Tutorial Aplikasi

Cara Mengganti Mesin Pencari Default Di Microsoft Edge

Microsoft Edge Chromium jelas jauh lebih baik dibanding Microsoft Edge versi lama. Browser ini terasa lebih cepat dan lebih nyaman saat digunakan untuk mengakses internet.

Namun jika kamu baru memutuskan untuk pindah dari Firefox Quantum atau Google Chrome, maka kamu akan menyadari bahwa Microsoft Edge menggunakan Bing sebagai mesin pencari default.

Jika kamu terbiasa menggunakan Google, maka tentunya kamu akan merasa tidak nyaman saat harus menggunakan mesin pencari lain. Selain itu, hasil pencarian di Bing jelas jauh berbeda jika dibandingkan dengan Google.

Buat kamu yang merasa lebih nyaman menggunakan Google atau mesin pencari lain, maka kamu bisa menggubah mesin pencari default di Microsoft Edge dengan cara berikut.

Menggubah Mesin Pencari Default Di Address Bar

Address Bar di Microsoft Edge Chromium berperan cukup besar saat kita melakukan pencarian di mesin pencari milik Microsoft tersebut.

Meski mesin pencari default di Microsoft Edge Chromium diset secara otomatis sehingga pengguna langsung menggunakan Bing saat mencari informasi di Address Bar, kamu masih bisa mengubahnya ke Google atau mesin pencari lain.

Caranya, pertama buka menu utama Microsoft Edge dan lanjutkan dengan mengklik Setting.

Di sebelah kiri pada jendela Setting, pilih Privacy & Services.

Setelah mengklik Privacy & Services screen, lihat kebagian kanan dan scroll ke bawah hingga kamu menemukan Service. Di bawahnya, klik Address Bar.

Di menu Adress Bar, ada beberapa pilihan mesin pencari yang tersedia.

Jika kamu menginginkan Google atau Yahoo sebagai mesin pencari default di Microsoft Edge untuk menggantikan Bing, maka klik kolom yang terdapat di sebelah kanan Search Engine Used in the Address Bar.

Di sana ada tiga mesin pencari yang dapat dipilih, yaitu Bing, Google dan Yahoo.

Namun jika kamu ingin menggunakan mesin pencari lain, lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Klik Manage Search Engines yang terdapat diĀ  bawah Search Engine Used in the Address Bar.

Coba lihat, apakah mesin pencari yang ingin kamu gunakan sebagai mesin pencari default ada di sana?

Jika ada, maka klik icon tiga titik yang terdapat di kanan mesin pencari tersebut. Lalu klik Make default.

Selanjutkan kembali ke halaman utama browser dan coba lakukan pencarian dengan mengetik kata yang ingin kamu cari di Address bar. Maka mesin pencari sudah berganti menjadi mesin pencari yang kamu pilih.

Tetapi bagaimana jika mesin pencari yang kamu inginkan tidak ada di Manage Search Engines?

Jika demikian, maka coba buka tab baru dan kunjungi halaman utama dari mesin pencari yang akan kamu gunakan. Setelah itu, lakukan pencarian. Ketik apa saja, lalu tekan Enter.

Misalnya jika saya ingin menggunakan DuckDuckGo sebagai mesin pencari default. Hal yang harus saya lakukan adalah masuk ke halaman utama DuckDuckGo, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Lalu misalnya saya mengetik jagoan kode dan menekan Enter. Maka hasilnya akan seperti ini.

Setelah itu langsung masuk kembali ke menu Address Bar dan klik Manage search engines. Nanti di sana, kamu akan menemukan browser yang baru kamu gunakan.

Selanjutnya tinggal klik icon tiga titik di kanan browser dan klik Make default.

Oh, iya, untuk DuckDuckGo sendiri, pada halaman utamanya sudah tersedia tombol untuk membuat browser tersebut sebagai browser default di Microsoft Edge.

About the author

Alvin

Leave a Comment