Tutorial Aplikasi

Cara Mengganti Lokasi Folder Download Di Microsoft Edge

Untuk urusan download file, Microsoft Edge sama seperti browser lain, yaitu menggunakan folder Download di drive C sebagai folder default untuk menyimpan file yang didownload. Jadi kamu bisa menemukan file-file yang kamu download di folder tersebut.

Sejumlah pengguna tidak terlalu peduli file yang mereka download disimpan di mana. Tetapi sebagian lagi merasa perlu memindahkan lokasi tempat menyimpan file tersebut. Alasannya bisa bermacam-macam, mungkin karena Drive C pada PC mereka memiliki ukuran yang sangat kecil, mungkin juga karena mereka sering mendownload file besar atau hanya sekedar ingin merapikan file yang didownload.

Nah, jika kamu ingin mengganti lokasi folder tempat menyimpan file yang telah didownload di Microsoft Edge, maka kamu bisa mengikuti tutorial mengganti lokasi folder download di Mirosoft Edge berikut.

Mengganti Lokasi Folder Download  Default Di Mirosoft Edge

Untuk langkahnya dalam Mengganti berkas atau tempat penyimpan file hasil unduhan/download di Microsoft Edge terbilang cukup mudah. Cukup buka menu Setting.

Setelah itu, klik Downloads yang terdapat di sebelah kiri halaman Settings.

Coba lihat ke bagian kanan. Di bawah Download, kamu akan menemukan folder default tempat menyimpan file download.

Untuk mengganti folder tersebut, klik Change yang terdapat di sebelah kanan folder default.

Cari atau buat folder baru untuk menggantikan folder default tersebut. Setelah itu, klik Select Folder.

Selesai.

Setelah ini file-file yang kamu download akan disimpan di folder yang kamu pilih.

Tips Lain Soal Download File Di Microsoft Edge

Ada beberapa pengaturan yang dapat dilakukan terkait download file di Microsoft Edge, seperti :

Menyimpan File Hasil Download Di Folder Yang Berbeda

Jika kamu mendownload file menggunakan Microsoft Edge, maka file akan langsung didownload dan disimpan di folder default. Atau jika kamu telah melakukan cara di atas, file tersebut akan tersimpan di folder yang kamu pilih.

Nah, kalau kamu tidak suka menyimpan file download di satu tempat atau tidak mau repot-repot memindahkan file hasil download ke tempat lain, maka kamu bisa mengaktifkan Ask where to save each file before downloading.

Setelah mengaktifkan Ask where to save each file berfore downloading, maka setiap kali kamu mendownload file, kamu akan diberi pilihan untuk memilih tempat menyimpan file yang akan kamu download.

Untuk mengaktifkan Ask where to save each file berfore downloading, kamu bisa kembali ke menu Setting dan klik Download. Nanti di bawah lokasi folder tempat menyimpan hasil download, terdapat pilihan Ask where to save each file berfore downloading. Klik tombol toggle yang terdapat di sebelah pilihan tersebut.

Menghapus Download History

Buat yang ingin menghapus jejak setelah mendownload file, maka bisa menekan Ctrl+Shift+Delete setelah beres mendownload semua file yang ingin kamu download.

Nanti, Mirosoft Edge akan membuka menu Clear browsing data.

Setelah itu, klik Download History untuk menghapus riwayat download. Jika perlu, kamu juga bisa mengklik Browsing history untuk menghilangkan riwayat penelusuran.

Jika sudah mengklik Browser history, lanjutkan dengan menekan Clear now.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menghapus Download history secara otomatis.

Caranya, buka menu Setting.

Lanjutkan dengan mengklik Privacy and Services. Lalu scroll ke bawah dan klik Choose what to clear each time you close the browser di bagian kanan browser.

Di halaman selanjutnya, aktifkan tombol toggle yang terdapat di kanan Download History.

Dengan begitu, setiap kali kamu menutup Microsoft Edge, maka riwayat download pun juga akan terhapus.

About the author

Alvin

Leave a Comment