Android Windows

Cara Mengirim File Menggunakan Xender Antar Android & PC

Belum Ada Rating.

Halo sobat jagoan, kembali lagi bersama saya disini. Di artikel kali ini, kita akan mempraktekkan bagaimana sih cara mengirim file menggunakan aplikasi xender yaitu antar android dengan pc, maupun sebaliknya. Aplikasi xender ini pernah saya bahas juga di blog ini, yaitu 3 Aplikasi Transfer File Android Ke PC Tanpa Kabel. Termasuk xender sendiri, saya telah janji untuk membuatkan tutorial xender di blog ini juga. Jadi, mari kita bahas mengenai bagaimana cara menggunakan xender, aplikasi transfer file termudah tanpa kabel dan tercepat ini.

Sebenarnya masih ada yang lain selain aplikasi xender ini, lebih tepatnya kalian bisa membaca di artikel saya sebelumnya. Sebelumnya kalau kalian belum pernah mengetahui apa yang dimaksud aplikasi xender ini. Xender ini sebenarnya aplikasi yang ada di android, yang bisa menghubungkan dengan protokol pc anda kalau sesama jaringan.

Untuk transfer file menggunakan xender ini, kalian tidak akan habis kuota, karena disini xender hanya membutuhkan koneksi wireless yang tersambung. Bisa itu berupa satu koneksi antar wifi, bisa satu koneksi dengan hotspot atau hal lainnya.

Uniknya aplikasi xender ini, kita dapat membagikan file ke pc atau menerimanya tanpa menggunakan kabel data yang biasa kita lakukan manual. Dengan adanya teknologi canggih ini, kita akan menghemat waktu kita untuk sekedar transfer ataupun menerima file di perangkat yang berbeda. Baiklah, kalau memang sobat sudah penasaran banget dengan penggunaan aplikasi xender ini, ayo kita praktekkan langsung cara mengirim file menggunakan xender.

Cara Mengirim File Menggunakan Xender Dari Android Ke PC

Hal hal yang perlu kalian penuhi sebelum melakukan tutorial ini adalah mempunyai aplikasi xender di android kalian. Bagi yang belum memilikinya, kalian bisa download dan install secara gratis di google playstore atau sejenisnya. Pastikan aplikasi terinstall dengan baik di perangkat android kalian.

Bagian 1 : Menyambungkan Xender Antar Android Dan PC

#1. Metode yang akan kita lakukan pertama, yaitu menyambungkan perangkat android anda ke pc kamu. Dengan cara membuka aplikasi xender, lalu lihat menu profile di slide kiri. Tinggal kamu geser dari kiri ke kanan. Maka akan tampil seperti ini.

Sambungkan Ke PC Xender
Sambungkan Ke PC Xender

#2. Sekarang tinggal melihat panduan menyambungkan android anda ke pc. Yang pastinya harus tersambung dalam koneksi hotspot atau wifi didalam jaringan yang sama.

Metode Sambung Dari Android Ke PC
Metode Sambung Dari Android Ke PC

#3. Sebagai contoh, saya menggunakan opsi yang kedua, yaitu menggunakan alamat protokol. Kalian juga dapat login sesuai dengan apa yang kamu mau sesuai dengan gambar diatas tadi.

#4. Langsung di buka PC/Laptop kamu. Lalu ketikkan perintah sesuai dengan instruksi dari xender. Sebagai contoh saya mengetikkan url di browser pc saya adalah : http://192.168.1.3:33455/

#5. Konfirmasikan Lewat smartphone anda dengan menekan tombol ACCEPT.

Panduan Konfirmasi Lewat Handpone
Panduan Konfirmasi Lewat Handpone

#6. Tinggal Periksa di handphone kamu tadi, apakah ada pesan masuk sama seperti instruksi di tampilan pc. Dan ternyata setelah kamu cek di hp, mirip seperti tampilan ini.

Terima Xender Mengakses HP Anda di PC
Terima Xender Mengakses HP Anda di PC

#7. Pilih Terima Sebagai Konfirmasi, maka kendali data smartphone kamu di pc sudah penuh. Sekarang tinggal cara mengoperasikannya saja.

Bagian 2 : Memahami Dashboard Xender

Sekarang tinggal memahami saja menu menu apa yang ada di xender. Terlihat akan seperti ini dashboard setelah menyambungkan xender anda.

Dashboard Xender WEB
Dashboard Xender WEB

Mulai dari Gambar, Video, Photo, Musik, Dokumen, File Penting Berekstensi Lain lain. Semua data file anda, telah terhubung ke xender. Kalau Ga percaya ?, coba silahkan dilihat di masing masing menu diatas.

Disana sebenarnya sudah lengkap untuk cara transfer file, yaitu tinggal seret file dari pc anda ke android di gambar Dashboard Xender WEB.

Kalau untuk lebih spesifik lagi, mudah caranya, tinggal masuk ke menu yang ingin kalian transfer file. Misalnya saya ingin memasukkan musik dari PC ke android. Caranya ya tinggal pilih menu musik. Lalu Unggah Musik.

Mengunggah File di Xender
Mengunggah File di Xender

Dan biasanya, file akan sama terkirim ke handphone anda. Cara ini cukup efektif untuk melakukan transfer data dengan mudah.

Nah, sebaliknya jika ingin mengambil file dari android anda. Tinggal cari filenya dimana. Lalu cari tombol Download Seperti dibawah ini.

Mengambil File Dari HP Ke PC
Mengambil File Dari HP Ke PC

Dan otomatis, file di android akan terunduh di pc kamu. File pun akan terpindah tanpa menggunakan kabel data. Sekarang tinggal simpan saja filenya ingin kamu letak dimana.

Baiklah, dari beberapa poin yang saya jelaskan diatas tadi, sudah cukup lengkap. Tinggal kamu pahami dan dibaca ulang ulang saja. Nanti juga paham sendiri, hehe.

Kesimpulan

Sampai disini, kalian telah berhasil secara penuh untuk penggunaan mengirim file menggunakan aplikasi xender dengan mudah. Cara ini bisa dilakukan dari android ke pc, laptop, komputer. Maupun dari pc ke android, semuanya bisa dilakukan asal sudah tersambung lewat wireless. Baiklah, mungkin kalian sudah mahir dalam menggunakan xender. Kalian bisa menggunakan alternatif aplikasi lainnya juga seperti shareit, whatsapp. Dimana tetap dapat transfer file tanpa menggunakan kabel data. Sekian dulu untuk tutorial xender kali ini, semoga bermanfaat 🙂

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment