Tutorial Blog

Cara Menghilangkan Redirect ?m=1 Di Blogger

Halo Sobat jagoan. Berbicara mengenai blogger tentu pasti kita akan banyak menemui kendala terutama pada struktur template yang kita punya. Terkadang banyak sekali dari teman teman sekalian belum mengetahui mengapa blogger terkadang menampilkan kode ?m=1 diakhir URL sebuah postingan. Lalu kenapa kode itu tiba tiba saja muncul ? apakah kegunaan kode tersebut ? Dan kenapa kode tersebut mesti ada ? Simak penjelasan nya berikut ini

Penjelasan kode ?m=0 dan kode ?m=1

Dahulu struktur URL blogger ini terbilang sangat unik sekali. Mereka yang mengakses didalam perangkat desktop seperti PC, komputer atau laptop akan memiliki akhiran URL ?m=0. Nah sebenarnya kode tersebut dijadikan sebuah penanda bahwa user sedang mengakses URL postingan lewat mana, dan menggunakan device apa. Lama kelamaan untuk pengguna user desktop tidak akan melihat lagi struktur URL ?m=0 ini lagi mengapa ? karena penyesuaian dari blogger sendiri sudah bisa mengenali device laptop kita sehingga jika keluar struktur URL secara default maka sudah bisa dipastikan, mereka sedang mengakses dari perangkat perangkat PC atau sejenisnya.

Sedangkan untuk kode ?m=1 merupakan kebalikan dari kode ?m=0 yakni merupakan kode yang apabila diakses melalui perangkat kecil seperti android atau HP. Struktur URL mengalami penambahan tag kode ?m=1. Kalian bisa mencobanya saat merubah mode PC ke mode android di browser pada akhiran URL mendapat penambahan link ?m=1 seperti gambar dibawah ini

Penjelasan kode ?m=0 dan kode ?m=1

Lalu apakah kode tersebut akan menimbulkan masalah ?

Bagi sebagian orang kode ?m=0 dan kode ?m=1 merupakan sebuah permasalahan teteapi ada juga sebagian yang menganggap bahwa kode tersebut aman aman saja alias tidak mengganggu. Tetapi dari 2 analisa ini manakah yang paling tepat ?

Sebenarnya kode ?m=0 dan kode ?m=1 tidak memiliki kendala yang berarti didalam stuktur dan sebenarnya kode ini tujuannya adalah sebagai penanda. Tetapi bila kalian menggunakan platform selain blogger. Kalian tidak perlu menampilkan struktur kode ?m=1 pada perangkat device mengapa ? karena struktur URL nya telah disesuaikan dengan jenis platformnya sehingga jika dipaksa menggunakan tag kode ? m = 1 kalian akan melihat beberapa kesalahan 404 (Tidak Ditemukan) dan laporan Kesalahan Perayapan dari Google Search Console.

Itulah mengapa rata rata website besar tidak menampilkan kode ? m = 1. Nah apakah jika diblogger itu harus dihilangkan atau tidak ? Jika dilihat dari tinjauan page speed insight kalian akan mendapati permasalahan sebagai berikut :

kurangi respons server awal

Page speed insight diatas menjelaskan bahwa salah satu untuk mendapatkan seo score kecepatan loading halaman adalah mengurangi waktu respon. Jika kalian memiliki kode /?m=1 di blog maka hal tersebut akan berdampak pada load respon. Yang bekerja menjadi 2 kali dikarenakan ada request link yang kedua.

Karena load respon ini memakan banyak beban pada RAM di browser. Sehingga sangat sulit sekali diakses pada internet yang lambat. Bahkan menghasilkan struktur yang acak acakan pada tema. Tentu ini sangat mengganggu bagi para pengunjung blog.

Cara Menghilangkan redirect ?m=0 dan ?m=1 di blogger

Oke sobat inilah alasan kenapa kita penting menghilangkan redirect ini selain menjaga agar website kita tetap bisa diakses dalam waktu yang cepat. Hal ini tetap mempertahankan posisi anda di mesin pencari.

  • untuk menghilangkannya sangat mudah silahkan login ke blogger anda
  • Pilih menu edit HTML
  • Kemudian pastekan script dibawah ini tepat diatas kode </body>
<script>//<![CDATA[
let jagoankodeganteng;if((jagoankodeganteng=window.location.toString()).indexOf("%3D","%3D")>0){let clean_jagoankodeganteng=jagoankodeganteng.substring(0,jagoankodeganteng.indexOf("%3D"));window.history.replaceState({},document.title,clean_jagoankodeganteng)}if((jagoankodeganteng=window.location.toString()).indexOf("%3D%3D","%3D%3D")>0){clean_jagoankodeganteng=jagoankodeganteng.substring(0,jagoankodeganteng.indexOf("%3D%3D"));window.history.replaceState({},document.title,clean_jagoankodeganteng)}if((jagoankodeganteng=window.location.toString()).indexOf("&m=1","&m=1")>0){clean_jagoankodeganteng=jagoankodeganteng.substring(0,jagoankodeganteng.indexOf("&m=1"));window.history.replaceState({},document.title,clean_jagoankodeganteng)}if((jagoankodeganteng=window.location.toString()).indexOf("?m=1","?m=1")>0){clean_jagoankodeganteng=jagoankodeganteng.substring(0,jagoankodeganteng.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({},document.title,clean_jagoankodeganteng)}if((jagoankodeganteng=window.location.toString()).indexOf("&m=0","&m=0")>0){clean_jagoankodeganteng=jagoankodeganteng.substring(0,jagoankodeganteng.indexOf("&m=0"));window.history.replaceState({},document.title,clean_jagoankodeganteng)}if((jagoankodeganteng=window.location.toString()).indexOf("?m=0","?m=0")>0){clean_jagoankodeganteng=jagoankodeganteng.substring(0,jagoankodeganteng.indexOf("?m=0"));window.history.replaceState({},document.title,clean_jagoankodeganteng)}
//]]></script>
  • save lalu coba refresh browser dalam mode android
  • dan lihat hasilnya

Demikianlah tutorial cara menghilangkan kode ?m=0 dan ?m=1 semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

About the author

Kahfie IDN

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment

1 Comment