Kesehatan

5 Cara Menghilangkan Gatal – Gatal di Badan

Biasanya saat kulit gatal, kita meminum obat alergi seperti antihistamin dan antialergi. Namun, ada cara lain untuk meredakan kulit yang gatal loh, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Untuk kamu yang penasaran bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk meredakan gatal, simak artikel berikut ini.

Baca Juga : Masalah Dan Solusi Untuk Kesehatan Pencernaan Di Usia

Bahan-Bahan Alami yang Bisa Meredakan Kulit Gatal

Cara-Menghilangkan-Gatal-Gatal-di-Badan

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak yang di ekstrak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Minyak ini dipercaya dapat meredakan gatal karena peradangan saat alergi. Minyak ini meredakan gatal dengan meningkatkan kadar antioksidan, yang bekerja menstabilkan radikal bebas di tubuh, menetralkan atom reaktif yang menyebabkan peradangan.

Selain meredakan gatal, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pelembab kulit, terutama untuk jenis kulit yang kering. Jadi, minyak kelapa ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang mengalami kulit gatal, karena berbahan alami minyak ini aman untuk digunakan kapan saja.

2. Oatmeal

Selain sebagai makanan yang sehat, oatmeal juga bisa kamu gunakan sebagai obat gatal alami. Oatmeal pada dasarnya bersifat Humektan, yang artinya bisa melembapkan kulit. Lalu, oatmeal juga mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan untuk mengurangi rasa gatal, kering, dan kasar pada kulit.

Untuk menggunakan oatmeal pada kulit yang gatal, kamu bisa menggunakan oatmeal dalam bentuk krim koloid (campuran zat) sebagai campuran air di bak mandi, lalu kamu bisa berendam selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Lidah buaya

Tanaman yang memiliki banyak manfaat ini, juga bisa kamu gunakan untuk meredakan gatal pada kulit. Lidah buaya terkenal dengan manfaatnya yaitu melembapkan dan menjaga tingkat air di dalam kulit tetap terjaga. Dan juga dapat merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi dapat lebih cepat sembuh.

Untuk menggunakan lidah buaya ini, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang sudah ada di kemasan. Namun pilihlah produk yang mengandung lidah buaya murni, tanpa adanya pewangi dan alkohol untuk menghindari iritasi atau gatal.

Lidah buaya umumnya aman digunakan, namun bagi kamu yang kulitnya sensitif, bisa menggunakan sedikit dulu gel lidah buaya di kulit tangan, lalu tunggu 24 jam untuk melihat apakan ada tanda-tanda reaksi serius yang muncul.

4. Daun peppermint

Daun peppermint atau daun mint, juga bisa loh kamu gunakan sebagai pereda gatal di kulit. Karena sifat daun ini yang menyejukkan, sehingga bisa mengurangi gatal karena serangga atau tanaman beracun. Dalam menggunakan daun ini, jangan langsung mengoleskan minyak peppermint ke kulit yang luka karena gatal, karena bisa memicu sensasi panas.

Cara menggunakan daun peppermint atau mint ke kulit yang gatal yaitu dengan mencampurkan minyak daun mint dengan pelembab yang biasa kamu gunakan sebagai obat gatal tradisional.

5. Minyak daun teh

Minyak daun teh mengandung antiinflamasi dan antiperadangan yang bisa meredakan atau menghilangkan gatal pada kulit. Minyak ini juga dipercaya bisa menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh kulit gatal.

Dalam menggunakannya, kamu harus mencampurkan minyak daun teh dengan pelembap yang biasanya kamu gunakan, lalu dioleskan ke bagian yang gatal.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment