Seo

Cara Mengatasi Masalah Cakupan Indeks Di Google Search Console

Cara Mengatasi Masalah Cakupan Indeks robots.txt Di Google Search Console Webmaster tools. Halo sobat blogger kali ini admin akan menjelaskan sedikit mengenai problema google search console tentang peringatan Masalah cakupan indeks pada webmaster.

Sejak proses update besar besaran oleh google mungkin ada beberapa diantara para blogger yang mengalamipermasalan ini termasuk saya sendiri. Diluncurkannya versi beta pada search console kini google lebih teliti dalam menangani seluruh aktivitas blog.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat dibingungkan oleh beberapa email yang masuk mengenai masalah cakupan indeks. kira kira pesanyang disampaikan oleh google kurang lebih adalah seperti ini

Masalah Cakupan indeks baru terdeteksi untuk situs https://www.jagoankode.blogspot.com/
Yth. pemilik https://www.jagoankode.blogspot.com/,
Search Console telah mengidentifikasi bahwa situs Anda terpengaruh oleh 1 masalah baru terkait Cakupan indeks. Artinya, Cakupan indeks dapat terkena dampak negatif di hasil Google Penelusuran. Sebaiknya Anda meninjau dan mempertimbangkan untuk memperbaiki masalah ini.
Masalah baru ditemukan:
Diindeks, meski diblokir oleh robots.txt

Penjelasan Mengenai Masalah Cakupan Indeks

Sesuai pada pesan yang telah disampaikan diatas. tampak permaslahan ini ada pada robots.txt yang bekerja dalam merayapi halaman blog anda. mengalami beberapa permasalahan.

Robots.txt merupakan robot crawl yang bekerja secara otomatis melalui instruksi yang anda berikan. bila ada memberikan salah instruksi pada  robot crawl tentu hal ini akan menimbulkan dampak negatif pada website atau blog anda.

Secara default robots.txt bekerja dengan tidak merayapi halaman search hal ini ditandai dengan intruksi yang ada pada Disallow: /search. Artinya anda tidak memperbolehkan robot crawl untuk mengindeks halaman /search pada website. halaman search yang dimaksud adalah label, halaman search/pencarian, dan halaman postingan lama atau baru.

Halaman halaman seperti ini tidak akan diindeks oleh robots.txt namun anda dapat menggantinya dengan memperbolehkan robots.txt untuk mengcrawl seluruh halaman website anda.

Namun sekali lagi saya katakan itu sangat buruk sekali dampaknya bagi SEO blog anda. jika anda memperbolehkan robot crawl mengindeks seluruh halaman anda ini tentu akan berakibat fatal bagi blog anda.

Kesimpulannya anda pada halaman serach itu memang tidak perlu diindeks oleh robot crawl. jadi anda tidak perlu repot repot untukmengganti bahkan mengubah settingan robots.txt

Nah untuk cara mengatasinya anda perlu mengirimkan formulir perbaikan ke google search console bahwa semua masalah diatas telah anda perbaiki , dan menginstruksikan kepada mesin pencari bahwa halaman search blog anda memang tidak perlu untuk diindeks,

Cara Mengatasi Masalah Cakupan Indeks Di Google Search Console

1. Cara untuk mengirimkan formulir perbaikan silahkan anda masuk pada panel search console webmaster tools.
2. Jika sudah silahkan klik Try the new Search Console untuk membuka panel search console versi beta,

3. Lalu pada panel sebelah kiri pilih menu cakupan indeks >> lihat pada tab Valid dengan peringatan

4. Lalu klik pada status peringatannya

5. setelah itu silahkan anda kirim validasi perbaikannya

6. Selesai , sampai pada langkah diatas validasi akan dimulai dan jika berhasil maka pemaslahan yang ada pada robot.txt pun sudah teteratasi.

Demikianlah tentang Cara Mengatasi Masalah Cakupan Indeks Di Google Search Console semoga informasi yang saya berikan ini dpat kiranya membantu anda 😀

About the author

Kahfie IDN

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment

4 Comments