Tutorial Aplikasi

Cara Menggunakan Spasi Ganda Di Google Docs

Dokumen dengan jarak antar baris yang cukup besar membuat teks yang terdapat di dalamnya menjadi lebih mudah dibaca. Itulah sebabnya aplikasi seperti Microsoft Word dan Google Docs menggunakan jarak antar baris dengan ukuran 1,15.

Saya sendiri terbiasa menggunakan Microsoft Word untuk menulis artikel dan terkadang juga menggunakan Google Docs.

Ketika membaca teks yang akan diposting, saya akan mengubah jarak antar barisnya menjadi 1.5.

Awalnya saya tidak melakukan hal itu. Tetapi ketika saya membuat salah satu artikel tentang Microsoft Word, saya membahas mengenai jarak antar baris tersebut. Ternyata, dengan jarak antar baris seperti itu, teks pun menjadi lebih mudah saat dibaca.

Jadi, bagi saya, ukuran jarak antar baris dengan ukuran 1.5 sudah cukup untuk membuat mata terasa nyaman saat membaca dokumen. Tetapi terkadang kamu juga memerlukan ukuran spasi ganda.

Mengetahui cara mengubah jarak antar baris, termasuk mengubahnya menjadi spasi ganda, merupakan hal yang bisa membantu kamu dalam membuat karya tulis.

Jadi mari kita belajar cara menggunakan double space atau spasi ganda.

Oh iya, biar gak bingung, jarak spasi ganda yang saya maksud adalah jarak antar baris yang terdapat pada tulisan ataupun paragraph. Dengan menggunakan double space atau spasi ganda. maka jarak atau ruang kosong yang terdapat diantara dua baris tulisan pun akan semakin besar.

Cara Menggunakan Spasi Ganda Di Google Docs

Buat kamu yang menggunakan Google Docs untuk membuat dokumen, kamu bisa mengikuti salah satu dari dua cara untuk menggunakan spasi ganda Di Google Docs yang kami bahas di bawah.

Menggunakan Menu Format

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan spasi ganda adalah menggubah jarak antar baris melalui menu Format.

Menu Format sendiri umumnya digunakan saat seseorang ingin mengganti format dokumen.

Untuk mengganti jarak antar baris melalui menu format, bukan dokumen Google Docs, lalu arahkan mouse ke tab Format yang terletak di bagian atas Google Docs.

Setelah mengklik tab tersebut, akan ada beberapa pilihan yang bisa kamu klik.

Arahkan kursor mouse ke Jarak antar baris. Dengan begitu, ada pilihan lain di depan pilihan tersebut. Lanjutkan dengan mengklik Ganda.

Selesai.

Dokumen yang kamu buka di Google Docs pun akan menggunakan spasi ganda.

Mengaktifkan Spasi Ganda Melalui Toolbar

Selain melalui menu Format, ada cara lain yang juga tidak kalah mudah. Caranya adalah dengan menggunakan salah satu menu yang terdapat di Toolbar.

Untuk melakukanya, pertama buka dokumen di Google Docs dan arahkan kursor ke icon Jarak antar baris.

Oh iya, kalau kamu mau, kamu juga bisa memblok teks terlebih dahulu sebelum mengklik icon tersebut.

Setelah mengklik icon Jarak antar baris, lanjutkan dengan klik Ganda.

Menggunakan Spasi Custom

Selain spasi ganda, di menu Jarak antar baris, kamu juga bisa memilih ukuran jarak antar baris yang lain.

Tetapi jika kamu tidak menemukan ukuran yang dicari, kamu pun bisa menggunakan menu Spasi custom untuk membuat dokumen menggunakan jarak antar baris yang kamu perlukan.

Caranya mirip dengan membuat spasi ganda, yaitu klik icon Jarak antar baris. yang terdapat di Toolbar. Tetapi kali ini, klik pilihan Spasi Kustom.

Dengan begitu, Google Docs pun akan menampilkan menu Jarak khusus. Di menu tersebut, kamu bisa memasukan ukuran jarak untuk setiap baris yang kamu butuhkan.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment