Tutorial Aplikasi

Cara Menggunakan Banyak Profile Pengguna Di Microsoft Edge

Jika kamu berbagi komputer atau laptop dengan orang lain, baik keluarga atau teman, maka mungkin kamu tertarik untuk menggunakan lebih dari satu profile pengguna di browser yang kamu gunakan.

Dengan menggunakan profile pengguna browser yang berbeda, maka bookmark, pengaturan browser, history hingga informasi seperti akun email akan tetap aman.

Hingga saat ini, Google Chrome masih menjadi browser terbaik untuk menggunakan lebih dari satu profile pengguna. Browser ini pun merupakan browser pertama yang menambahkan fungsi tersebut di tahun 2016 lalu.

Meski demikian, saat ini ada browser lain yang juga menambakan fitur tersebut. Salah satunya adalah Microsoft Edge. Fitur Multiple User Profiles pada Microsoft Edge sendiri tidak jauh berbeda dengan Chrome.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan Multiple User Profiles atau lebih dari satu profile pengguna tetapi tidak ingin memakai Chrome, maka kamu bisa menggunakan Microsoft Edge.

Membuat Profile Baru

Untuk menggunakan lebih dari satu profile, tentunya kamu perlu membuat profile baru terlebih dahulu, yang nantinya bisa digunakan untuk orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa membuat profile baru untuk diri sendiri. Jadi nanti kamu punya lebih dari satu profile. Misalnya, yang satu bisa digunakan untuk pekerjaan dan satunya lagi untuk personal.

Berikut adalah cara untuk membuat profile baru di Microsoft Edge.

Pertama, klik icon User Profile yang ada di kanan atas Microsoft Edge. Setelah itu klik Add a profile.

Klik tombol biru yang bertuliskan Add.

Jendela baru yang hadir dengan nama Profile 2 akan muncul. Dengan demikian, kamu sudah membuat profile pengguna baru untuk Microsoft Edge.

Mengedit Profile Baru

Untuk mengedit profile yang baru dibuat, klik Manage profile settings pada jendela profile 2.

Klik icon tiga titik di sebelah Sign in. lalu pilih Edit.

Di jendela Edit Profile, kamu bisa mengganti nama profile 2 dan icon untuk profile tersebut. Jika sudah selesai, maka langsung saja klik Update.

Setelah itu jika kamu ingin mengimpor data dari browser lain, maka kamu bisa klik Import browser data. Lalu jika kamu ingin melakukan sinkronisasi dengan browser di perangkat lain, maka kamu bisa klik Sync. Tapi untuk melakukan hal ini, kamu perlu membuat akun Microsoft terlebih dahulu.

Berpindah Profile Pengguna

Untuk berpindah ke profile lain, yang kamu perlukan hanyalah mengklik icon profile, lalu memilih profile yang ingin kamu buka. Selain itu, kamu juga bisa mengklik Browse as Guest untuk beralih ke profile tamu untuk sementara.

Menghapus Profile Pengguna

Untuk menghapus profile pengguna, kamu bisa klik icon profile dan pilih Manage profile settings. Di sana, kamu akan menemukan semua profile yang kamu buat.

Klik icon tiga titik di samping Sign in dan pilih Remove.

Selesai.

Perlu diingat bahwa dengan memilih Remove, maka semua settings, data dan history pada profile pengguna yang kamu hapus juga akan hilang dan tidak dapat dipulihkan.

Itulah cara untuk membuat profile pengguna baru, mengeditnya, menggunakannya, dan menghapus profile tersebut. Dengan membuat lebih dari satu profile, kamu bisa berbagi browser dengan keluarga tanpa perlu merasa khawatir data di browsermu, seperti history dan bookmark terganggu atau hilang.

Selain itu, memiliki lebih dari satu profile juga memberimu keuntungan lain. Misalnya, jika kamu ingin beristirahat sebentar dari pekerjaanmu, maka kamu bisa beralih sebentar dari profile untuk pekerjaan ke profile untuk personal.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment