Android Bisnis

Cara Mengembalikan Dana Shopee Untuk Barang Yang Tidak Dikirim Oleh Penjual

Cara Mengembalikan Dana Shopee Untuk Barang Yang Tidak Dikirim Oleh Penjual ~ Penjual online kini menjadi marak maraknya untuk dunia yang trend kemajuan teknologi yang signifikan, namun ada juga penjual yang ugal ugalan saat menjual dagangannya yaitu yang biasa dialami oleh pembeli yaitu tidak dikirim barangnya atau dalam artian dikemas di statusnya dan tidak kunjung ada status dikirim padahal uang segala pembayaran sudah kita bayar.

Salah satu keunggulan layanan shopee ini ialah yang biasanya mungkin disebut sistem rekber (rekening bersama) yang memungkinkan uang kamu akan tetap aman jika barang memang tidak terbukti terkirim sampai ke tujuan rumah kamu. beberapa waktu yang lalu saya sempat juga mengalami masalah ini dan mencari cari di internet bagaimana caranya untuk mengembalikan uang kita seutuhnya ke rekening bank kita miliki.

Namun sekarang pembaruan yang ada pada shopee yaitu terletak berupa alat pembayaran terbaru yang sekarang diberi nama ShopeePay, ShopeePay gunanya hampir sama seperti GoPay yang mungkin saja kamu gunakan, alat pembayaran ini sangat mudah untuk bertransaksi dengan memasukkan pin saja tanpa ribet mengisi atm atau sejenisnya. ShopeePay ini juga bisa kita kendalikan sama halnya dompet kita sendiri di Shopee. mungkin kamu belum banyak tau mengenai ini karena ini juga baru dari pihak shopee itu sendiri.

Kembali ke topik pembicaraan, Ada dua hal sebenarnya yang dapat mengembalikan dana kamu kembali utuh ke rekening bank dengan selamat yaitu.

  • Membatalkan Pesanan karena ngga jadi (Biasanya Ini Jarang Terjadi) Namun Bisa juga dilakukan
  • Membatalkan Pesanan karena status pengiriman masih DIKEMAS dan tidak kunjung dikirim
Pada pengalaman yang saya dapat saya mengalami masalah di poin kedua, jika kamu sama seperti saya. maka kali ini saya akan berbagi cara untuk refund atau pengembalian dana ke rekening melalui perantara dari ShopeePay.

Cara Mengembalikan Dana Shopee Untuk Barang Yang Tidak Dikirim Oleh Penjual

Buat yang khawatir uangnya ludes gara gara ini.. tenang 🙂 jangan khawatir.. kamu bisa mengikuti panduan dibawah ini agar uang kamu selamat sampi ke kulkas kamu hehe..

#1 Pastikan Kamu Sudah Membuat Pin ShopeePay Di Aplikasi Shopee Kamu

Pada poin pertama ini mungkin saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar, karena untuk mengaktifkan shopeepay kamu hanya perlu mengeklik bagian shopeepay seperti gambar dibawah ini

pengembalian dana shopee
Ketika Kamu Pertama Kali Membuat Akun ShopeePay Kamu Akan Diminta Membuat PIN ShopeePay.. Silahkan Di Isi Sendiri Dan DI Ingat!

Setelah Membuat Akun ShopeePay Akan Terlihat Jumlah Saldo Kamu Yaitu Rp. 0 
Jika Sudah Terlihat Isi Saldo-nya maka sampai disini kamu sudah berhasil mendaftarkan ShopeePay Kamu. Silahkan Lanjut Ke Step 2..

#2 Membatalkan Pesanan Yang Di Kemas Dan Tak Kunjung Di Kirim

Lihatlah Seperti gambar dibawah ini, ini merupakan contoh barang yang tidak dikirim kirim kurang lebih sudah hampir 2 minggu saya menunggu dan tidak dikirim sama sekali oleh si penjual

cara mengembalikan dana shopee
Sungguh Menjengkelkan Bukan ?
Untuk cara mengembalikan dana yang telah kamu transfer ke shopee tadi, kamu harus membatalkan pesanannya terlebih dahulu.. Bagaimana Caranya ?
  • Klik Barang Dikemas Tadi
  • Pilih Barangnya.
  • Scroll Kebawah Ada Tulisan Batalkan Pesanan.
cara mengembalikan dana shopeepay ke rekening

Ketika Kamu Menekan Tombol Tadi, Kamu akan dihadapkan oleh beberapa opsi seperti ini

cara mengembalikan dana shopeepay

Silahkan Pilih Penjual Membutuhkan Waktu Lama Untuk Mengirimkan Pesanan.

