Tutorial Blog

Cara Mengunci Postingan/Halaman WordPress Dengan Password

Sebenarnya ada banyak metode untuk mempassword halaman yang ingin kita privacy atau tidak ingin kita tampilkan secara gratis. Di blogger sendiri untuk langkah dan metodenya sangat mudah kita hanya perlu meletakan beberapa script saja. Namun bagaimana jika Website yang kita punya menggunakan platform wordpress ?. Nah untuk platform wordpress sendiri kita tidak perlu memikirkan script atau kode yang cocok untuk membuat suatu postingan artikel ataupun page terkunci dengan menggunakan kata sandi. Ataupun anda tidak perlu memikirkan apa plugin yang cocok untuk mengunci halaman yang kita punya. Karena plugin yang terlalu banyak diinstall akan menyebabkan beban berat pada halaman web. Maka kali ini kita gunakan cara yang paling simpel.

PAda artikel sebelumnya admin telah membuat postingan mengenai cara mudah membuat password pada halaman statis yang ada di blog. Sebenanrnya bisa juga dibuat untuk mengunci artikel atau postingan. Nah artikel yang sebelumnya itu mengulas tentang password di blogger. So buat teman teman yang butuh untuk mengunci postingan atau page pada blog yang berplatform blogger maka silahkan baca artikel ini :

Baca Artikel : Cara Membuat Password di Halaman Statis Blogger

Oke sobat diatas adalah cara untuk blogger lalu bagaimana untuk wordpress ? Caranya sangat mudah. bahkan lebih mudah dari menguncinya diblogger. Nah jika teman teman penasaran maka silahkan saja langsung simak cara dan langkahnya berikut ini :

Mengunci Postingan/Halaman WordPress Dengan Password

Catatan :
Tutorial ini dites pada versi wordpress yang paling baru. Yait versi WordPress 5.1.1. Jika teman teman masih menggunakan versi yang lama, caranya sama saja hanya mungkin peletakan menu yang agak sedikit berbeda

1. Pertama tama  silahkan langsung saja login ke wordpress kalian masing masing. Lalu bukalah salah satu artikel yang ingin kalian password. Klik sunting pada postingan

2. Jika sudah terbuka maka langsung saja pergi ke panel edit yang ada disebelah kanan. Pilih tab document. Lalu pilih menu status&visibility.


3. Oke langkah selanjutnya pilih public lalu password protected. Isikan password yang anda inginkan lalu jika sudah fix klik update postingan.

membuat password pada Postingan atau page Halaman WordPress


4. Sampai pada tahap ini kalian sudah berhasil mengunci postingan dengan kata sandi. Untuk mengetesnya silahkan akses url postingan yang dikunci tadi.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment