasi.
  4. Kemudian, cari dan buka aplikasi Kamera.
  5. Akan muncul berbegai opsi pilihan, pilih Pulihkan Setelan Bawaan atau Clear Default.

Jika sudah, jangan lupa untuk restart dan coba tes apakah kamera berhasil terbuka kembali. Seharusnya dengan me-restore pengaturan kamera ke semula berhasil mengatasi semua permasalahan error pada kamera.

#4. Ganti Aplikasi Kamera

Aplikasi Kamera Android

Secara default, smartphone Xiaomi sudah menyediakan aplikasi kamera bawaah yang langsung bisa kmu gunakan.

Namun, kamu bisa coba ganti aplikasi kamera bawaan jika aplikasi kamera bawaan mengalami masalah error atau tidak bisa terbuka. Pada toko aplikasi Play Store tersedia banyak aplikasi kamera yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Cara satu ini bisa kamu lakukan apabila aplikasi kamera bawaan mengalami error atau tidak bisa terbuka. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir kerena aplikasi kamera bawaan masih bisa kamu gunakan kembali.

#5. Kembali ke Pengaturan Awal HP Xiaomi

Kembali ke Pengaturan Awal HP Xiaomi

Jika masih belum bisa, maka opsi terakhir kamu bisa melakukan reset atau mengembalikan pengaturan hp ke awal.

Akan tetapi, sebelum melakukan langkah ini kami sarankan untuk mem-backup terlebih dahulu semua data. Karena dengan mengembalikan ke pengaturan awal akan menghapus seluruh data yang ada pada ponsel Xiaomi kamu.

Meski memiliki efek samping tersebut, semua kesalahan atau error akan hilang dalam sekejap. Berikut adalah cara melakukannya:

  1. Buka Setelan HP kamu.
  2. Tap menu Setelan tambahan.
  3. Pilih Setel ulang pabrik.
  4. Tunggu hingga proses reset ulang ke pabrik selesai.

Dengan melakukan reset ulang ke pabrik, maka pengaturan hp kamu akan dikembalikan ke pabrik lagi seperti pada saat kamu membeli hp.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error Tidak Bisa Dibuka. Semoga dengan adanya artikel yang kami bagikan ini bisa membantu kamu dalam mengatasi permasalahan error pada kamera, terutama untuk pengguna perangkat Xiaomi.

Jadi, silahkan gunakan salah satu cara untuk mengatasinya. Jika masih belum bisa, kamu bisa menggunakan opsi terakhir yaitu melakukan reset pengaturan ke pabrik. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About the author

Handika Prasetya Ramadhan

Penulis JagoanKode yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar SIM Card Prabayar dan Pascabayar lewat akun Instagram @kemocengtakberbulu

Leave a Comment