Setelah Kamu Mengajukan Pembatalan Pesanan.

Akan Keluar Berupa Rincian Seperti Berikut Ini.

cara mengembalikan dana di shopee
Nah Disini Shopee Memberikan Kesempatan Bagi Penjual Untuk Mengkonfirmasi Atau Shopee Akan Mengkonfirmasi Secara Otomatis.. Biasanya Konfirmasi Ini Membutuhkan Waktu 1 x 24 Jam.
Jadi Selama Satu Harian Kamu Cukup Menunggunya Saja Sampai Pembatalan Otomatis Oleh Shopee.
Setelah Ke Esokan Harinya Kamu Akan Mendapatkan Notice Berupa Pembatalan Pesanan Dan Saldonya Juga Sudah Berada di Akun ShopeePay Kamu Seperti Praktek Saya Dibawah Ini.
cara mengembalikan dana dari shopeepay
Saldo ShopeePay Ternyata Sudah Terisi.. Namun Untuk Menarik Langsung Ke Bank Kamu, caranya cukup mudah Silahkan Pilih Opsi Penarikan.
Kamu Akan Diminta Mengisi Sebuah Form Verifikasi KTP Seperti Dibawah Ini..
berapa lama shopee mengembalikan dana
Silahkan Di Isi Sama Menurut Data Kamu
Untuk Penarikan Kamu Bisa Langsung Meletakkan Rekening Tujuan Disana. dan memasukkan nominal yang ingin kamu refund di bank yang kamu miliki dan ingat yaa PIN tadi jangan lupa 🙂
Demikianlah menurut pengalaman yang saya alami berbelanja di shopee, kemungkinan kamu mengalami juga silahkan ikuti panduan diatas tadi.. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang suka olshop nih hehe, untuk ongkir plus koin shopee tidak akan berkurang sama sekali. shopee akan mengirim secara utuh berapa yang kamu transfer barang pertama tadi hehe.. Boleh kita ajukan tepuk tangan untuk shopee deh.. Baik Saya Pamit apabila ada yang mau ditanyakan silahkan berkomentar dibawah.. Sampai Jumpa 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment

76 Comments

  • Owh jd tanpa pemesanan ulang, si pengirim tdk bisa ngirim barangnya lagi yah kk? Krn saldo shopeepay sy sdh masuk. Apakah dia tdk mengirimkan brang sy lagi?

  • Bang mau nanya, kan barang saya sudah sampai di kota saya trus si kurir nelpon, pada hri itu hp saya kebetulan rusak, besoknya saya hubungi lg jnt ternyata barangnya dikirim kembali ke asalnya. Itu bisa dikirim balik nggak barangnya. Gw cmn mau barang itu kembali lg ke saya bang. Gimana tuh? Makasih sbelumnya.

  • Tapi kalau misalnya pihak penjual yang membatalkan pesanan dengan alasan stok habis.bagaimana refund uang nya kembali saya sudah dapat notif dari shopee

  • Hallo kak mau tanya jika dalam opsi alasan saya hanya tertera, penjual tdk menjawab chat, ingin merubah rincian dan lainnya. Dan jika saya klik penjual tdk menjawab chat. Apa dananya bisa di kembalikan ? Mohon infonya ya kak

  • Hallo kak mohon bantuannya, aku pesan barang sudah seminggu lebih tetapi masih saja dikemas, aku masih pakai garansi shopee dan kapan hari pembayarannya lewat alfamart. Apakah bisa melakukan pengembalian dana seperti kka ? Atau beda kak langkah langkahnya.. Soalnya uang saya lumayan banyak 🙁 dan barangnya tidak dikirim sampai hari ini juga, mohon bantuannya kak 🙁

  • Kak mau nanya dan tolong bantuannya. Saya mau membatalkan pesanan saya tapi pilihannya cuma 3. 1. Alasan tidak dibalas chat. 2. Alasan merubah pesanan. 3. Lainnya/berubah pikiran. Saya harus pilih yang mana kak. Biyar uang saya kembali lagi. Soalnya barang saya tidak dikirim2 sampai sekarang…

      • Mau nanya kak kalau saya kasusnya beda saya kan pesen barang eh kepencet bayar sekarang tapi saya tidak melakukan pembayaran saat itu juga. Maklum saya juga baru pakai shopee n nyoba nyoba pesen barang. Trus besok malamnya tanpa saya membuka shopee dulu ya langsung aja saya transfer sejumlah pesanan karena sy sdh dapat kodenya. Terxata pesanan saya dibatalkan dari pihak shopee gara2 pembayaran terlambat. Trus ini yang saya mau tanyakan bagaimana uang saya biar bisa kembali ya kak. Sementara saldo shopeepay kosong.

