Tutorial Aplikasi

Cara Menggunakan Fitur InPrivate Browsing Secara Default Di Microsoft Edge Chromium

Untuk menjaga privasi pengguna, Microsoft Edge Chromium menyediakan fitur yang hadir dengan nama InPrivate Browsing.

Pada dasarnya fItur ini sama dengan fitur Incognito atau Private Windows di browser lain, dimana saat pengguna Microsoft Edge menggunakan fitur tersebut, maka semua informasi mengenai aktivitas yang dilakukan di browser tersebut, seperti informasi mengenai website yang dikunjungi dan file yang didownload akan terhapus sehingga tidak bisa diakses kembali.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang tidak ingin aktivitasnya ketika mengakses internet diketahui oleh orang lain.

Untuk mengakses InPrivate Browsing ini, kamu hanya perlu membuka menu Microsoft Edge dan mengklik pilihan New InPrivate Windows.

Dengan melakukan hal tersebut, maka jendela baru pun akan terbuka. Tampilan jendela tersebut menjadi gelap, khas jendela Incognito atau Private Browser. Lalu di tengahnya terdapat tulisan InPrivate Browsing.

Selain mengakses InPrivate Browsing melalui menu utama Microsoft Edge, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+N untuk membuka jendela InPrivate Browsing.

Cara tersebut terbilang cepat, mudah dan praktis.

Tetapi jika kamu seringkali atau selalu menggunakan InPrivate Browsing saat browsing dengan menggunakan Microsoft edge, maka kamu bisa mengikuti cara menggunakan fitur InPrivate browsing secara default di Microsoft Edge chromium berikut.

Menggunakan Fitur InPrivate Browsing Secara Default

Dengan menggunakan cara di bawah ini, nantinya setiap kali kamu membuka Microsoft Edge Chromium, maka jendela Microsoft Edge akan terbuka dalam mode InPrivate Browsing.

Ini tentunya akan sangat menarik bagi kamu yang suka mengakses internet tanpa meninggalkan jejak apapun di PC atau laptopmu.

Cara menggunakan fitur InPrivate browsing secara default di Microsoft Edge Chromium sendiri terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan perintah (command string) di kolom target yang terdapat pada shortcut Microsoft Edge.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tutorial berikut ini.

Pertama, cari shortcut Microsoft Edge di Desktop.

Jika tidak terdapat shortcut Microsoft Edge di Desktop, maka kamu harus membuatnya terlebih dahulu dengan cara membuka Start menu. Lalu lanjutkan dengan mencari Microsoft Edge di daftar aplikasi yang terdapat di menu tersebut.

Setelah itu, geser icon Microsoft Edge dengan cara klik icon tersebut menggunakan tombol kiri mouse dan tahan tombol tersebut, lalu geser mouse ke Desktop dan lepaskan tombol kiri mouse tersebut.

Setelah menemukan shortcut Microsoft Edge, klik kanan pada shortcut tersebut dan pilih Properties yang berada di urutan paling bawah.

Nantinya jendela Microsoft Edge Properties akan terbuka. Pilih tab Shortcut. Setelah itu klik di kolom Target dan geser ke kanan hingga ke paling ujung.

Tekan tombol spasi dan masukan perintah ini.

--inprivate

Jadi, jika di kolom target terdapat alamat Microsoft Edge seperti ini.

"C:Program Files (x86)MicrosoftEdgeApplicationmsedge.exe"

Maka dengan menambahkan –inprivate, hasilnya akan seperti ini.

"C:Program Files (x86)MicrosoftEdgeApplicationmsedge.exe" --inprivate

Setelah selesai, klik Apply, lalu OK untuk menyimpan pengaturan.

Selanjutnya kamu tinggal Double-click shortcut Microsoft Edge Chromium yang terdapat di Desktop. Nantinya, jendela Microsoft Edge Chromium yang terbuka pun akan langsung menjadi jendela InPrivate browsing.

Untuk membuka jendela normal dari Microsoft Edge, maka kamu juga bisa membuka jendela baru dengan cara menekan Ctrl+N atau buka menu utama Microsoft Edge dan klik New Windows.

Jika nantinya kamu ingin menonaktifkan mode InPrivate, maka kamu hanya perlu masuk kembali ke kolom Target dan hapus –inprivate di kolom tersebut. Setelah itu tinggal klik apply dan lanjutkan dengan klik Ok.

About the author

Alvin

Leave a Comment