  • kak mau tanya..saya mengajukan pembatalan karena brg yg saya terima tdk lengkap / kurang tdk sesuai pesanan.. tp si penjual tdk kunjung mengkonfirmasi pembatalan saya…apakah dana yg sdh dibyrkan bisa otomatis masuk ke shoopypay

  • Kak,nomor yang terhubung di shopeeku kan udah hangus sedangkan saya disuruh aktivasi terus. Waktu mau ganti nomer di shopee pay kok sistem eror terus,saya takut karena itu pesenan ibu.. bagaimana kak?

    • Pesenan kamu tetap akan dikirim kok kak, permasalahan nomor hape kamu bisa reset melalui email aja. Nanti reset nomor hapenya di akun shopee kamu. Bukan hanya email, tapi alternative login akun shopee kamu.

  • Kak,pesanan saya sudah kadaluarsa karena sudah beberapa kali melakukan perpanjangan garansi,trus penjual jg no respon. Akhirnya saya batalkan pesanan,trus saldo shopeepay pun bertambah.
    Eh,seminggu kemudian tuh barang nyampe.
    Itu gimana ya jadinya?

  • misi kak, apakah saya harus membuat shopeepay agar bisa mendapat pengembalian dana?
    barang saya harusnya dikirim tgl 26 november tapi sampai sekarang masih dikemas dan penjual tidak menjawab chat saya. keterangan dari shopee adalah dana akan dikembalikan secara otomatis setelah 2-3 hari dari tgl 26 november tapi hingga sekarang tidak ada pembatalan otomatis itu. mohon bantuannya kak

    • Benar kak, kaka harus membuat shopeepay terlebih dahulu.
      Pembatalan otomatis, biasanya jarak rentang 1*24 jam dr sistem shopee masuk ke shopeepay, yang kemudian nanti akan dicairkan lewat rekening kaka..

  • Kak tolong saya. sayakan kemaren itu order ke shopee saya udah transfer tapi sampai batas akhir pengiriman transferan saya tidak bisa terverifikasi akhirnya pesanan saya oleh shopee otomatis dibatalkan.

    Saya baru bikin shopee pay semalam dan baru terverifikasi baru aktif shopeepay hari ini. Saya udah masukin no rekening utama kak tapi saya masukin no rekening suami karna sebelumnya saya order pakai no rekening suami . Itu ga berpengaruhkan kak?

    Saat aktifin shopee pay memakai nama saya tapi no rekening utamanya punya suami. Ga berpengaruh kak? Terus ko no rekening utama ga langsung terdaftar ya apa harus 1×24 jam lagi kak?
    Maaf kalau kepanjangan ya kak. Tolong balas ya kak

  • Ka mohon bantuan nya,saya pesan di shopee kebetulan alamat nya salah,saya udh batalin dan udh sepakat sama penjual nya dana nya di balikan lagi,nah saya blom punya shopeepay ka,terus langsung saya buat dan daftarin no rek saya,tapi blum di verifikasi oleh shopee nya,katanya 2x24jam ya? Terus pas udh dua hari nanti udah di verifikasi bakal langsung masuk pengembalian dana nya ka?apa nunggu lagi 1x24jam?

  • Kak. Pas chat penjual untuk minta refund tp penjual balesnya lama, kalo semisal aku langsung batalin aja bisa? Nanti alasannya permintaan penjual.
    Soalnya beberapa jam setelah tf, penjual konfirmasi kalo barang yg d minta adanya model lain. Dan saya gak mau model lain.

  • gan, kan saya membatalkan pesanan, dan si penjualnya dah setuju dan udah bisa dikembalikan dananya, tapi saya belum verifikasi shopeepay, dan saya verifikasinya 3 hari berikutnya. itu gimana gan? thanks

  • Di saya tidak ada pilihan alasan banyak untuk membatalkan. Jadi cuma ada
    1. Penjual tidak menjawab chat
    2. Berubah fikiran /lainnya.

    Gimana? Apa berpengaruh?

      • Mas kalo misalkan kita belum aktivasi shopeepay, uang kita bakal kesimpen dimana kira-kira? Soalnya saya udah lewat sehari uang gk balik ke shopeepay dan kebetulan pas membatalkan pesanan dg penjual karena salah alamat saya baru bikin shopeepay dan aktivasinya lama katanya 2-4 hari proses kerja, tolong bantu saya mas uang saya 1.980.000 yang ada di shopee dan belom masuk shopee pay

        • Sejauh yang saya tau, uang pasti akan otomatis masuk ke shopeepay, tapi sebelumnya agan akan disuruh mengunggu konfirmasi dari pihak shopee terkait pembatalan pesanan, dan bisa di cek pada menu shopeepay bagian transaksi, Terimakasih

  • Kak saya sudah melewati batas max transfer tapi di akun masih belum dibatalkan jadi tetap saya transfer lewat alfamart siang tadi, setelah saya transfer beberapa menit kemudian baru dibatalkan pihak shopee.shopeepay saya sudah aktif kira2 kapan uang saya kembali kak?mohon bantuannya.

      • Verifikasi KTP nya akun atau KTP pemilik rekening kak.karena akun shopee saya tapi saya tidak punya rekening pribadi.andai untuk belanja lagi apa harus verifikasi KTP dan Bank kak.Jadi uang saya tetap kembali ya kak meski saya telat transfernya?tolong dijawab ya kak.maaf pertanyaannya banyak.

      • Ktp yang punya akun atau ktp yang punya no rek kak?karena saya tidak punya no rek pribadi.andai mau buat belanja lagi apa haru verifikasi ktp juga bank?kalau yang lain kan masalahnya dibatalkan tapi transfernya sesuai waktu yang ditentukan tapi saya sudah melewati batas max transfer tapi belum dibatalkan jadi tetap saya transfer setelah itu baru dibatalkan apa masih bisa kembali ya kak?maaf kak pertanyaannya panjang dan banyak.terima kasih sebelumnya.

        • 1. Ktp yang punya no rek, atau yg punya ga punya no rek itu sama aja, tetap bisa.
          2. Kalau tidak mempunyai nomor rekening pribadi, agan bisa gunakan alfamart atau ovo sebagai perantara.
          3. Mau dibatalkan dari penjual ataupun pembeli /pembatalan dalam bentuk apapun, uang akan tetap masuk ke shopeepay dan dapat dicairkan lewat bank transfer.
          Semoga menjawab, Terimakasih..

  • Kak, minta bantuannya
    Saya gak tau klo harus aktifin shopeepay nya dulu
    Tgl batalinnya 2 hari lalu, saya kira skrg ada pengembalian dana
    Dan saya aktifasi shopeepay nya hari ini, apa dana nya masih bisa masuk?

  • Pesanan says di batalkan otomatis oleh pihak shope karena penjual tak kunjung mengirimkan barang. Tapi pilihan di “batalkan pengajuan” kok tidak ada ya. Hanya ada beli lagi, hubungi penjual, kunjungi toko dan periksa rincian. Mohon bantuannya 🙏🏼

  • Pesanan saya dibatalkan penjual, tapi sy tidak memiliki shopee pay. Apakah dana saya bisa langsung dikembalikan ke rekening bank? Atau tetap harus mengaktifkan shopee pay terlebih dahulu?

  • Oh gitu ya trs apakah itu ada pemberitahuannya dinofikasi , lalu habis ngisi verifikasi ktp itu uangnya lngsng otomatis masuk ke rekening kita apa gak ya?

    • 1. Pemberitahuan notifikasi : Pasti ada dong,
      2. Verifikasi KTP Untuk pencairan dana ke rekening bank, itu benar sekali kak..
      3. Pengembalian uang dana kakak itu otomatis ke shopeepay, namun untuk pencairan ke rekening bank harus dilakukan manual, menunya ada di shopeepay.

      Proses pengembalian uang ke rekening bank, harap mengisi detail akun bank kakak di pengaturan shopee agar pas pencairan dana dilakukan dengan mudah, 🙂 Terimakasih..

  • Kak kallo punya saya udh di batalkan langsung oleh pihak shopee nya karena sudah melewati batas pengiriman nya si penjual blm kirim trs gimana ya saya buka di shopee pay kok saldonya msh 0 ? Emg sih tgl pembatalannya hari ini apa mngkn besok akan masuk ke saldo shopee pay nya mohon bls comen saya kak